4 Tips Keuangan Yang Bisa Kamu Terapkan

Dijaman sekarang ini, salah satu hal yang wajib dilakukan adalah mengatur financial sebaik-baiknya. apalagi dimasa pandemi seperti sekarang kita dihadapkan masalah ekonomi yang tidak menentu. Oleh karena itu kita harus bisa mengatur keuangan kita sebaik mungkin. Nah, nekopencil memberikan kamu tips nih untuk mengatur keuangan yang bisa kamu terapkan yang sudah dijelaskan dibawah ini :

1. Pengeluaran harus lebih kecil dari Pemasukan

Jangan pernah membanding-bandingkan keuangan kamu dengan keuangan orang lain, terutama lifestyle kamu dengan orang diatas kamu. Karena jika kamu terus membandingkan, maka itu tidak akan pernah selesai, kita akan terus terus dan terus pengen lifestyle kamu lebih tinggi lagi. Dan jangan pernah mengeluarkan lebih banyak uang daripada pemasukan kamu.

2. Uang itu soal Kebiasaan, Komitmen, dan Fokus

Hubungan dengan uang adalah hubungan kebiasaan, jadi semua ini harus dibiasakan. Kalau misalkan dari kecil kamu biasa boros memang agak susah mengubah kebiasaannya ketika sudah beranjak dewasa. Makanya perlu komitmen dan perlu fokus. Jangan kamu stress sedikit terus belanja, tapi gimana caranya kamu bisa maintenance / mengatur dengan cara lain. Jika kamu stress dikit bisa melakukan meditasi atau ngobrol sama teman. Jadi gimanapun caranya kebiasaan-kebiasaan kamu yang tidak sehat dengan uang itu bisa berubah menjadi lebih baik karena kamu punya kebiasaan yang baru dan fokus menjalani itu.

3. Hemat aja gak cukup, harus cari Pendapatan Tambahan

Kita waktu sekolah sering dibilangin ” Hemat Pangkal Kaya” tapi jaman sekarang kalau hemat saja itu gak bisa. Caranya kalau kita ingin jadi orang yang kaya atau ingin memiliki uang yang lebih dan bisa hidup lebih enak itu dengan cara Menambah Pendapatan. Jadi jaman sekarang itu hampir tidak mungkin menabung terus membeli rumah. Kalau kamu kerja di Jakarta dengan gaji UMR di jakarta, beli rumah dijakarta itu tidak mudah. Nah caranya adalah kita bekerja di satu tempat dan kita harus mencari penghasilan tambahan. Jaman sekarang banyak pilihan yang bisa mendapatkan penghasilan tambahan, mulai dari jadi Youtuber, Blogger, Online Shopping, dan lainnya. Jadi kalau ingin hidup lebih enak ya harus mencari penghasilan tambahan.

4. Nabung di Awal Bulan dan pisahin Rekening Tabungan

Jangan pernah nabung di akhir bulan. Jujur saja kalau kita menabuh di akhir bulan uang kita akan sisa sedikit. Nah kalau mau nabung lebih baik diawal bulan dan kita tuh bisa set target setiap bulan tuh kita nabung berapa persen. Menurut para ahli keuangan minimal nabung itu 10% dari total pendapatan. Dan kalau bisa naikin peresentase tabungannya lebih baik misal 50% dari pendapatan. Jikanya cuma bisa 10% saja itu sudah bagus banget. Dan uang yang kita tabung lebih baik kita langsung pindahkan ke rekening khusus tabungan. Kalau bisa rekening pribadi itu tidak cuma satu. Karena kalau punya satu, semuanya itu bakal campur aduk dan susah banget kita untuk mengatur keuangan kita.

2 Komen
  1. Andin berkata

    Halo, mau tanya kak. Gimana caranya manage uang untuk online shop? Mulai dari modal, uang pribadi jadi tidak stuck dan bisa balik modal. Mungkin berkenan untuk dibuat artikel. Terima kasih semoga dapat terbaca sama adminnya

    1. vandrask berkata

      baik kak, tunggu artikel selanjutnya untuk mengatur keuangan yang ingin berjualan online shop.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.