Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Terbaru 2019

contoh surat lamaran pekerjaan

Contoh surat lamaran pekerjaan. Bagi para pencari kerja, surat lamaran kerja pasti sudah akrab dengan dokumen surat lamaran kerja. Dimanapun Anda melamar pekerjaan, dokumen ini seringkali menjadi persyaratan yang harus disiapkan. Ketika surat lamaran kerja dibuat dengan baik dan benar, kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang dinginkan bisa segera terwujud. Pihak penyedia pekerjaan dapat menilai keseriusan Anda ketika melihat kualitas dari dokumen yang Anda buat ini. Oleh karena itu, tak ada salahnya Anda meluangkan waktu sedikit lebih lama guna menghasilkan surat yang berkualitas. Itu akan menjadi jalan untuk Anda bisa diterima di perusahaan yang dituju. Pengetahuan mengenai cara membuat surat lamaran yang benar memang dibutuhkan. Sehingga tidak terjadi kesalahan fatal yang mengakibatkan Anda gagal mendapatkan sebuah pekerjaan.

Apa Itu Surat Lamaran Kerja ?

Surat lamaran kerja merupakan sebuah dokumen yang dikirim oleh seorang pencari kerja untuk melamar pekerjaan di sebuah perusahaan. Biasanya, surat ini dikirim melalui pos, atau langsung ke perusahaan terkait. Namun di jaman yang serba digital ini, surat lamaran kerja bisa dikirim melalui email. Ketika lamaran di terima, perusahaan biasanya akan menghubungi pelamar melalui kontak yang disertakan dalam dokumen tersebut.

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja

  • Menggunakan tata bahasa yang baik dan benar

Dalam membuat surat lamaran kerja, Anda disarankan untuk menggunakan tata bahasa yang baik dan benar. Apalagi jika perusahaan yang Anda tuju merupakan perusahaan besar sehingga memerlukan surat lamaran yang benar-benar baik. Jadi tidak bisa menggunakan kata-kata yang terkesan asal-asalan ketika membuat dokumen ini. Jika tulisan Anda rapi, peluang untuk diterima akan semakin besar.

  • Hindari Kesalahan Kata

Ini menjadi salah satu hal yang sering terjadi pada seorang pelamar pekerjaan. Karena tidak teliti, seringkali melakukan kesalahan dalam penulisan katanya. Perusahaan menganggap serius kesalahan ini, karena menganggap Anda tidak teliti dan khawatir akan berdampak kepada pekerjaan jika diterima. Untuk itu, buat surat lamaran kerja secara perlahan dan tidak terburu-buru.

  • Singkat Padat Dan Jelas

Perusahaan lebih menyukai sebuah surat lamaran yang isinya jelas, atau tidak bertele-tele. Jadi meski isinya tidak banyak, perusahaan sudah dapat mengetahui maksud dari isi surat tersebut. Jangan menganggap tulisan banyak bisa dikatakan berkualitas, karena bisa saja ada beberapa hal yang tidak perlu dituliskan, justru dituliskan oleh pelamar.

  • Perhatikan Kualitas Surat Yang Akan Dikirim

Kualitas dalam hal ini berkaitan dengan isi surat, tulisan, gaya bahasa dan kertas yang digunakan. Hal-hal tersebut harus dipastikan sesuai dengan standar. Isi surat harus jelas, tulisan harus rapi, gaya bahasa yang digunakan harus disesuaikan, serta menggunakan kertas yang bersih.

  • Lakukan Pengecekan Ulang Ketika Hendak Dikirim

Setelah Anda menyelesaikan pembuatan surat lamaran kerja, Anda bisa mengecek ulang secara mendetail. Ini berguna agar ketika dikirim, surat tersebut sudah sesuai dengan yang diharapkan. Jika terjadi kesalahan, Anda bisa membuat ulang dengan menghindari kesalahan yang tadi. Akan lebih memudahkan jika surat tersebut dibuat menggunakan komputer sehingga tidak boros dari segi kertas, tenaga maupun waktu.

Baca Juga :
Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Bahasa Inggris

Format Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran Kerja memiliki Format Dasar yang hampir mirip dengan surat surat lainnya antara lain

  • Tanggal Surat
    Tanggal surat tentunya juga sangat penting dalam penulisan lamaran kerja karena akan mengetahui surat tersebut kapan dibuat
  • Penerima dan Alamat Surat
    Dibawah Tanggal Surat adalah Penerima dan alamat . Untuk penulisan penerima anda harus menggunakan istilah Bapak ataupun Ibu , jika didalam poster menuliskan HRD kamu cukup bisa menggunakan kata HRD. Dan untuk alamat Sebisa mungkin menulis lengkap .
  • Perihal
    Perihal adalah maksud dari menulis surat tersebut .dan karena ini adalah lamaran maka kamu bisa menggunakan Lamaran Kerja sebagai perihal
  • Salam pembuka
    Untuk tujuan resmi dan formal gunakanlah kata seperti Dengan Hormat
  • Isi Surat
    Isi surat berisi tentang mengapa kita membuat surat ini. Kita bisa mengisi surat dengan menjelaskan tentang diri kita sendiri dan posisi apa yang ingin dilamar dan tentunya apa saja lampiran yang ada dalam berkas.
  • Salam Penutup
    Setelah mengisi isi surat maka surat harus di tutup dengan salam penutup yang formal
  • Tanda Tangan
    Gunakanlah tanda tangan seperti tanda tangan di Kartu Tanda Pengenal dan gunakan tanda tangan yang baik
  • Nama Lengkap
    Tuliskan nama lengkap beserta gelar yang anda miliki.
format surat lamaran pekerjaan

Hampir semua dokumen yang diminta dalam lamaran adalah hal yang penting, namun, diantara yang paling penting adalah pencatuman pengalaman kerja kamu yang paling relevan dengan posisi yang kamu inginkan.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Jika kamu masih bingung harus membuat seperti apa .Kamu bisa menggunakan contoh surat lamaran kerja tesebut sebagai acuan untuk membuat surat lamaran pekerjaan yang paling cocok . Berikut contoh surat lamaran pekerjaan Terbaru 2019 Tersebut :

Contoh Surat Lamaran Kerja Resmi


Jakarta, 11 September 2019

Yth. HRD PT Inti Nusa Persada
Wisma KEIOI
Jl Jendral Sudirman
Jakarta

Hal : Lamaran Kerja

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari website pencari kerja Jobstreet.com bahwa perusahaan PT Inti Nusa Persada saat ini membuka lowongan untuk posisi sebagai Administrasi Staff. Maka dengan ini saya bermaksud melamar pekerjaan untuk posisi tersebut. Saat ini saya adalah fresh graduate dari Universitas Indonesia Jurusan Ilmu Administrasi Negara. Ketika kuliah saya pernah magang di perusahaan PT Sticklab Indonesia untuk posisi yang sama selama kurang lebih tiga bulan. Saya memahami banyak hal mengenai administrasi, dan harapan saya pengalaman tersebut dapat menjadi bekal bagi saya untuk bekerja di perusahaan PT Inti Nusa Persada. Sebagai syarat kelengkapan administrasi saya juga melampirkan beberapa dokumen yakni :

  • Daftar Riwayat Hidup
  • FC Ijazah Terakhir
  • FC Transkrip Nilai
  • FC KTP dan KK
  • Pas Foto 4 x 6 (2 Lembar)
  • Surat Keterangan Kelakuan Baik

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat, semoga saya diberikan kesempatan untuk melalui tahapan selanjutnya dalam seleksi penerimaan karyawan diperusahaan ini.

Hormat Saya,


Ahmad Ardianto


Contoh Surat Lamaran Kerja 1


Medan, 13 April 2019

Kepada Yth.
HRD PT. Moratel Mediatama
Jl. Gagak Hitam No. 21 Medan

Dengan adanya surat lamaran pekerjaan ini, saya bermaksud untuk mengajukan diri untuk dapat bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Saya yang menulis surat ini:

Nama : Melania Afani
Alamat : Jl. Sekar Indah No. 03, Medan
Tempat dan Tanggal Lahir : Medan, 17 Agustus 1989
Jenis Kelamin : Perempuan
Pendidikan Terakhir : SMA
Nomor Handphone : 081382739283

Untuk meyakinkan Bapak/Ibu, saya turut melampirkan dokumen berikut :

Pas foto 4 x 6 sebanyak 4 lembar
Foto Copy Kartu Tanda Penduduk
Daftar Riwayat Hidup
Foto Copy Kartu Tanda Penduduk
Foto Copy Kartu Keluarga
Foto Copy Surat Ijin Mengemudi
Foto Copy Ijazah Terakhir

Demikian surat lamaran pekerjaan saya buat dengan sebenar-benarnya. Saya harap Bapak/Ibu dapat menerima saya di perusahaan yang dipimpin. Atas segala perhatiannya, saya secara pribadi mengucap banyak terimakasih.

Hormat Saya


Melania Afani


Contoh Surat Lamaran Kerja 2


Bandung, 18 Agustus 2019

Kepada : Yth.
Bapak / Ibu Pimpinan
PT. Bandung Kreasi Abdi
di Bandung

Atas dasar infomasi perihal lowongan pekerjaan di PT Bandung Kreasi Abdi di koran Harian Bandung, saya bermaksud untuk mengajukan diri untuk dapat bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Oleh karena itu saya :

Nama : Hendra Saputra
Alamat : Jl. Cijerah Raya No.151, Cibuntu, Kec. Bandung Kulon Kota Bandung
Pendidikan terakhir : S1 Sistem Informasi
Telp : 081889238492
Email :hendrasaputra83@gmail.com

Berikut saya lampirkan dokumen-dokumen pendukung untuk menyakinkan Bapak/Ibu :

Daftar Riwayat Hidup
Fotocopy KTP
Fotocopy SKCK Pas Foto 4×6 Berwarna (1 Lembar)
Fotocopy Ijazah Terakhir
Fotocopy Kartu Keluarga

Atas segala perhatian yang Bapak/Ibu berikan, saya ucapkan banyak terimakasih. Dan saya harap dapat diterima untuk bergabung dengan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Hormat saya,


Hendra Saputra


Contoh Surat Lamaran Kerja 3


13 September 2019

Kepada Yth.
Pimpinan PT. Indo Makan Sehat
Jakarta

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Di tempat

Berdasarkan penawaran pekerjaan dari PT Indo Makan Sehat yang tertera di majalah harian Redaksi Kerja, saya bermaksud untuk mengajukan lamaran di perusahaan ini. Berikut adalah data diri saya :

Nama : Jalil Maulana
Tempat/Tanggal Lahir : Boyolali, 12 Desember 1990
Alamat : JL. Kates, Siswodipuran, Kec. Boyolali Kab. Boyolal
Jenis Kelamin : Lelaki
Agama : Islam
No. Telp/HP : 08573928398
Pendidikan : SMA
Pekerjaan yang dilamar : Admin Gudang

Sebagai bahan pertimbangan, berikut berkas tambahan :

Pas foto berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 3 lembar.
Fotocopy KTP
Fotocopy Ijazah
Fotocopy SKCK
Fotocopy Sertifikat
Daftar Riwayat Hidup
Daftar pengalaman kerja

Demikian mengenai surat lamaran pekerjaan ini, saya berharap Bapak/Ibu pimpinan perusahaan PT. Indo Makan Sehat berkenan untuk menjadikan saya sebagai bagian dari perusahaan. Atas perhatiannya, saya ucapkan banyak terimakasih.      

Hormat saya,


Jalil Maulana


Contoh Surat Lamaran Kerja 4


Ciamis, 08 Juni 2019

Kepada Yth.
HRD Lestari Tanam Jaya

Di tempat

Berdasarkan email yang masuk perihal lowongan pekerjaan dari Lestari Tanam Jaya untuk posisi sebagai Sopir Mobil Distributor, saya yang menulis surat ini :

Nama : Restu Wijaya
Tempat, tanggal lahir : Ciamis, 18 November 1997
Alamat : JL. SUKADANA NO. 239, CIGAYAM, Kec. Banjarsari Kab. Ciamis
Telepon : 081874934849
Pendidikan terakhir : SMA

Berikut saya lampirkan beberapa dokumen sebagai bahan pertimbangan untuk bisa bekerja di Lestari Tanam Jaya :

Fotocopy KTP
Fotocopy ijazah SMA
Fotocopy SKCK
Daftar riwayat hidup
Pas Foto warna 3 x 4 empat lembar

Demikian surat ini saya buat, saya harap bisa bergabung bersama Lestari Tanam Jaya. Atas segala perhatiannya, saya secara pribadi mengucapkan banyak terimakasih.

Hormat saya,


Restu Wijaya


Itulah beberapa informasi mengenai contoh surat lamaran kerja dan beberapa penjelasan lainnya. Dengan ini saya harap, Anda sudah bisa membuat dokumen penting yang satu ini. Dan selalu saya ingatkan untuk teliti dalam membuat surat lamaran kerja.

Leave A Reply

Your email address will not be published.