Cara Memindahkan Game dari Steam ke Komputer Lain

Memindahkan game di Steam dari komputer yang sudah terinstall ke komputer lainnya tidak bisa hanya mencopy file game tersebut. Saat melakukan copy dan menaruh di harddisk lain. Steam sendiri memberikan fitur untuk kamu membackup dan merestore folder data Game Steam kamu.

Steam juga akan membuat compress data file menjadi lebih sedikit sehingga membantu untuk pemindahan.Kamu pun bisa membuat Part-part backup file game tersebut dalam beberapa ukuran pecahan sesuai kebutuhan atau menyesuaikan perangkat pemindah seperti CD ( dengan ukuran 640MB ) atau DVD ( dengan ukuran 4.7GB) yang memiliki ukuran terbatas.

Catatan :
Game yang telah dibackup dan direstore ke komputer lainnya hanya bisa digunakan untuk akun sebelumnya atau untuk akun lain harus memiliki lisensi game tersebut atau juga game tersebut adalah Free to Play.

Baca Juga :
Cara Memindahkan Game Steam ke Drive Lain
Cara Membeli Steam Wallet di Shopee

Cara Backup dan Restore Game Steam ke Komputer Lain

Cara Backup Game Steam

  1. Buka aplikasi Steam pada komputer kamu kemudian pilih menu Steam – Backup and Restore.
backup and restore games in steam
backup and restore games in steam
  1. Kemudian pilih Backup currently installed programs dan klik NEXT . Setelah itu pilih Game atau aplikasi dari Steam yang terinstall di komputer.
backup game steam
backup game steam
  1. Selanjutnya buat folder untuk meletakkan file yang ingin dibackup. Dan juga pastikan Space mencukupi.
folder letak file backup
folder letak file backup
  1. Beri nama backup file dan pilih size jika ingin dikompress dan membuat ber part part dengan cara File Size – Custom – masukan ukuran file yang kamu inginkan.
Backup
Backup
  1. Tunggu proses backup file hingga selesai. Jika sudah selesai kamu bisa klik open backup folder, kamu bisa mengcopy seluruh folder tersebut ke flashdisk atau harddisk lainnya untuk memindahkan ke komputer tujuan untuk direstore.
proses backup steam
proses backup steam

Cara Restore Game Steam

  1. Pastikan kamu sudah menginstall Aplikasi Steam di komputer yang ingin melakukan restore game. kemudian buka aplikasi Steam dan pilih Menu Steam – Backup and Restore.
backup and restore games in steam
backup and restore games in steam
  1. Selanjutnya pilih Restore a previous backup. Kemudian pilih folder backup yang telah kamu pindahkan dari komputer pertama sebelumnya. Jika sudah klik Next
restore game dari steam
restore game dari steam
  1. Centang create shortcut jika diperlukan dan klik Next, tunggu proses restore selesai.
proses restore game steam
proses restore game steam

Kini proses Restore telah selesai dan sudah bisa kamu gunakan di komputer baru. Dengan fitur ini kamu bisa membackup semua game di Steam dari komputer yang sudah terinstall ke komputer lainnya dengan mudah dan aman dari resiko corrupt file.

Leave A Reply

Your email address will not be published.