Contoh Surat Ijin Tidak Masuk Kerja

Contoh Surat Ijin Tidak Masuk Kerja. Saya ingat semasa masih bersekolah dulu, ibu selalu menyiapkan surat keterangan ijin atau sakit jika anaknya berhalangan masuk sekolah. Dulu saya sempat bingung mengapa harus repot mengirimkan surat. Padahal, ibu sudah bisa datang ke sekolah dan bicara secara langsung dengan wali kelas.

Seiring bertambahnya usia, maka etika meminta ijin kalau mau meliburkan diri, entah dengan alasan yang benar atau bohong belaka mulai terabaikan. Misalnya saja pengalaman saat kuliah. Kalau mau mabal, istilah membolos, tinggal pergi begitu saja. Parahnya lagi, beberapa dosen juga tidak peduli dengan kehadiran siswanya. Mau masuk kelas atau tidak, yang penting tugas terkumpul dan hadir saat ujian akhir.

Tampaknya kebiasaan abai meminta ijin secara beretika dan benar itu pun bisa menjangkiti para pegawai setelah bekerja. Dalih sudah minta ijin dengan bos sebagai atasannya, lalu tata tertib administrasi sering kali terlupakan. Contoh Surat ijin tidak masuk kerja ( Surat Cuti ) seharusnya tetap dikirimkan kepada bagian berwenang, biasanya bagian personalia, untuk pendataan dan cek kehadiran karyawan.

Bagaimana dengan Anda, termasuk yang taat aturan atau sebaliknya? Kalau Anda seorang Pegawai Negeri Sipil, atau PNS, tidak mudah dan tidak seharusnya Anda abaikan dengan surat yang satu ini. Ketentuan ijin Anda sebagai PNS sudah diatur sebagai aparatur negara. Sebaliknya, jika Anda seorang karyawan swasta, bisa jadi kantor tidak terlalu ketat memberlakukan ketentuan ini.

Berbicara aturan maka harus ditaati. Jika diabaikan maka ada pelanggaran dan bisa ada sanksinya. Terlihat sangat remeh, tapi karena Anda tercatat sebagai pegawai di perusahaan tersebut, maka layaklah bagian personalia, atau kita bisa sebut HR, untuk tahu alasan kenapa Anda tidak masuk kantor. Mereka perlu waspada jika ada diantara pegawainya yang sering tidak masuk sehingga mengganggu ritme kerja tim.

Jika alasan ijin bukan karena alasan mendadak, maka tak ada salahnya jika Anda bisa mengirimkan surat ijin tersebut jauh-jauh hari. Misalnya saja untuk alasan akan menikah, liburan bersama keluarga, atau kepentingan pribadi lainnya yang tanggalnya sudah ditentukan sebelumnya. Namun, ada pula kepentingan-kepentingan yang datangnya tidak direncanakan, misalnya Anda sakit parah dan harus dirawat di rumah sakit, anak Anda yang sakit dan harus diantar ke dokter, ada sanak famili yang meninggal dunia, atau ada kejadian tak terduga lainnya. Kalau itu yang terjadi, maka minta ijin secara spontan pada atasan langsung di atas Anda adalah hal terbaik. Tapi ingat jangan sampai lupa untuk menyiapkan suratnya setelah urusan-urusan tadi selasai.

Selayaknya surat resmi, contoh surat ijin tidak masuk kerja punya format penulisan. Formatnya hampir sama dengan surat ijin lainnya, meliputi beberapa isian yang hendaknya dituliskan

Kepala Surat

Seperti surat resmi lainnya, surat ini pun punya bagian kepala yang terdiri dari:

  • Tempat dan tanggal menuliskan surat,
  • Kepada siapa surat ditujukan, bisa dituliskan nama jelas si penerima. Kebanyakan surat ini akan ditujukan langsung ke kepala bagian HR. Jika tidak hapal namanya, Anda bisa menuliskan jabatannya.
  • Alamat jelas surat, jika di perlukan.

Isi Surat

Isi adalah bagian penting dari sebuah surat. Demikian pula untuk surat ijin meliburkan diri seperti ini. Isi harus memuat beberapa poin penting berikut supaya maksud Anda, tercapai:

  • Salam pembuka, sesuai etikanya menyampaikan salam setiap kali bertemu atau memulai pembicaraa baik lisan maupun tulisan. Dengan mempertimbangkan keragaman suku, ras, dan agama yang ada di Indonesia, maka saya rekomendasikan memakai salam nasional, misalnya ‘Dengan hormat’.
  • Mencantumkan data diri, berupa nama jelas, nomor induk karyawan, divisi kerja, dan sebagainya yang dianggap membantu untuk proses administrasi.
  • Menuliskan alasan ijin dari kerja. Hal ini sangat penting karena perlu ada kejelasan mengapa Anda tidak berkerja saat ini. Alasan yang baik tentu adalah alasan yang benar. Sesungguhnya ada jatah Anda untuk tidak masuk kerja, atau cuti. Jadi tidak usah ragu menyampaikan maksud Anda tidak masuk kerja dengan benar karena diantaranya adalah hak Anda.
  • Memberikan informasi berapa lama ijinnya. Jika ijin bukan karena hal darurat, misalnya sakit atau meninggal dunia, maka setiap perusahaan pasti punya standar sendiri. Alasan ijin di poin sebelumnya harus selaras dengan berapa lama ijin yang Anda minta. Bisa saja karena volume pekerjaan sedang banyak, maka Anda belum diijinkan libur bekerja.

Akhir Surat

Sebelum menutupnya, jangan lupa menyampaikan rasa terima kasih atas pengertian dan sikap maklum kepada yang memberi ijin di surat. Akhir kata, Anda harus menyertakan salam penutup dan membubuhkan tanda tangan.

Jika Anda masih bingung dengan format dan penulisannya, saya akan membuatkan satu contoh surat ijin tidak masuk kerja yang sangat sederhana dan bisa dibuat dengan cepat, sebagai berikut:

Contoh Surat Ijin Tidak Masuk Kerja

Bogor, 14 November 2018

Kepada YTH
Bapak Lukman Hakim, Ketua Divisi Personalia
PT Jaya Abadi
Cimanggis, Depok

Dengan hormat,

Saya yang bertandatangan di bawah ini:

Nama   : Deswita Puspita
NIK     : 454703
Jabatan: Sales eksekutif

Meminta ijin untuk tidak masuk kerja karena telah divonis dokter terkena penyakit cacar. Demi kenyamanan dan keamanan rekan kerja lain maka dokter pun merekomendasikan untuk tetap berada di rumah hingga 2 minggu lamanya. Setelah waktu tersebut, saya akan kembali cek up ke dokter untuk memastikan sudah sembuh total. Surat rekomendasi dokter terlampir.

Demikian surat ini dibuat agar menjadi maklum. Terima kasih atas perhatiannya.

Hormat Saya,

Deswita Puspita


Ada kalanya seseorang itu tidak dalam kondisi selalu fit setiap saat. Daripada memaksakan diri bekerja dalam keadaan sakit, lebih baik istirahat secara total sampai sembuh di rumah. Itulah mengapa surat ijin tersebut menjadi perlu sebagai pembuktian kepada pihak HR di kantor. Jika sakit dan sudah menemui dokter, selayaknya surat rekomendasi istirahat dari dokter disampaikan via email atau temu muka.

Selain surat ijin kerja dengan alasan sakit, ada pula hal lain yang bersifat pribadi, seperti contoh surat izin tidak masuk kerja di bawah ini:


Kebumen, 23 November 2019

Kepada YTH.
Kepala Bagian Personalia
PT Gagas Mulia
Jalan Lembayung X nomor 8A
Kebumen

Dengan Hormat,

Saya yang bertandatangan di bawah ini,

Nama   : Junaedi Yanuar
Divisi   : Sales kantor cabang Kebumen I

Bermaksud meminta ijin tidak masuk kerja selama 5 hari kerja dikarenakan ada persiapan menyambut pesta pernikahan pada tanggal 30 Agustus 2018. Segala pekerjaan yang tertunda akan Saya selesaikan segera setelah cuti saya selesai.

Terimakasih atas perhatiannya dan harap maklum.

Hormat Saya,

Junaedi Yanuar


Demikian penjelasan, ulasan dan contoh surat ijin tidak masuk kerja yang bisa menjadi referensi Anda jika diperlukan. Perlu diperhatikan bahwa mengirimkan surat ijin tersebut adalah bagian dari sebuah kewajiban dan sesuai etika komunikasi yang baik sebagai mahluk sosial.

Leave A Reply

Your email address will not be published.