Apa itu Revenue? Rumus Revenue

Apa itu revenue? Revenue adalah nilai seluruh penjualan barang dan jasa yang diakui oleh perusahaan dalam suatu periode, dihitung sebagai harga penjualan rata-rata dikalikan dengan jumlah unit yang terjual. Pendapatan juga dikenal sebagai penjualan pada laporan laba rugi.

Ada berbagai cara untuk menghitung revenue, tergantung pada metode akuntansi yang digunakan. Akuntansi akrual akan mencangkup penjualan yang dilakukan secara kredit sebagai pendapatan atas barang atau jasa yang dikirimkan kepada pelanggan.

Rumus Revenue

Rumus Revenue bisa saja sederhana atau bahkan rumit, tergantung pada bisnisnya. Untuk penjualan produk dihitung dengan mengambil harga rata-rata barang yang dijual dan dikalikan dengan jumlah total produk yang terjual. Untuk perusahaan jasa, dihitung dengan nilai semua kontrak layanan atau dengan jumlah pelanggan dikalikan dengan harga rata-rata layanan.

Revenue Barang = Jumlah Unit yang Terjual x Harga Rata-Rata

atau

Revenue Jasa = Jumlah Pelanggan x Harga Rata-rata layanan

Rumus diatas dapat diperluas secara signifikan untuk memasukkan lebih banyak detail. Misalnya, banyak perusahaan akan memodelkan perkiraan pendapatan mereka sampai ke tingkat produk individu atau tingkat pelanggan.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.