4 Chipset Terbaik untuk Smartphone Android Gaming di 2020

Jika kamu ingin membeli smartphone banyak hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli, salah satunya bagi kamu yang suka bermain game adalah bagian chipset. Chipset atau system-on-chip (SoC) adalah sebuah hardware yang di dalamnya terdapat berbagai komponen untuk mengatur pemprosesan data, pemrosesan grafis, pemrosesan kamera (ISP), modem, dan lainnya. Selain RAM Chipset selalu menjadi tolak ukur untuk smartphone android bisa memainkan game mobile atau tidak. Berikut daftar chipset android terbaik yang bisa menjadi rekomendasi kamu untuk membeli smartphone di tahun 2020 ini.

Daftar Chipset Smartphone Terbaik

Qualcomm Snapdragon

snapdragon
snapdragon qualcomm

Snapdragon merupakan chipset buatan Qualcomm yang sekarang paling banyak digunakan pada smartphone mobile android. Saat ini Chipset besutan qualcomm terbaru yaitu Snapdragon 865 yang akan di benamkan ke smartphone Nokia, Realme, Vivo, dan Samsung pada tahun ini. Chipset ini memiliki keuntungan selain bermain game semakin lancar, namun juga hemat baterai.

MediaTek

mediatek
mediatek

MediaTek juga sangat banyak digunakan smartphone saat ini. MediaTek merupakan perusahaan chipset asal taiwan yang menyediakan fitur tinggi dan harga terjangkau. Bahkan salah satu smartphone yang menggunakan MediaTek yaitu Oppo Reno3 5G MediaTek Dimensity 1000L menghasilkan nilai AnTuTu Benchmark 397.965 yang bahkan mengalahkan Snapdragon qualcomm.

Samsung Exynos

Samsung Exynos
Samsung Exynos

Selain produsen smartphone android, samsung juga membuat chipsetnya sendiri. Samsung telah mengembangkan chipset yang diberi nama Exynos. Exynos sendiri terdiri dari prosesor Cortex dan GPU Mali.

Pada smartphone seperti Vivo X30 Pro yang menggunakan chipset exynos ini menghasilkan nilai AnTuTu Benchmark 326.851 tertinggi kedua saat ini tak kalah saing dengan snapdragon.

HiSilicon Kirin Huawei

hisilicon kirin
hisilicon kirin

Chipset Kirin merupakan chipset buatan perusahaan HiSilicon yang merupakan anak perusahaan Huawei. Huawei menanamkan dua fitur penting untuk chipset Kirin yaitu HiAi dan GPU Turbo. HiAI adalah fitur untuk mengoptimalkan kemampuan kecerdasan buatan dan GPU Turbo berfungsi untuk meningkatkan kemampuan chipset dalam menjalankan game populer. Salah satu smartphone yang telah menggunakan chipset ini adalah Honor 9X Pro yang menghasilkan nilai AnTuTu Benchmark 311.226.

Leave A Reply

Your email address will not be published.