Cara Mengirim Lamaran Lewat Email Dengan Baik dan Benar

Perkembangan jaman yang diiringi oleh kemajuan teknologi membuat segala hal bisa dilakukan dengan cepat dan mudah misalnya cara perekrutan calon karyawan baru. Yang dulunya perusahaan meminta pelamar kerja mengirim lamaran kerjanya secara langsung yang tentunya bisa mengeluarkan ongkos buat pelamar dan juga membuat dokument kertas menumpuk banyak di hrd perusahaan. Namun dijaman sekarang banyak perusahaan yang sudah meninggalkan cara lama itu dan menggantinya dengan mengirimkan dokument melalui email.

Namun demikian masih banyak pelamar kerja yang tidak mengetahui cara mengirim surat lamaran kerja melalui email dengan baik dan benar. Agar kamu tidak salah lagi cara mengirim surat lamaran kerja melalui email, berikut aspek aspek yang harus kamu penuhi agar lamaran kerja via email kamu diterima dengan baik oleh perusahaan.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengirim Lamaran Via Email

1. Gunakan Nama Photo Profile Email Yang Baik dan Sesuai

Sebelum memasuki tahap mengirim pastikan nama email yang digunakan sesuai dengan nama panjang kamu. Penggunaan nama inisial atau nama unik yang tidak sesuai dengan nama asli membuat HRD kurang tertarik untuk membuka email kamu. Jika kamu terlanjur memiliki nama email yang tidak sesuai dengan nama asli, kami anjurkan untuk membuat email baru.

Contoh :
Nama Asli : Ariani Rizky
Alamat email : ariani.rizky1992@gmail.com

Selain itu, gunakan photo profile email dengan wajah asli kamu . Jika kamu menggunakan gmail , kamu bisa mengganti photo profile dengan membuka gmail.com kemudian pilih Menu Akun – Kelola Akun Google Anda – Info Pribadi – Foto . Jika kesulitan silahkan klik DISINI .

foto profile gmail
foto profile gmail

Dengan demikian perusahaan akan menganggap kamu sebagai calon pelamar dengan tingkat profesional .

2. Persiapkan Dokument Persyaratan

Persiapkan dokument sesuai yang tertulis dalam persyaratan lowongan kerja seperti contoh berikut ini :

Gunakan format dokument sesuai yang dibutuhkan oleh perusahaan seperti surat lamaran kerja dan CV menggunakan “doc”, foto diri menggunakan format ” jpeg / png” dan hasil scan menggunakan format “pdf”.

3. Isi Subjek dengan Posisi Jabatan Yang Akan Dilamar

Agar membantu perusahaan menyeleksi kebutuhan posisi yang dicari ada baiknya seorang pelamar mencantumkan posisi jabatan pada subjek email.

Dengan mencantumkan posisi jabatan yang diinginkan , kemungkinan HRD membuka email lamaran kamu menjadi lebih besar.

subjek email lamaran kerja
subjek email lamaran kerja

4. Tulis Cover Letter / Kata Pengantar pada Body Email

Cover letter biasanya digunakan dalam mengirimkan surat lamaran kerja dan curriculum vitae ke alamat email pembuka lowongan kerja. Cover letter biasanya diletakan di body email. sedangkan surat lamaran kerja dana CV di masukan dalam Lampiran File.

Berikut contoh cover letter email :

Untuk Bapak / Ibu Yang Terhormat,

Saya telah menulis dan mencantumkan surat lamaran kerja dan curriculum vitae saya untuk informasi anda.

Saya memiliki beberapa pengalaman dalam pemasaran online dan analytics keyword termasuk memanfaatkan Google Analytics, Keyword Tool, Google Business dan lainnya. Saya tertarik untuk melamar lowongan kerja ini karena akan memberi saya kesempatan yang ideal untuk membantu perusahaan anda dan mengembangkan keterampilan pemasaran online saya.

Saya juga memiliki beberapa proyek SEO yang sukses di masa lalu seperti cemiti.id pada kata kunci tertentu. Jadi saya yakin bisa membantu perusahaan dalam posisi ini dengan beberapa panduan.

Saya berharap dapat berbicara dengan anda untuk membahas minat saya bekerja diperusahaan anda. Saya menghargai pertimbangan Anda dan terima kasih atas waktu Anda.

Hormat saya,

Vandra Septian

Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email

Time needed: 5 minutes.

Berikut langkah-langkah cara mengirim lamaran kerja via / lewat email dengan baik dan benar.

  1. Buka Gmail – Klik Tulis

    Silahkan kamu untuk membuka gmail.com kemudian pilih / tekan tombol Tulis yang berada di pojok kiri atas.
    buka gmail

  2. Isi Email Tujuan , Subjek dan Body Email

    Masukan email penerima ( email perusahaan yang tercantum dalam lamaran kerja ), kemudian subjek diisi dengan posisi jabatan yang dilamar dan bagian body isi dengan cover letter seperti contoh diatas sebelumnya.
    bagian email

  3. Masukan Semua Dokument ke Lampiran File

    Terakhir masukan semua dokument syarat utama dan dokumen pendukung kelampiran file , seperti :
    -Pas Foto Terbaru
    -Scan KTP
    -Surat Lamaran Kerja
    -CV / Daftar Riwayat Hidup
    -Scan Ijazah Pendidikan
    -Scan Transkrip Nilai ( Daftar Nilai )
    -Scan Sertifikat Pendukung ( Portofolio Karya, Pelatihan, Pengalaman Kerja )

    Jika sudah tekan Kirim maka email lamaran kerja kamu sudah dikirimkan ke email perusahaan untuk di cek.
    lampiran file email

Dengan membuat lamaran kerja yang dikirim via email dengan cara diatas membuat lamaran kerja kamu terlihat lebih profesional dibandingkan dengan pelamar lainnya sehingga bisa menarik perhatian HRD. Semoga beruntung teman-teman.

Leave A Reply

Your email address will not be published.