Cara Menampilkan FPS di Game Steam

FPS atau kepanjangannya Frame Per Second adalah sebutan untuk berapa banyak frame ( gambar ) tiap detiknya dalam perangkat komputermu. Semakin banyak atau semakin tinggi frame yang dihasilkan perangkatmu, maka gerakan yang dihasilkan akan semakin halus dan lancar.

FPS dalam game dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain Video Graphic dan Monitor. Pada umumnya FPS dibilang mencapai angka minimum playable adalah 30 Hz, sedangkan untuk rekomendasi rata rata mencapai 60 Hz. Jika kamu mendapatkan FPS diatas 60 Hz namun monitor kamu maksimum hanya bisa sampai 60 Hz maka yang terlihat hanyalah 60Hz.

Untuk publisher game besar seperti Steam sendiri sudah menyiapkan beragam fitur untuk penggunannya salah satunya iyalah untuk melihat FPS tanpa harus menambahkan aplikasi pihak ketiga.

Cara Menampilkan FPS di Game Steam

Time needed: 5 minutes.

Berikut cara mengaktifkan fitur FPS Counter di Steam untuk melihat Frame Per Second saat bermain game dari Steam :

  1. Buka Aplikasi Steam – Setting

    Buka aplikasi Steam kalian, kemudian pilih Settings.
    setting steam

  2. Pilih menu In-Game – In-Game FPS Counter

    Kemudian pilih menu In-Game, setelah itu pada bagian In-Game FPS Counter ubah dari Off ke lokasi FPS Counter muncul dimonitor sesuai keiinginanmu. Jika sudah kamu bisa tekan OK.
    fps counter steam

  3. Buka Game dari Steam Library dan Lihat hasilnya

    Selanjutnya kamu bisa mencoba membuka game dari steam library kamu dan bisa dilihat hasilnya, Angka FPS akan muncul sesuai posisi yang anda pilih di pengaturan sebelumnya.
    FPS pada Dota 2

Baca Juga :
Cara Memindahkan Game Steam ke Drive Lain

Nah itulah cara menampilkan FPS menggunakan fitur bawaan dari aplikasi Steam dengan mudah dan tanpa menggunakan aplikasi pihak ke tiga. Jika ada pertanyaan silahkan tulis dikolom komentar agar kami bisa membantu permasalahanmu. Happy Gaming …..🎮 .

Leave A Reply

Your email address will not be published.