Cara Membuat Excel Online dengan Google SpreadSheets

google spreadsheets

Pernahkah terpikir membuat file excel yang bisa dilihat kapan saja dimana saja dan bisa diedit banyak orang. Atau membuat dokument excel yang aman saat komputer rusak ataupun file hilang . Solusinya adalah Excel berbasis online.

Jika anda ingin menggunakan pengolahan data seperti microsoft excel yang bisa dioperasikan online yang dapat di edit kapan dimana saja dan tentunya gratis jawabannya yaitu Google Spreadsheets.

Apa Itu Google Spreadsheets ?

Google Spredsheets adalah salah satu produk yang dimiliki google yang dapat mengolah data sejenis seperti microsoft excel dengan fitur lengkap yang dapat digunakan secara gratis. Dengan menggunakan Google Spreadsheets anda dapat dapat berkolaborasi dengan teman anda untuk mengolah Google Spreadsheets. Untuk menikmati layanan Google Spreadsheets cukup hanya memiliki akun gmail .

Namun tentunya Google Spreadsheets juga memiliki kelebihan dan kekurangan dibandingkan dengan Microsoft excel . Berikut kelebihan dan kekurangan dari Google Spreadsheets :

Kelebihan Dan Kekurangan Google Spreadsheets

Kelebihan Google Spreadsheets :

  1. Gratis
  2. Dapat dioperasikan secara online melalui browser.
  3. Tanpa perlu peninstallan anda cukup membuka docs.google.com/spreadsheets
  4. Dapat berkolaborasi dengan orang lain dan dapat mengatur untuk hanya bisa dilihat ataupun diedit .
  5. Tersimpan Otomatis setiap perubahan data.
  6. Dapat di simpan dan di ektrak untuk di buka di microsoft excel dengan format .xlsx .

Kekurangan Google Spreadsheets :

  1. Perlu menggunakan jaringan internet untuk dapat menggunakan fitur lengkap.
  2. Fitur tidak selengkap Microsoft excel.

Cara Membuat Google Spreadsheets

Anda dapat membuat google spreadsheets melalui halaman docs.google.com/spreadsheets ataupun melalui Google Drive dengan menekan tombol + atau klik kanan kemudian pilih Lainnya – Google Spreadsheet.

membuat excel online google speadsheets
membuat excel online google speadsheets

Mengedit Google Spreadsheets

Google Spreadsheets pada dasarnya fitur yang dimiliki sangat mirip dengan Microsoft Excel hanya saja tata letak dari fitur tersebut tersebunyi dalam menu.

Anda juga dapat menggunakan rumus rumus yang dapat digunakan di microsoft excel ke Google Spreadsheets seperti SUM, AVERAGE, AND, IF, VLOOKUP, HLOOKUP dan lain lainnya.

rumus pada google speadsheets
rumus pada google speadsheets

Anda dapat membagikan berupa link ataupun invite ke orang lain melalui email agar dapat mengedit ataupun hanya sekedar melihat melalui tombol Bagikan dipojok kanan atas. Kemudian pilih menu antara lain.

  • NONAKTIF – hanya orang tertentu yang bisa mengakses
  • Siapa saja dengan link bisa mengedit
  • Siapa saja dengan link bisa berkomentar
  • Siapa saja dengan link dapat melihat
membagikan google spreadsheets
membagikan google spreadsheets

Untuk menyimpan Google Spreadsheets menjadi file microsoft excel dengan format .xlsx ataupun format .pdf anda cukup klik menu File – Download – Pilih Microsoft Excel .xlsx .

menyimpan google spreadsheets .xlsx
menyimpan google spreadsheets .xlsx

Dan itulah panduan dasar dari Google Spreadsheets sebagai alternatif excel berbasis online dengan beragam fiturnya yang dibuat oleh nekopencil . Jika ada pertanyaan bisa ditulis dikomentar . Terima Kasih.

Tanya Jawab Google SpreadSheets

Apa itu Google Spreadsheets ?

Google Spredsheets adalah salah satu produk yang dimiliki google yang dapat mengolah data sejenis seperti microsoft excel dengan fitur lengkap yang dapat digunakan secara gratis.

Bagaimana cara mendapatkan fitur Google Spreadsheet ?

Untuk mendapatkan fitur Google Spreadsheet anda cukup memiliki akun Gmail. Kemudian mengunjungi Google Drive maupun halaman website Google Spreadsheets.

Bagaimana cara mengatur Google Spreadsheet menjadi Offline ?

Anda cukup membuka Menu File kemudian pilih Sediakan Saat Offline.

Bagaimana cara menyimpan Google Spreadsheet ke Microsoft Excel ?

Anda dapat menyimpan atau mengubah agar dapat dibuka di microsoft excel dengan cara klik menu File – Download – Pilih Microsoft Excel .xlsx .

Bagaimana cara membagikan Google Spreadsheet agar dapat di edit orang lain?

Anda dapat membagikan berupa link ataupun invite ke orang lain melalui email agar dapat mengedit ataupun hanya sekedar melihat melalui tombol Bagikan dipojok kanan atas.

Bagaimana cara menyimpan Google Spreadsheets ?

Google Spreadsheets akan menyimpan secara otomatis setiap adanya perubahan data pada halaman . anda dapat melihat hasil yang tersimpan di halaman website Google Spreadsheets setelah memberikan nama melalui menu file – Ganti nama.

Leave A Reply

Your email address will not be published.