Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik Dan Benar

Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik Dan Benar. Ketika Anda merasa tidak nyaman di tempat kerja, barangkali itu salah satu pertanda Anda perlu mengundurkan diri. Sebelum memgajukan pengunduran diri, Anda perlu membuat surat, sehingga saat ke luar kerja Anda tetap meninggalkan kesan baik terhadap perusahaan.

Ada banyak alasan bagi Anda untuk melakukan pengunduran diri dari perusahaan tempat  Anda bekerja. Contohnya karena lingkungan kerja yang tidak sesuai dengan kepribadian Anda, gaji yang tidak sesuai dengan pekerjaan yang diperintahkan oleh perusahaan, resign karena ingin mengurus keluarga, resign karena masalah kesehatan yang tidak kunjung baik, dan yang terakhir karena mendapatkan pekerjaan baru yang lebih menjanjikan dan memiliki salary lebih banyak ketimbang tempat kerja sebelumnya.

Mengundurkan diri dalam bekerja bukan berarti sebuah pilihan yang negatif, tetapi juga bisa menjadi sebuah situasi yang sensitif. Maka dari itu, dibutuhkan sebuah penyampaian yang harus dikomunikasikan terlebih dahulu secara baik dan benar.

Anda terlebih dahulu harus menggunakan sarana untuk penyampaian kepada atasan perusahaan dimana tempat Anda bekerja. Salah satunya menggunakan surat pengunduran diri. Lalu, bagaimanakah membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar? Berikut akan kami berikan ulasan sebelum memberikan contoh surat pengunduran diri.

Melalui contoh surat resign yang baik dan benar diharapkan dapat memberikan ide bagi Anda untuk menulis surat pengunduran diri yang baik dan sopan. Sehingga perusahaan tempat Anda bekerja mau untuk menerima dan tidak menimbulkan kesan negatif tentang pengunduran diri Anda.

Pengertian surat pengunduran diri

Surat pengunduran diri merupakan surat pernyataan yang dibuat pekerja untuk mengundurkan diri dari pekerjaannya. Surat tersebut biasanya ditujukan pada atasan pekerja di perusahaan.

Terdapat komponen-komponen utama yang perlu dicantumkan dalam surat pengunduran diri., Komponen-komponen utama tersebut terdiri dari tujuan surat, nama pengirim (beserta data singkat, misalnya usia, lama kerja, dan jabatan), dan alasan mengundurkan diri.

Terdapat aturan-aturan lain dalam membuat surat pengunduran diri selain dari komponen utama, yakni ;

  1. Menuliskan nama atasan yang dituju dengan awalan “Kepada Yth. (yang terhormat)” atau “Yth.” saja.
  2. Menuliskan nama lengkap, identitas singkat, serta jabatan dan lama kerja. Jika diperlukan, tuliskan juga tanggal terakhir bekerja.
  3. Gunakanlah bahasa yang formal.
  4. Tuliskan alasan pengunduran diri Anda dengan sopan, jelas, dan singkat. Misalnya Anda resign karena sakit, pindah rumah, dan sebagainya. Apabila alasan tersebut menyangkut orang lain dalam perusahaan, sebaiknya tidak disebutkan.
  5. Tuliskan ucapan terimakasih kepada atasan dan seluruh bagian perusahaan, ditambahkan doa lebih baik lagi.

Tujuan surat pengunduran diri

Surat pengunduran diri merupakan salah satu jenis surat yang penting saat Anda memutuskan untuk keluar dari sebuah instansi atau pekerjaan. Contoh surat pengunduran diri sering digunakan ketika karyawan memutuskan untuk keluar dari perusahaan karena alasan tertentu.

Surat pengunduran diri yang Anda buat harus berisi alasan yang logis agar dapat diterima dengan baik oleh perusahaan. Serta tidak menimbulkan rasa tersinggung tentang keputusan pengunduran diri yang Anda buat. Adapun tujuan lain dari surat pengunduran diri adalah:

1. Terlihat tetap profesional dalam bekerja

Anda harus selalu menekankan nilai-nilai kesopanan untuk menunjukkan sikap profesionalisme dalam bekerja. Maka dari itu, ketika akan melakukan pengunduran diri, Anda tidak boleh langsung menghilang begitu saja.

Mengundurkan diri tanpa memberikan surat pengunduran diri tentu tidak baik karena anda akan dicap sebagai pekerja yang tidak profesional. Nantinya, perusahaan yang Anda tinggalkan akan berbicara buruk tentang Anda kepada perusahaan baru penerima kerja. Namun, jika Anda memberikan surat resign sebelum melakukan pengunduran diri, maka perusahaan akan menilai diri Anda sebagai orang yang menjunjung profesionalisme dan bertanggung jawab.

2. Perusahaan memiliki waktu untuk mencari kandidat baru pengganti Anda

Tujuan lain dari surat pengunduran diri adalah agar perusahaan dapat mempersiapkan karyawan baru untuk menggantikan Anda. Hal tersebut sangat penting bagi perusahaan agar tidak terjadi kekosongan posisi kerja yang akan berimbas kepada menurunnya tingkat produktifitas perusahaan. Maka, sebaiknya Anda memberikan surat pengunduran diri beberapa bulan sebelum waktu pengunduran diri.

Cara membuat surat pengunduran diri

Cara penulisan contoh surat pengunduran diri sebenarnya hampir sama dengan surat lamaran kerja. Hanya saja, dalam penulisan surat pengunduran diri harus mempertimbangkan etika dan penggunaan bahasa yang baik dan benar.

Apabila Anda sudah siap untuk mengundurkan diri dari pekerjaan, maka langsung saja simak bagaimana cara membuat surat pengunduran diri. Apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat surat pengunduran kerja.

Format yang digunakan dalam penulisan surat pengunduran diri, layaknya seperti surat resmi yang biasanya Anda buat. Surat tersebut harus memuat bagian-bagian surat seperti:

a. Tanggal dan tempat pembuatan surat

b. Nama dan alamat yang dituju

c. Isi surat dengan bahasa yang baik

d. Tanda tangan

e. materai (bila perlu)

Contoh surat penginduran diri

Setelah membaca tujuan dari surat pengunduran diri serta cara menuliskannya, sekarang Anda akan memperhatikan dan meniru contoh surat pengunduran diri di bawah ini:


Riau, 18 November 2019

Kepada Yth.

Kepala Departemen Keuangan

PT. Indah Lestari

di tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : (Nama Anda)

Tempat, tgl. lahir       : …………….

No. Pegawai                : …………….

Bekerja sejak              : …………….

Bermaksud untuk mengajukan pengunduran diri dari jabatan saya sebagai Staf Finance departemen Keuangan PT. Indah Lestari. Hal yang membuat saya mengundurkan diri adalah karena ingin fokus mengurus bayi saya yang baru lahir. Melalui surat ini, saya menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak/Ibu Kepala Departemen Keuangan (boleh sebutkan nama) beserta rekan-rekan dalam departemen.

Saya mohon maaf jika selama bertugas saya melakukan kesalahan-kesalahan, baik disengaja maupun tidak. Semoga departemen Keuangan semakin jaya dan membantu dalam memajukan perusahaan.

Demikian surat pengunduran diri saya. Atas perhatiannya, saya mengucapkan terimakasih.

Hormat saya,

(Nama Anda)


Contoh lainnya adalah sebagai berikut:


Medan, 18 November 2019

Kepada

Yth. Pimpinan

PT. ……….

Medan

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: ………..

Alamat: ……….

Jabatan: ……….

Dengan surat ini, saya berniat untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatan di perusahaan Bapak/Ibu terhitung pada tanggal ……… .

Sebelumnya, saya ucapkan banyak terimakasih sebesar-besarnya karena sudah diberikan kesempatan untuk belajar dan bekerja dengan profesional pada perusahaan Bapak/Ibu. Saya juga mengucapkan terima kasih atas bimbingan yang selama ini telah diberikan baik secara tidak langsung ataupun secara langsung.

Saya mohon maaf sebesar-besarnya karena tidak lagi menjadi bagian dalam perusahaan Bapak/Ibu. Semoga perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin dapat semakin berkembang lagi.

Sekian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran serta atas keinginan sendiri dan tanpa ada paksaan dari siapa pun.

Hormat saya,

(Nama Anda)


Demikianlah contoh surat pengunduran diri yang dapat kami berikan kepada Anda. Dengan membuat surat pengunduran diri yang baik, maka perusahaan tidak akan merasa jika anda adalah karyawan yang tidak memiliki sopan santun. Namun, Anda akan dianggap sebagai karyawan yang memegang teguh profesionalisme.

Baca Juga:
Contoh Surat Berita Acara Lengkap

Leave A Reply

Your email address will not be published.