(DOC) Contoh Kata Pengantar Makalah, Skripsi dan Buku

contoh kata pengantar

Contoh Kata Pengantar. Kata pengantar menjadi salah satu bagian penting dalam sebuah karya ilmiah. Namun masih banyak orang kesulitan dalam membuat bagian tersebut meski sudah diberi contoh kata pengantar. Dalam penggunaannya, kata pengantar biasa digunakan dalam makalah, skripsi, laporan maupun proposal. Isinya berkaitan dengan ungkapan rasa syukur atas terbitnya karya mereka dan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu. Seringkali terdapat sebuah pesan yang berhubungan dengan isi dari karya tulis tersebut.

Apa Yang Dimaksud Kata Pengantar ?

Kata pengantar merupakan bagian dari sebuah karya tulis yang menampilkan ucapan-ucapan dari penulis. Terkadang, kata pengantar tidak dibuat oleh penulis, melainkan oleh pihak lain yang mememiliki peran. Dalam hal ini bisa diambil contoh buku pelajaran sekolah yang umumnya ditulis oleh banyak orang. Kata pengantar juga bisa berfungsi sebagai semacam pendukung untuk karya tulis tersebut.

Seorang penulis bisa saja menulis sendiri kata pengantarnya, biasanya mereka menjelaskan bagaimana dan mengapa karya tulis itu mereka buat. Makalah dan skripsi menjadi contoh karya tulis yang kata pengantarnya dibuat sendiri oleh sang penulis.

contoh illustrasi penulis kata pengantar
Source : Pixabay.com

Fungsi Kata Pengantar

Kata pengantar berfungsi sebagai ucapan rasa syukur ataupun terimakasih dari seorang penulis atau pihak yang berkepentingan kepada pembaca. Selain itu juga berguna untuk menyampaikan tujuan dan pesan yang terkandung dalam karya tulis tersebut. Memiliki fungsi penting membuat kata pengantar harus selalu ada dalam sebuah karya tulis.

Tips Membuat Kata Pengantar

Bagi penulis pemula atau Anda yang diberi tugas untuk membuat kata pengantar namun minim pengalaman, mungkin akan sedikit kesulitan. Seperti yang sudah dikatakan di atas, kata pengantar tidak selalu dibuat oleh penulis yang berkaitan. Simak tips membuat kata pengantar di bawah ini :

  • Memahami Maksud Dan Tujuan Penulis Membuat Karya Tulis Tersebut

Jika Anda membuat kata pengantar untuk seorang penulis, Anda harus mengetahui tujuan dari karya tulis tersebut. Seorang penulis biasanya memiliki maksud tersendiri, Anda bisa menuliskannya pada kata pengantar tersebut.

  • Selalu Menuliskan Ungkapan Rasa Syukur, Terimakasih Ataupun Permohonan Maaf

Ungkapan rasa syukur, terimakasih dan permohonan maaf selalu ada pada sebuah karya tulis. Ini menjadi salah satu cara menghargai orang lain yang telah berkontribusi terciptanya karya tulis tersebut.

  • Menjelaskan Pesan Yang Terkandung Dalam Karya Tulis                    

Seorang penulis memiliki pesan tersendiri dari karya tulis yang mereka buat. Untuk bisa sampai dengan jelas kepada pembaca, pesan tersebut ditampilkan pada kata pengantar. Dengan begitu, pembaca akan lebih mudah memahami makna yang terkandung.

  • Menyesuikan Gaya Bahasa Dengan Karya Tulis

Ketika membut kata pengantar, Anda harus menyesuaikan gaya bahasa dari karya tulis tersebut. Jika karya tulis tersebut menggunakan bahasa resmi, Anda juga harus mengikutinya.

Baca Juga:
Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Resmi

Contoh Contoh Kata Pengantar

Contoh Kata Pengantar Makalah


Kata Pengantar

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Puji syukur selalu terucap kepada Allah SWT yang sampai saat ini telah memberikan nikmat sehat, sehingga penulis bisa menyelesaikan tugas makalah tanpa terkendala masalah berarti. Terimakasih juga penulis ucapkan kepada kedua orang tua, dosen, teman kuliah yang turut membantu. Keterbatasan waktu menjadi salah satu hal yang menjadi kesulitan dalam pembuatan makalah ini. Namun berkat dukungan dari mereka, akhirnya yang diperjuangkan bisa selesai tepat waktu. Sebagai mahasiswa, penulis menyadari masih banyak kekurangan dalam pembuatan makalah ini. Oleh karena itu penulis secara pribadi memohon maaf atas kesalahan yang mungkin ada pada isi makalah.

Penulis harap isi makalah yang berjudul “Kebersihan Adalah Sebagian Dari Iman” bisa bermanfaat bagi pembaca. Mohon untuk memaklumi jika terdapat penjelasan yang sulit untuk dimengerti. Untuk itu penulis mengharapkan kritik maupun saran, sehingga penulis bisa memperbaikinya dikemudian hari. Terimakasih atas ketertarikan Anda untuk segan membaca makalah yang penulis buat.

Banten, 15 Mei 2019



Penulis


Contoh Kata Pengantar Skripsi


Kata Pengantar

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Segala puji bagi Allah SWT karena berkat rahmat dan hidayatnya penulis bisa menyelesaikan skripsi yang berjudul “Pemanfaatan Internet Untuk Kesejahteraan Masyarakat Pedesaan”. Penulis menyadari ketika membuat skripsi ini banyak masalah yang dihadapi, namun kemudahan yang diberikan Allah SWT membuat penulis kuat menghadapi masalah tersebut.

Seperti yang kita tau, skripsi menjadi bagian penting dalam ketentuan kelulusan bagi mahasiswa. Oleh karena itu, penulis yang menempuh pendidikan di Universitas Indonesia berhadap skripsi ini memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Penulis bersyukur memiliki orang-orang baik yang selalu mendukung apa yang penulis lakukan, tak terkecuali skripsi ini. Terimakasih menjadi kata yang tepat untuk diberikan kepada orangtua, teman-teman dan dosen yang selalu memberikan bimbingan. Penulis merasa masih banyak kesalahan dari skripsi ini, hal itu semata-mata karena kekurangan penulis. Untuk itu, penulis memohon maaf jika terdapat kesalahan pada skripsi ini. Penulis berharap skripsi ini bisa diterima dan memudahkan dalam proses kelulusan. Semoga terdapat manfaat pada skripsi ini yang bisa berguna dan diaplikasikan ke dalam lingkup masyarakat.

3 Juni 2019


Penulis


Kata Pengantar Buku


Kata Pengantar

Segala puji bagi Allah yang senantiasa memberikan kenikmatan, baik nikmat sehat maupun nikmat kepada penulis. Kini tiba saatnya penulis mengucap alhamdulilah atas selesainya buku pertama yang diciptakan dengan judul “Tak Ada Nikmat Yang Bisa Kau Dustakan”. Buku ini berisi berbagai kisah yang mengingatkan kita untuk senantiasa bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT. Selain itu juga bertujuan sebagai pembelajaran bagi kita yang seringkali lalai akan segala syukur yang didapatkan.

Dalam penyusunan buku ini, penulis seringkali mendapati sebuah masalah. Terkadang, penulis juga khawatir akankah buku ini bisa diterima oleh pembaca atau tidak. Buku ini terbit bukan hanya penulis saja yang berperan, ada banyak pihak yang turut membantu setiap saat. Dukungan itu diberikan kapanpun, apalagi ketika penulis hendak menyerah. Pihak-pihak tersebut menjadi penyemangat penulis untuk menyelesaikan buku ini. Untuk itu penulis memberikan ucapan terimakasih kepada kedua orang tua, rekan sesama penulis, editor maupun pihak penerbit buku, karena mereka menjadi pihak yang memiliki andil besar dalam buku ini.

Penulis mempercayai, kesempurnaan hanyalah milik Allah SWT semata. Kekurangan yang ada pada buku ini, harap untuk dimaklumi. Penulis berusaha untuk memberikan yang terbaik guna membuat pembaca nyaman ketika membaca buku ini. Oleh karena itu, penulis memohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan baik disengaja maupun tidak disengaja. Semoga pembaca bisa mendapatkan manfaat dari adanya buku ini dan terimakasih, selamat membaca.

26 Agustus 2019


Penulis


Itulah beberapa informasi mengenai contoh kata pengantar, semoga bisa menambah wawasan Anda mengenai hal ini. Memang ada baiknya belajar dan mengetahui informasi terlebih dahulu sebelum membuat sesuatu. Sehingga ketika proses pengerjaan bisa berjalan dengan baik karena sudah mengetahui pengetahuan yang cukup. Contoh kata pengantar di atas dibuat sebagai gambaran bagi Anda yang hendak membuat sebuah karya tulis.

Tanya Jawab

Apa itu Kata Pengantar ?

Kata pengantar adalah bagian dari sebuah karya tulis yang menampilkan ucapan puji syukur dan terima kasih dari penulis.

Dimana saja contoh penggunaan Kata Pengantar ?

Penggunaan kata pengantar biasanya digunakan dalam makalah, skripsi, buku, laporan, proposal dan lainnya.

Apa Fungsi Kata Pengantar ?

Kata pengantar berfungsi sebagai ucapan rasa syukur ataupun terimakasih dari seorang penulis atau pihak yang berkepentingan kepada pembaca.

Apa tips membuat Kata Pengantar ?

1. Memahami Maksud Dan Tujuan Penulis Membuat Karya Tulis Tersebut
2. Selalu Menuliskan Ungkapan Rasa Syukur, Terimakasih Atau Permohonan Maaf
3. Menjelaskan Pesan Yang Terkandung Dalam Karya Tulis
4. Menyesuikan Gaya Bahasa Dengan Karya Tulis

Comments
Loading...