Apa itu Dividen? Jenis, Tanggal, Dampak dan Penjelasan Lengkap Dividen

Apa itu Dividen? Dividen adalah pembagian keuntungan perusahaan kepada para pemegang sahamnya. Distribusi ini dapat berbentuk tunai atau lot saham tambahan. Jumlah biasanya diputuskan oleh devan direksi atau saat rapat umum pemegang saham (RUPS) dan bervariasi tergantung perusahaan masing-masing. Dividen biasanya dibagi sekali setiap kuartal ataupun satu tahun sekali. Beberapa perusahaan membayar dividen dan beberapa yang tidak.

Perusahaan yang matang akan membayar dividen karena investor menyukai pendapatan tetap yang diberikan kepada mereka. Dividen juga merupakan tanda bahwa manajemen memiliki pandangan yang positif terhadap perusahaan tersebut.

Perusahaan yang masih dalam masa pengembangan bisnisnya biasanya tidak mengeluarkan dividen. Karena jenis perusahaan ini menginvestasikan kembali keuntungannya untuk memperbesar modal perusahaannya lebih lanjut, alih-alih mendistribuskian ke dalam dividen. Hal ini karena manajemen pertumbuhan perusahaan percaya bahwa berinvestasi untuk pertumbuhan masa depan akan memberikan pengembalian investasi yang lebih tinggi lagi. Semakin banyak investasi kedalam bisnis yang dilakukan, pendapatan perusahaan akan ikut bertumbuh dan harga saham perusahaan juga akan ikut meningkat. Kadang pula perusahaan yang sudah sangat besar juga dapat memutuskan untuk tidak mengeluarkan dividen, dan menggunakan arus kas tersebut untuk berbagai proyek, seperti memperoleh aset baru atau aktivitas lainnya. Maka dari itu membuat keputusan untuk mulai membayar dividen atau meningkatkan dividen yang ada adalah keputusan yang sangat serius. Namun juga sangat sulit bagi perusahaan untuk mengurangi ataupun menghentikan pembayaran dividen. Jika hal tersebut terjadi menandakan pasar bahwa prospek perusahaan sedang tidak sehat.

Misalnya, perusahaan matang Unilever berkode UNVR tahun 2020 membagikan dividennya kepada pemegang saham sebesar Rp 100. Dan karena pada awal 2021 Unilever mengalami pelemahan harga saham hingga 34%, pada tahun 2021 pun dividen unilever menurunkan jumlah dividennya menjadi Rp 66 per lembarnya.

Jenis-Jenis Dividen

Dividen memiliki dua jenis bentuk yang dibayarkan kepada pemegang saham yaitu melalui Uang Tunai atau Lembar Saham. Namun perusahaan juga dapat mengeluarkan dividen campuran uang tunai dan lembar saham.

Selain jenis metode pemabayaran, ada pula berbagai jenis dividen, yaitu :

  • Dividen bersama Ini diberikan kepada semua pemegang saham biasa
  • Dividen preferen Ini diberikan kepada pemegang saham preferen, kelas pemegang saham yang berhak atas dividen preferen
  • Dividen Spesial khusus dibayarkan di luar kebijakan dividen reguler perusahaan. Ini biasanya karena kelebihan keuntungan yang diperoleh selama periode itu yang menyebabkan kelebihan uang tunai.

Tanggal Dividen yang perlu diperhatikan

  • Tanggal Pengumuman : Dividen diumumkan oleh management pada tanggal pengumuman dan harus disetujui oleh pemegang saham sebelum dapat dibayarkan.
  • Cum Date (cumulative date) : Sebuah tanggal yang menentukan bagi para investor yang berhak mendapatkan dividen dari sebuah emiten. Jika investor melakukan pembelian saham melewati tanggal cum date, maka investor tidak berhak mendapatkan dividen.
  • Ex Date : tanggal dimana sudah melewati hari cum date. maka dari itu jika investor membeli saham saat periode ex date, maka dia tidak berhak mendapatkan dividen perusahaan tersebut.
  • Recording Date : dimana waktu pencatatan investor saham untuk mendapatkan dividen.
  • Tanggal Pembayaran : perusahaan akan membayar dividen pada tanggal pembayaran, yaitu saat uang akan dikreditkan ke rekening investor.

Dampak Dividen terhadap Harga Saham

Banyak faktor yang menyebabkan adanya pergerakan harga saham. Namun secara teori pembayaran dividen akan berdampak pada harga saham.

Saat sebelum cum date pastinya banyak investor yang membeli saham tersebut untuk mendapatkan dividen yang mengakibatkan nilai saham tersebut naik. Namun saat ex date, banyak juga trader yang menjual sahamnya setelah memanfaatkan moment kenaikan harga saham sebelum cum date tersebut untuk dijual kembali.

Ringkasan

Dividen penting untuk investasi jangka panjang. Saat anda menerima dividen saham anda dapat menyimpan saham tambahan tersebut untuk menumbuhkan investasi di perusahaan tanpa dikenakan pajak.

Hampir tidak mungkin untuk hanya menggunakan dividen sebagai pemilihan keputusan untuk menentukan apakah suatu perusahaan layak untuk diinvestasikan. Tetapi jika sebuah perusahaan secara konsisten memberikan pendapatan dan dividennya di masa lalu, ada kemungkinan besar bahwa mereka akan terus melakukannya di masa depan. Ini memungkinkan Anda untuk menghitung hasil dividen yang diharapkan.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.