Kelebihan Dan Kekurangan Belanja Di Shopee

Berjualan di Shopee

Kelebihan Dan Kekurangan Berbelanja Di Shopee. Perkembangan teknologi membuat banyak kegiatan bisa dilakukan melalui internet. Kegiatan tersebut adalah berbelanja, yang kini sudah bisa dilakukan hanya dengan menggunakan smartphone saja. Shopee menjadi salah satu perusahaan yang menyediakan layanan itu. Platform belanja online ini diluncurkan pada tahun 2015 dan berkantor pusat di Singapura. Meski begitu, Shopee mampu bersaing dengan marketplace lokal asli Indonesia seperti Tokopedia maupun Bukalapak. Hal itu bisa dilihat dari jumlah pengguna yang menggunakan smartphone Android mencapai 50 juta lebih. Belum ditambah mereka yang menggunakan ios atau pengguna web. Shopee menjadi marketplace belanja online yang mengalami perkembangan yang begitu cepat. Perkembangan tersebut berkaitan dengan bertumbuhnya jumlah pengguna dan sistemnya.

Jika Anda sering berbelanja atau akan bebelanja di Shopee, ada baiknya ketahui dulu perihal kelebihan dan kekurangan berbelanja di Shopee. Sehingga Anda yakin akan mendapatkan barang yang sesuai dengan keinginan. Berikut adalah informasi mengenai kelebihan dan kekurangan belanja di Shopee.

shopee
kelebihan dan kekurangan berbelanja shopee

Kelebihan Belanja Di Shopee

Meski tergolong platform belanja online baru, Shopee mampu memberikan layanan terbaik kepada pelanggannya. Oleh karena itu, Shopee tidak pernah sepi dari pembeli yang terus berdatangan setiap harinya.

Memiliki Aplikasi Yang Mudah Digunakan

Saat ini banyak orang lebih menyukai menggunakan aplikasi smartphone untuk melakukan kegiatan sehari-hari daripada website. Shopee sendiri sudah memiliki sendiri aplikasinya yang bisa di download melalui Play Store ataupun Apps Store. Aplikasi yang didominasi warna orange ini, mudah sekali untuk digunakan. Jadi buat yang belum pernah belanja di Shopee, tidak akan menemui kesulitan. Ketika digunakan, aplikasi Shopee cukup ringan sehingga tidak memakan banyak memori. Jangan khawatir jika smartphone yang digunakan memiliki memori kecil.

Cara Pembayarannya Beragam

Salah satu bagian yang harus dipermudah dalam belanja online adalah soal pembayaran. Di Shopee sendiri sudah menyediakan berbagai cara pembayaran besarta langkah-langkahnya. Pengguna bisa melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit, transfer bank, Indomart, Alfamart, Shopeepay, Shopee Paylater, OneKlik, Kredivo, cicilan kartu kredit hingga COD (Cash on Delivery). Ketika akan melakukan pembayaran, pengguna bisa memilih metode pembayarannya sendiri. Petunjuk pembayaran juga akan otomatis muncul. Pengguna hanya perlu mengikuti petunjuk tersebut untuk menyelesaikan proses pembayaran.

Mempunyai Fitur COD (Cash on Delivery)

Bagi pengguna baru atau yang pertama kali berbelanja online, seringkali akan merasa khawatir tentang penipuan. Dengan adanya fitur itu pembeli akan merasa lebih aman ketika bertransaksi. Pembayaran akan dilakukan ketika barang sudah sampai di rumah. Sehingga pembeli dapat mengecek terlebih dahulu apakah barang yang dibeli sesuai atau tidak. Pembeli dapat melakukan opsi pengembalian barang jika menemui barang yang rusak atau tidak sesuai. Jadi ketika barang sampai, pembeli dapat melakukan pengecekan terlebih dahulu.  Fitur COD ini mampu menjadi pilihan yang tepat bagi pembeli yang masih ragu untuk belanja online. Saat ini sudah banyak orang menggunakan fitur COD karena kemudahan dan keamanan yang tadi dijelaskan. Ini menjadi salah satu kelebihan yang paling menonjol yang dimiliki Shopee.

Sering Memberikan Promo Menarik

Shopee memang tidak pelit dalam memberikan promo kepada pembeli. Banyak promo yang disediakan mulai dari cashback, diskon hingga gratis ongkir. Promo tersebut sampai saat ini masih tersedia dan bisa digunakan oleh pengguna. Namun yang paling menarik perhatian ialah soal promo gratis ongkir. Anggapan bahwa belanja online mahal karena terdapat biaya pengiriman tidak berlaku di Shopee. Pembeli bisa mendapatkan gratis ongkir mulai dari Rp. 15.000 hingga Rp. 50.000. Untuk menggunakan promo ini, pembeli harus melakukan transaksi sesuai dengan ketentuan. Jika total belanjaan dari satu toko memenuhi persyaratan, maka otomatis pembeli akan mendapatkan gratis ongkir yang nilainya beragam. Buat yang lagi berhemat, mungkin berbelanja di Shopee dengan memanfaatkan promo-promo yang ada menjadi pilihan yang menarik.

Pembeli Bisa Mendapatkan Uang

Ada berbagai fitur menarik yang disediakan oleh Shopee, salah satunya dropship. Jika belum tau, dropship adalah sebuah metode berjualan barang milik orang lain. Dengan fitur ini, pembeli bisa menjual barang yang ada di Shopee kepada orang lain atas nama pembeli sendiri. Jadi dalam fitur tersebut disediakan form untuk memasukkan nama pengirim dan juga nomor telepon. Form tersebut harus diisi oleh pembeli yang ingin melakukan dropship. Fitur ini bisa menjadi ladang bisnis yang mudah untuk dilakukan. Pembeli yang tadinya akan menghabiskan banyak uang untuk berbelanja, justru bisa menghasilkan uang dari fitur dropship ini. Media sosial seperti Facebook maupun Instagram bisa digunakan untuk memasarkan produk yang akan dijual.

Baca Juga:
Cara Panduan Berbelanja di Shopee

Kekurangan Belanja Di Shopee

Semua platform belanja online yang ada di dunia ini pasti memiliki kekurangan, tak terkecuali dengan Shopee. Kekurang-kekurangan ini diharapkan bisa diperbaiki oleh pihak terkait.

Customer Service Lambat Membalas

Sebagai pembeli tentu berharap adanya bantuan yang cepat dari pihak Shopee ketika terdapat kendala. Namun untuk dukungan pelanggan Shopee sendiri dirasa masih kurang. Perlu beberapa saat untuk mendapatkan balasan. Terkadang balasan tersebut justru sama sekali tidak membantu atau bahkan tidak nyambung. Sehingga masalah yang harusnya bisa selesai dengan cepat, justru malah lama selesainya. Masalah customer service ini memang masih menjadi hal yang harus diperbaiki untuk membuat pembeli merasa nyaman.

Ketentuan Promo Gratis Ongkir Yang Ribet

Bagi pembeli yang melakukan transaksi dengan nominal besar, tak perlu pusing untuk menikmati promo ini. Dengan jumlah nominal belanjaan yang besar, promo gratis ongkir akan diperoleh secara otomatis. Lalu bagiamana dengan pembeli yang tidak membeli dalam jumlah besar. Ketentuan untuk mendapatkan gratis ongkir pun tidak bisa didapatkan. Jadi promo gratis ongkir tidak bisa dikatakan bisa dinikmati oleh siapapun. Selain itu, keterbatasan promo gratis ongkir sering dikeluhkan oleh pembeli. Terkadang saat membeli sesuatu dan ingin menggunakan promo ini, justru tidak bisa digunakan lagi. Jika hal ini bisa dipermudah dan diperbanyak, bukan tidak mungkin pengguna Shopee akan bertambah banyak.

Sering Menemui Penjual Yang Kurang Baik

Penjual Shopee sendiri bukan berasal dari perusahaan itu sendiri, melainkan dari perorangan atau perusahaan yang memiliki brand. Di Shopee seringkali menemui penjual khususnya yang berasal dari perorangan kurang baik dalam melayani pembelinya. Hal itu dimulai dari pesan yang dibalas seadanya, stok tidak sesuai dengan yang tertera, hingga pengiriman yang tidak rapi. Pihak Shopee sendiri dapat memberikan edukasi kepada para penjual untuk dapat memberikan pelayanan terbaik kepada pembeli. Dengan begitu, pembeli akan merasa nyaman ketika berbelanja di marketplace ini.

Demikian artikel mengenai kelebihan dan kekurangan belanja di Shopee. Di Indonesia ini ada beberapa marketplace besar, Shopee menjadi salah satu yang paling sering memberikan promo. Sehingga penggunannya pun akan semakin bertambah. Kelebihan dan kekurangan belanja di Shopee yang telah dijabarkan diharapkan dapat menambah wawasan Anda sebelum belanja di Shopee.

Leave A Reply

Your email address will not be published.