Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 Sekolah Dasar

Pidato adalah suatu kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi agar dapat menyatakan pendapatnya atau memberi suatu gambaran yang berisi informasi tentang suatu hal yang disampaikan kepada banyak orang.

Pernahkah kamu menjadi ketua kelompok dalam diskusi di sekolah maupun di dalam organisasi apapun? Ketua dalam sebuah kelompok harus memiliki jiwa pemimpin. Salah satu keahlian yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin adalah kemampuan dalam berpidato, karena biasanya pidato umumnya dipakai oleh seorang pemimpin untuk berorasi dan memimpin di depan banyak anak buahnya atau di depan banyak orang. Saat berpidato, diperlukan adanya orator dan audiensi. Orator merupakan orang yang berpidato, sedangkan audiensi merupakan orang yang mendengarkan orator berpidato.

Pidato juga merupakan suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Teks pidato biasanya berisi tema-tema tertentu, misalnya teks pidato  tentang menyambut hari besar, pidato pembangkitan semangat, pidato tentang peringatan hari gerakan satu juta pohon, dan teks pidato lainnya.

Nah terkadang sekolah memberikan tugas ke muridnya untuk membuat pidato perpisahan kelulusan kelas 6 sekolah dasar. Untuk itu nekopencil membantu memberikan refrensi pidato perpisahan sekolah tersebut . Berikut contohnya.

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6

Contoh Pertama Pidato Perpisahan Kelas 6

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang saya hormati,

 Bapak Kepala Sekolah (sebut nama kepala sekolah)

Para  guru dan staf sekolah (sebut nama sekolah)

Para orang tua/ wali murid yang terhormat

Teman dan adik kelas yang saya cintai

Pertama -tama kami ucapkan puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT yang memberikan rahmat-Nya bagi kita semua. Karena hari ini kita dapat berkumpul di acara ini untuk merayakan perpisahan. Dan tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada para guru yan telah membimbing dan mengajarkan ilmunya dalam 6 tahun terakhir. Semoga Allah SWT selalu menghargai dan membalas semua jasa bapak dan ibu guru sekalian.

Pada kesempata ini, saya selaku murid kelas 6 mewakili teman-teman dari kelas 6, juga meminta maaf atas semua kesalahan yang kami lakukan di masa lalu atas perilaku kami, yang dapat mengganggu atau menyinggung perasaan bapak dan ibu guru. Saya harap bapak dan ibu guru selalu memaafkan semua kesalahan kami.

Kami juga berpesan kepada adik kelas, kami berharap kalian akan tetap rajin belajar dengan tekun. Ambil contoh yang baik dari kami dan buang contoh yang kurang baik tentang kami.

Yang terakhir, kami memohon doa restu dari bapak dan ibu guru dan semua hadirin di acara ini, untuk melanjutkan ke sekolah menengah terbaik yang ada di kota ini.

Demikianlah yang saya bisa sampaikan, mohon maaf jikalau ada perkataan yang tidak pas di hati bapak dan ibu guru serta para hadirin yang hadir di acara yang bahagia ini.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh Kedua Pidato Perpisahan Kelas 6

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang terhormat,

Bapak kepala sekolah

Bapak dan ibu guru

Bapak dan ibu wali murid yang saya hormati

Teman-teman dan adik kelas yang saya cintai

Di pagi hari ini marilah kita panjatkan puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas semua rahmat-Nya, sehingga kita dapat berkumpul di acara ini dengan sehat jasmani dan rohani.

Saya disini mewakili teman-teman kelas 6 mengucapkan terima kasih kepada kepala sekolah, bapak dan ibu guru beserta orang tua murid untuk menghadiri acara perpisahan ini.

Sesungguhnya, saya dan teman-teman kelas 6 berat sekali menyampaikan pidato ini. Kami sedih, karena kami harus berpisah dari guru, teman dan adik-adik kelas. Namun, ini adalah waktu juga yang membatasi kita bersama.

Untuk para guru yang terhormat, kami sangat berterima kasih karena bapak dan ibu guru telah mendidik kami dengan baik. Memberikan ilmu pengetahuan yang kami terima sangat berharga untuk mencapai tingkat selanjutnya. Semua didikan dan pelajaran dari bapak dan ibu guru akan selalu kami ingat sampai sisa hidup kami.

Dan tak lupa kami juga meminta maaf kepada bapak dan ibu guru yang telah sabar membimbig kami setiap hari. Kami menyadari bahwa banyak perilaku kami selama di sekolah yang dapat menggangu dan menyinggung bapak dan ibu guru.

Kepada adik kelas, belajarlah dengan tekun, hargailah waktu kalian di sekolah ini, hormati semua guru di sekolah ini. Kami ingin kalian menjadi pelajar yang rajin dan giat mencari ilmu.

Dan untuk orang tua kami yag tercinta, terima kasih telah mencintai dan menyayang kami, terima kasih atas kesediaannya untuk mengirim kami ke sekolah dan terima kasih atas pendidikan  yang telah diberikan kepada kami.

Bagaimanapun hanya itu yang dapat saya sampaikan, mohon maaf uang sebesar-besarnya jika ada kata-kata yang tidak berkenan di hati para hadirin di acara perpisahan ini.

Sekian dari saya,

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.