Cara Ideal Menciptakan Sistem Penggajian Sesuai Regulasi

Memberikan gaji kepada karyawan sudah menjadi kewajiban utama bagi perusahaan. Dalam hal ini, tim HR berperan besar untuk memastikan bahwa penggajian sudah berjalan ideal atau tidak. 

Penggajian yang berjalan tidak lancar akan menghambat operasional perusahaan itu sendiri. Bagaimana bisa? Jika penggajian tidak lancar, maka karyawan akan merasa tidak puas dengan kemampuan perusahaan dalam mengelola karyawan. Hal ini pun akan berpengaruh kepada kredibilitas perusahaan. Bisa-bisa kinerja karyawan akan menurun bahkan meningkatkan angka turnover karyawan. 

Untuk menghindari hal tersebut, simak beberapa cara yang dapat digunakan untuk menciptakan sistem penggajian yang ideal! 

Pahami UU Ketenagakerjaan dan Perpajakan 

Segala ketentuan tenaga kerja termasuk penggajian tertuang dalam UU Ketenagakerjaan, begitu juga soal kewajiban perusahaan dalam penggajian karyawan. Hal ini perlu diperhatikan oleh HRD. Sebab, perusahaan yang tidak mengikuti ketentuan UU Ketenagakerjaan dalam penggajian akan dikenai sanksi oleh pemerintah. 

Rekap Kehadiran dengan Akurat

Kehadiran karyawan akan digunakan untuk memproses gaji sebagai komponen karyawan. Maka dari itu, HRD harus melakukan perekapan data kehadiran dengan akurat. 

Buat Laporan Secara Berkala

Penggajian tidak akan lengkap tanpa adanya laporan berkala. Laporan penggajian biasanya akan digunakan untuk mengevaluasi sistem penggajian yang telah berjalan serta sebagai landasan untuk strategi penggajian di periode mendatang. Namun, pada umumnya banyak staf HRD yang merasa kewalahan karena banyaknya jumlah data dan informasi karyawan yang harus mereka susun menjadi sebuah laporan. 

Jaga Informasi Karyawan 

Hal selanjutnya yang tidak bisa luput dari perhatian perusahaan adalah soal keamanan dan kerahasiaan data karyawan. Seperti yang diketahui, sudah banyak pemalsuan dan manipulasi data karyawan oleh pihak tak bertanggung jawab. Bila hal ini terjadi pada karyawan dari perusahaan Anda, tentu akan merugikan pihak karyawan dan perusahaan Anda sendiri. 

Gunakan Sistem Otomatis

Dan cara yang terakhir untuk menciptakan sistem penggajian yang ideal adalah mengimplementasikan sistem otomatis pada penggajian bulanan. Mengapa demikian? Sebab, sistem manual pastinya tidak mampu mengakomodasi segala kesulitan penggajian yang lebih kompleks. Maka dari itu, menggunakan sistem otomatis dapat menjadi pilihan yang baik. 

Salah satu penyedia sistem penggajian terbaik di Indonesia adalah LinovHR. Sebagai vendor Aplikasi HR Indonesia yang telah dikenal banyak perusahaan, LinovHR mampu memproses tiap komponen gaji karyawan secara terpusat dan serentak. Selesai gaji dihitung, saat itu juga HRD dapat mengirimkan gaji ke masing-masing rekening karyawan.. Sehingga penggajian pun berjalan dengan efektif dan tepat waktu. 

Memproses gaji karyawan dengan tepat waktu sudah menjadi kewajiban bagi perusahaan. Itulah sebabnya mengapa perusahaan harus mencari cara agar proses penggajian dapat berjalan lancar. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda!

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.