Contoh Pidato Singkat Berbagai Topik / Tema

Pidato adalah suatu ungkapan dengan susunan kata maupun kalimat yang baik dan sopan untuk menyampaikan sesuatu kepada khalayak. Pidato singkat sering kali digunakan di dalam acara formal maupun informal.

Bagi kamu yang masih pemula dan bingung untuk membuat susunan kata pidato singkat kamu bisa melihat refrensi contoh pidato singkat yang telah kami sediakan dibawah ini.

Daftar Contoh Pidato

Contoh Pidato TentangKejujuran Dalam Belajar di Sekolah

Berikut contoh pidato tentang pendidikan Kejujuran Dalam Belajar di Sekolah yang bisa dibacakan oleh para siswa saat mengikuti ujian praktek bahasa indonesia berpidato.

Assalamuaalaikum Wr Wb.

Pertama-tama marilah kita semua panjatkan bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT. Atas berkat serta karuniaNya kita semua pada hari ini telah diberikan nikmat sehat wal’afiat. Tak lupa juga kita haturkan shalawat dan salam kepada junjungan Nabiyullah Muhammad SAW. Kepada keluarganya, dan para sahabatnya serta kita semua sebagai umatnya.

Belajar merupakan kewajiban setiap manusia untuk menuntut ilmu dan menjadi manusia yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Seperti kita disini di sekolah kita belajar bersama-sama. Kita belajar di sekolah mulai tingkat dasar hingga yang paling tinggi sesuai kemampuan. Dalam belajar di dalam sekolah pentingnya kita menerapkan kejujuran.

Sering kali kita belajar di sekolah tanpa menerapkan kejujuran seperti mencontek saat ujian ataupun saat mengerjakan tugas. Padahal kita bersekolah bukan di tuntut untuk mengejar nilai atau mendapatkan ijazah dengan cara apapun. Tapi kita bersekolah hanya untuk memahami dan mengerti apa yang kita pelajari. Jika kita memang tidak mampu atau tidak mengerti mengerjakan tugas maupun ujian berarti kemampuanmu belum siap untuk menerima ilmu ketingkat selanjutnya dan menetap sementara untuk memahaminya kembali.

Dengan menerapkan kejujuran dalam belajar kamu akan memahami sertiap ilmu yang dipelajari. Tanpa kejujuran kita hanya berjalan di kegelapan tanpa tau arah.

Demikian saja yang dapat disampaikan untuk saat ini. Semoga dari banyaknya kalimat yang keluar dari bibir ini terdapat manfaatnya bagi kita dalam menerapkan kejujuran dalam belajar di sekolah. Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan ini dan memohon maaf apabila ada kesalahan.

Wassalamuaalaikum Wr Wb.

Contoh Pidato Tentang Menjaga Kesehatan

Berikut contoh pidato kepada masyarakat untuk melakukan himbauan mengatasi masalah kesehatan seperti wabah pandemi.

Assalamuaalaikum Wr Wb.

Pertama-tama marilah kita semua panjatkan bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT. Atas berkat serta karuniaNya kita semua pada hari ini telah diberikan nikmat sehat wal’afiat. Tak lupa juga kita haturkan shalawat dan salam kepada junjungan Nabiyullah Muhammad SAW. Kepada keluarganya, dan para sahabatnya serta kita semua sebagai umatnya.

Ditengah merebaknya virus pandemi corona atau covid-19 di seluruh dunia yang sudah masuk kewilayah negara indonesia. Saya sebagai bagian dari pemerintahan daerah menghimbau seluruh warga kecamatan kenjeran untuk melakukan langkah-langkah pencegahan penyebaran penyakit pandemi ini.

Jika memiliki gejala seperti demam diatas 37 derajat, batuk atau sesak nafas, segera ke puskesmas atau rumah sakit rujukan untuk meminta melakukan tes kesehatan.

Sesuai anjuran pemerintah kita diwajibkan melakukan beberapa hal antara lain seperti menggunakan saat keluar rumah, sering melakukan cuci tangan dengan sabun, batuk atau bersin dengan menggunakan etika, melakukan jaga jarak sekitar 1 meter, keluar rumah saat keperluan penting saja dan jaga kebersihan lingkungan.

Demikian saja yang dapat disampaikan untuk saat ini. Semoga kita dan orang-orang tercinta terhindarkan dari penyakit pandemi ini. Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan ini dan memohon maaf apabila ada kesalahan.

Wassalamuaalaikum Wr Wb.

Contoh Pidato Tentang Menyambut Kemerdekaan

Berikut contoh pidato menyambut kemerdekaan dengan tema generasi muda penerus kemerdekaan. Biasanya saat melakukan pidato tentang kenegaraan pada salam pembuka bisa menggunakan salam lintas agama yang sah dianut di indonesia.

Assalamualaikum. Salam sejahtera bagi kita semuanya, Shalom. Om Swastiastu. Namo Buddhaya. Salam Kebajikan.

Pertama-tama kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan yang telah memberi rahmat dan hidayahnya kepada kita semua yang bisa berkumpul di kesempatan ini.

Sebagaimana yang sama-sama kita ketahui hari ini kita berkumpul dan melakukan pengibaran bendera merah putih dalam rangka merayakan hari kemerdekaan bangsa indonesia yang ke 74. Kemerdekaan hasil dari para pahlawan yang telah berjuang bertumpah darah untuk lepas dari penjajahan. Sungguh tak ternilai jasa para pahlawan kita.

Kita sebagai generasi milenial harus bisa melanjutkan semangat perjuangan para pahlawan untuk mempertahankan kemerdekaan indonesia sesuai keahlian bidang masing-masing. Marilah kita sama-sama berjuang demi bangsa indonesia ini dengan segenap jiwa raga.

Demikian sekiranya beberapa patah kata yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa menjadikan kita semua sebagai generasi muda yang tangguh dan bersahaja yang mengisi kemerdekaan indonesia. Karena sesungguhnya mengisi dan mempertahankan kemerdekaan lebih berat daripada memperjuangkan kemerdekaan. Seperti kata Ir Soekarno ” perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah tapi perjuanganmu lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.” Marilah kita terus berdoa dan berjuang sekiranya Tuhan selalu bersama kita. Merdeka.

Wassalamuaalaikum Wr Wb.

Leave A Reply

Your email address will not be published.