Kelebihan dan Kekurangan Berjualan Online di Shopee

Berjualan di Shopee

Maraknya perkembangan ecommerce di Indonesia menjadikan sebagian besar pasar offline harus lebih bekerja keras untuk mendapatkan customer atau pelanggan. Hal ini tentu akan sangat berpengaruh terhadap daya beli konsumen terhadap pasar offline seperti toko-toko konvensional sama halnya menyediakan produk serupa, hanya saja yang membuatnya berbeda adalah kemudahan dalam membeli produk atau suatu barang cukup menggunakan smartphone atau PC dari rumah. Nah di artikel ini kami tidak akan membahas perbedaan dari pasar offline dan ecommerce, melainkan lebih ke informasi kelebihan dan kekurangan ketika berjualan online di salah satu ecommerce terbesar di Indonesia yaitu Shopee, tentu saja semua orang sudah mengenal apa itu Shopee dan apa kelebihannya serta kekurangannya ketika berbelanja maupun berjualan di aplikasi tersebut. Berikut ini adalah informasi selengkapnya.

Mengapa Harus Berjualan di Shopee ?

Berjualan di Shopee

Shopee sendiri merupakan salah satu ecommerce dari ribuan ecommerce di Indonesia yang memiliki banyak keunggulan baik dari segi fitur hingga customer yang jumlahnya jutaan setiap hari. Hal ini yang membuat pelaku usaha UKM maupun pebisnis biasa bergabung dengan shopee untuk memasarkan produk mereka ke jangkauan pasar yang lebih luas. Karena kita tahu hingga saat ini di Indonesia perilaku masyarakat cenderung lebih suka berbelanja secara online karena dirasa lebih simple dan mudah dibandingkan keluar rumah untuk pergi berbelanja, walaupun sebagian besar lainnya masih banyak yang melakukan itu. Nah untuk melihat apa saja kelebihan dan kekurangan berjualan di shopee khususnya untuk anda yang ingin mengembangkan usaha bersama ecommerce Shopee bisa langsung simak ulasannya dibawah ini.

Apa sih kelebihan berjualan di Ecommerce Shopee ?

Dari sekian ratus ribu orang yang bergabung dengan shopee untuk berjualan secara online tentu hal pertama yang menjadi tujuan mereka adalah memudahkan pemasaran produk-produk mereka di pangsa pasar yang jauh lebih luas, sehingga dari tujuan tersebut tercapailah keuntungan yang jauh lebih besar dibandingkan berjualan secara offline. Nah sekilas silahkan simak dibawah ini.

Mempromosikan produk

Kelebihan pertama yang bisa anda rasakan ketika berjualan online di aplikasi Shopee adalah tersedianya fitur untuk Up atau bahasa lainnya “ menaikkan produk “ di paling atas, tujuan dari fitur ini adalah memprioritaskan produk anda dari marketplace lain sehingga mudah di jangkau calon pembeli atau konsumen. Sistem seperti ini tentu akan sangat menguntungkan, disisi lain produk akan cepat laris dan nama marketplace anda juga mudah di ingkat. Namun fitur ini tidak bisa didapatkan secara gratis, butuh modal juga untuk meng-UP suatu produk ke paling atas, kembali lagi dikarenakan kompetitornya yang begitu ketat.

Fitur Chat Langsung

Kelebihan lainnya yang wajib untuk diketahui para seller atau calon penjual di aplikasi Shopee adalah mengenai fitur chat langsung. Fitur ini sangat bermanfaat sekali bagi banyak penjual karena bisa langsung berinteraksi atau berkomunikasi dengan calon pembeli ketika mereka ingin menanyakan stock produk, alamat pengiriman dan lain sebagainya. Pastinya fitur live chat akan berguna untuk para pebisnis UKM online.

Transaksi Jual Beli Paling Besar

Hal penting yang menjadikan aplikasi ini banyak diminati para pebisnis UKM atau pengusaha produk tertentu adalah transaksi jual belinya yang begitu besar setiap hari. Bahkan hampir 3 juta lebih produk yang laku dijual di shopee meliputi kategori produk kosmetik, pakaian, gadget dan beberapa jenis produk lainnya. Nah yang paling menguntungkan lagi ketika HARBONALS atau Hari Belanja Nasional tiba, maka siap-siap untuk memasang produk-produk terbaik anda, dijamin laku keras di hari tersebut.

Upload Gambar Produk Sebanyak Mungkin

Cara pertama untuk membangun kepercayaan dari pembeli tentu dengan memasang produk dengan gambar orisinil artinya gambar asli dari produk yang anda miliki, jika anda sebagai penjual ingin menjual “ kaos “ contohnya maka jualah dengan gambar asli sesuai dengan kondisi dari barang tersebut. Nah di aplikasi ini anda bisa memasang setidaknya paling banyak 9 gambar, nah dari sini tentu pembeli bisa melihat secara detail produk yang hendak dibeli sehingga tidak perlu tanya-tanya kembali. Fitur seperti ini penting karena sistemnya jual beli online, berbeda ketika buyer datang langsung ke toko anda untuk melihat produk.

Fitur Lengkap Untuk Pebisnis UKM

Anda tidak perlu khawatir, setiap produk yang anda jual “ bukan makanan langsung “ semuanya memiliki kategori masing-masing sehingga dalam hal ini fitur shopee juga disesuaikan dengan kebutuhan jenis barang yang anda jual. Sebagai contoh disini anda ingin menjual barang berupa “ pakaian pria “ maka yang dibutuhkan tentu merk, ukuran atau size, desain dan lain sebagainya. Nah di aplikasi Shopee sudah tersedia fitur tersebut hingga penjual hanya tinggal menyesuaikan saja dengan produk yang mereka jual.

Nah kalau kita sudah melihat dan membaca sebagian dari kelebihan aplikasi Shopee, lantas apa yang menjadikan kekurangan dari aplikasi ini ? yuk simak baik-baik informasinya dibawah ini.

Baca Juga :
Kode Gateway tiap kota dalam resi J&T Express

Apa sih kekurangan berjualan di aplikasi Shopee ?

Seperti pada umumnya, dimana ada kelebihan pasti ada kekurangan juga, walaupun aplikasi Shopee sudah dikenal jutaan umat di Indonesia bahkan dunia tetap saja memiliki kekurangan. Pastinya kekurangan ini banyak dirasakan oleh para penjual yang masih baru mencoba atau sudah lama menggunakan aplikasi Shopee. Berikut adalah informasinya.

Tampilan Deskripsi Produk

Pertama yang menjadi kekurangan dari aplikasi shopee ini sebenarnya terletak dari hal-hal sepele seperti penggunaan fitur paragraf dan font pada bagian deskripsi yang membuat mata calon konsumen tidak nyaman karena bisa dibilang cukup hard untuk penggunaan fontnya. Mungkin akan lebi halus atau soft ketika font diganti dan fitur tata letaknya sedikit dirapikan.

Pencairan Dana Ke Rekening

Umumnya ketika ecommerce seperti shopee dengan jutaan seller memiliki waktu tersendiri untuk memproses penghasilan dari seller ke rekening mereka masing-masing. Biasanya maksimal sekitar 7 hari kerja tidak terhitung untuk sabtu dan minggu, namun bisa seringkali menjadi lebih lama . Nah mungkin kedepannya shopee bisa menambahkan fitur penarikan dana yang cepat dan otomatis sehingga seller bisa mempunyai dana untuk menstock produk kembali.

Butuh Modal di Awal

Nah maksud dari butuh modal diawal berjualan tentu membuat para penjual berpikir kembali kenapa harus mengeluarkan modal kalau kita bisa berjualan langsung ? nah begini penjelasanya, ketika anda berhasil menjual barang seperti contoh pakaian maka diharuskan terlebih dahulu setelah 3 hari harus upload resi pengiriman ke Shopee sebagai tanda bukti bahwa anda sudah mengirimkan barang ke customer yang mengorder pesanan, jadi resi itu sangat penting untuk bukti kepada pihak shopee. Nah setelah itu barulah anda menerima pembayaran yang nantinya masuk ke akun shopee anda, selang 3 hari sebelum dana pembeli masuk ke akun anda, tentu anda membutuhkan modal untuk menyiapkan produk lainnya bukan ? Terkhusus untuk kurir pengiriman J&T kita sebagai penjual tidak perlu meminjami uang ongkir terlebih dahulu.

Nah semoga fitur seperti ini bisa ditingkatkan kembali sehingga para seller juga bisa mendapatkan kenyamanan untuk tetap berjualan di aplikasi Shopee.

Itulah kelebihan dan kekurangan berjualan di Shopee yang bisa jadi bahan pertimbangan teman teman jika ingin berjualan di marketplace terbesar di indonesia ini

Leave A Reply

Your email address will not be published.