Cara Berjualan di Tokopedia via Android

Cara Berjualan di Tokopedia

Cara Berjualan di Tokopedia – Sering kita mendengar tentang Tokopedia yang pastinya tak asing lagi buat kita . Kita bahkan setiap hari bisa menjumpai promosi iklan tokopedia dari iklan televisi , pamvlet , iklan di internet dan lain lain. Tokopedia merupakan marketplace startup asli milik indonesia yang didirikan oleh William Tanuwijaya. Sekarang ini Tokopedia sudah menjadi salah satu marketplace terbesar di indonesia dan memiliki pengguna yang cukup fantastis .

Adanya tokopedia tidak hanya menguntungkan pengguna yang ingin berbelanja saja , tetapi bisa menjadi ladang penghasilan buat penjual online . Penjual online bisa menjual produknya keseluruh indonesia juga bersaing dengan penjual lainnya dan pembeli juga akan mendapatkan harga produk yang tentunya lebih murah .

Baca Juga :
Cara mengubah produk di Tokopedia menjadi Pre Order

Tokopedia sendiri bisa dikunjungi melalui websitenya tokopedia.com atau bisa mengunduh aplikasi di App Store maupun Google Playstore. Dengan adanya tokopedia ini sebagai wujud mall online bisa menjadi tempat buat kamu untuk mendapatkan keuntungan disana dengan cara berjualan. Lalu bagaimana cara berjualan di Tokopedia Khususnya melalui Smartphone android ?

Berikut informasi tata cara berjualan di Tokopedia :

Cara Berjualan di Tokopedia

Buat Akun Tokopedia

Membuat akun tokopedia sangatlah sederhana karena tokopedia tidak membedakan akun pembeli maupun penjual . Cara membuat akun berjualan tokopedia sangatlah mudah seperti petunjuk dibawah ini

  • Buka aplikasi Tokopedia di android anda
  • Pilih Menu “Akun” yang berada di pojok kanan bawah, kemudian klik “Daftar
  • Masukan Nomor Ponsel anda atau Email atau anda cukup menautkannya dengan Akun Gmail , Jika sudah klik tombol Daftar

Verifikasi Akun Tokopedia

Setelah melakukan pendaftaran anda akan diminta untuk verifikasi akun . jika anda menggunakan nomor handphone anda akan dimintai verifikasi akun melalui Chat Whatsapp ataupun SMS seperti ambar dibawah . Anda bisa memasukan kode angka yang di kirimkan untuk verifikasi akun tokopedia yang telah anda buat tadi.

Verifikasi akun Tokopedia
Verifikasi akun Tokopedia

Membuka Toko di Tokopedia

Setelah membuat akun tokopedia dan sudah melakukan verifikasi sekarang akun anda sudah bisa digunakan untuk membuka toko dan memasang produk untuk dijual. berikut langkah langkah yang bisa anda ikuti :

  • Masuk ke akun Tokopedia.
  • Kemudian klik Menu Akun kemudian pilih “Buka Toko Gratis”
  • Masukan Nama Toko sesuai keinginan anda dan nama domain sebagai alamat toko seperti www.tokopedia.com/nekopencil
  • Kemudian masukan Kota atau Kecamatan anda beserta Kode Pos
  • Jika sudah anda centang pada bagian Syarat dan Ketentuan dan Kebijakan Privasi Tokopedia
  • Terakhir klik Buka Toko Gratis

Menambah Produk untuk Dijual

Siapkan data yang anda miliki tentang produk yang anda ingin jual seperti Photo , Diskripsi Lengkap , perthitungan harga dan lain lain.

  • Nama Product ” masukan nama product sesuai yang anda jual . seperti jika anda menjual sepatu adidas pria sneakers isilah semua detailnya di nama product seperti berikut ” Shoes Sepatu Adidas Pria / Sneakers / Biru / Murah” kalau bisa sampai karakter untuk mengisi nama produk habis . dan ingat saat produk anda laku nama produk tidak bisa di ubah lagi kecuali di hapus ” 
  • Kategori  “ kategori akan menggolongkan produk anda saat di pencarian . pilihlah sesuai kategori produk anda atau pilih dari rekomendasi kategori yang muncul “
  • Gambar Product ” upload lah 5 gambar produk dengan berbagai sisi dengan tujuan agar pembeli bisa melihat produk anda dengan puas tanpa harus bertanya lagi . gunakan foto asli yang anda ambil sendiri . edit dengan rapi , kalau bisa gunakan frame yang simple .
  • Harga ” masukan harga yang anda inginkan tanpa menggunakan koma dan titik. contoh 15500 “
  • Berat ” isikan berat produk anda, jika produk anda beratnya 500gr tambahkanlah 100gr untuk jaga saat berat bertambah karena pembungkus produk . atau jika produk anda besar gunakanlah berat volume  dengan rumus ; Panjang x Lebar x Tinggi / 6000 . contoh 30cm x 40cm x 30cm / 6000 = 6 kg . jika berat produk anda dibawah 1,2kg terhitung 1kg di kurir. jika berat anda 1.2kg ke atas di bulatkan menjadi 2 kg dan juga berlaku buat 2.2kg 3.2kg 4.2kg dan seterusnyakarna ini sudah peraturan sumua kurir di indonesia. 
  • Pesanan Minimum / Buah ” isilah minimum pembelian sesuai ke inginan anda “
  • Status ” Pilih Stock tersedia . atau bisa di tambahkan jumlah stock , saya sarankan jangan tambah stock biarkan menjadi stock tersedia saja .” 
  • Etalase ” jika produk anda banyak jenisnya seperti sepatu cowok dan sepatu cewek atau jenis atau mereknya anda bisa menggolongkan nya sesuai etalase. etalase berfungsi untuk memisahkan / menggolongkan produk anda”
  • Kondisi ” pilih kondisi barang yang anda jual baru atau bekas “
  • Asuransi ” pilih asuransi opsional tergantung situasi atau langsung beri asuransi “
  • Diskripsi ” jelaskan produk anda dengan semua detailnya dari ukuran jenis merek versi berat dan penjelasan lainnya”
  • Video Produk “ video produk hanya untuk pengguna Gold Mechant ( nanti kita akan bahas ).anda bisa menisipkana video produk anda “
  • Pre Order “jika produk anda akan dibuat saat ada yang membeli baru melakukan produksi dan mendapatkan waktu yang lebih lama anda bisa mengaktifkan fitur ini “

Mengatur Kurir Pengiriman

Pemilihan kurir sangatlah penting , karena semakin banyak pilihan kurir yang tersedia pembeli dengan mudah menentukan tarif pengiriman yang diinginkan dan tak ragu untuk membeli

Untuk mengatur pengiriman anda bisa membuka menu Akun – Setting – Toko – Pengiriman .

Anda bisa mengatur alamat drop point pengambilan paket ataupun jenis pengiriman lainnya .

Baca Juga : Kode Gateway tiap Kota pada J&T Express

Toko Siap Proses Pesanan

Toko anda sudah siap menerima pesanan yang bisa anda proses kapan saja . Anda akan mendapatkan notifikasi baik dari aplikasi maupun email yang terdaftar saat menerima orderan masuk .

Baca :
Cara menjadi Official Store di Tokopedia

Leave A Reply

Your email address will not be published.