Cara Membuat Soal Online di Google Form Dengan Mudah

Dalam pendidikan modern belajar dan melakukan ujian dirumah tentu sangat bisa dilakukan dengan cara online. Jika belajar seorang guru bisa mengajak muridnya melakukan livestreaming ataupun videocall. Sedangkan untuk melakukan ujian, guru harus membuat soal secara online.

Untuk membuat soal online banyak penyedia yang bisa digunakan mulai dari yang gratis hingga berbayar. Untuk yang gratis sendiri Google sudah menyediakan untuk penggunanya menggunakan fitur bernama Google Form. Selain untuk mengisi formulir dan lainnya, Google Form juga dapat digunakan membuat kuis atau soal online.

Google form soal online juga dapat memberikan hasil nilai setelah peserta menjawab soal yang telah dibuat. Dan guru dapat memantau hasil nilai yang di dapatkan peserta. Untuk membuat soal online di google form berikut panduannya.

Cara Membuat Soal Online di Google Form

Time needed: 10 minutes.

Berikut panduan cara membuat kuis atau soal ujian online melalui google form dengan cara mudah dan bisa dilakukan secara gratis.

  1. Buka Google Form

    Pertama-tama silahkan buka browser dan login akun gmail kamu, kemudian silahkan buka google form melalui link berikut ini. https://docs.google.com/forms/
    Kemudian klik Mulai formulir baru – kosong.
    google form

  2. Ubah Setelan ke mode Kuis.

    Selanjutnya ubah menjadi mode kuis dengan cara klik Setting – Kuis – Jadikan ini sebagai kuis. Jika sudah klik Simpan.
    google form kuis

  3. Pilih Mode Jawaban

    Kemudian kamu bisa memilih metode jawaban dari soal bisa dengan jawaban isian (Jawaban singkat) atau pilihan ganda.
    isian dan pilihan ganda

  4. Buat Soal

    Kemudian kamu bisa melanjutkan dengan memulai membuat soal dan opsi jawaban. Kamu bisa mencentang Wajib diisi agar murid teringatkan jika ada soal yang dilewati.
    kunci jawaban

  5. Masukan Kunci Jawaban Soal

    Kemudian untuk memasukan kunci jawaban agar mendapatkan nilai saat murid menjawab benar dengan cara klik Tombol Kunci Jawaban, selanjutnya centang / isi jawaban yang benar. Setelah itu masukan nilai Poin saat murid mendapatkan jawaban benar pada soal tersebut.

    Jika sudah selesai membuat kamu bisa klik Kirim pada menu diatas.
    kunci jawaban google form

  6. Respon Jawaban Murid

    Setelah murid mengirimkan jawabannya, maka guru akan mendapatkan respon di dalam Google Form nya . Guru juga dapat melihat hasilnya melalui Google Spreedsheet ( Excel ) yang bisa diunduh .
    respon

Untuk lebih jelasnya, Berikut contoh soal online yang telah kami buat sebagai contoh yang bisa digunakan.

https://forms.gle/CP1ouj7X991vcMUb6

Jika ada pertanyaan bisa kamu tanyakan di kolom komentar.

2 Comments
  1. Potter patricia says

    Mau tanya google form bisa gak ya di setting supaya kalo misalnya ada murid yang nyontek atau membuka tab baru ketawan pengujinya ?

    1. vandrask says

      dibuat tanpa kunci jawaban aja kak biar gak bisa nyontek

Leave A Reply

Your email address will not be published.