Contoh Teks Deskripsi Tentang Alam

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Deskripsi adalah pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci. Jadi, pengertian teks deskripsi adalah teks yang berisi pemaparan atau penggambaran yang detail seolah-olah pembaca dapat membayangkan objek atau tempat yang digambarkan dalam teks tersebut.

Ciri-Ciri Teks Deskripsi

Teks deskripsi memiliki ciri-ciri yang membedakan dengan teks lainnya, antara lain:

  • Menggambarkan atau melukiskan sesuatu
  • Topik yang berupa objek atau benda digambarkan sejelas-jelasnya dengan melibatkan kesan indera, seperti penglihatan, pendengaran, penciuman dan lain-lainya
  • Membuat pembaca atau pendengar merasakan sendiri atau mengalami sendiri dengan seolah-olah mereka terbawa dalam suasana saat membacanya
  • Menggunakan beberapa bahasa kiasan seperti perumpamaan atau metafora
  • Dalam penjelasanya memaparkan sifat objek atau ciri-ciri fisik tertentu seperti bentuk, ukuran, warna, dan kepribadian secara jelas dan terperinci
  • Banyak ditemukan kata-kata sifat di dalamnya serta kata-kata yang digunakan merupakan kata-kata yang lumrah atau menggunakan bahasa yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
  • Menggunakan frasa yang mengandung kata benda, contohnya seperti beliau adalah seorang kepala negara yang rendah hati
  • Mengandung kata keterangan yang bertujuan untuk memberikan informasi tambahan mengenai suatu objek contohnya seperti di pasar, di kantin, di rumah, dengan lambat dll

Struktur Teks Deskripsi

Teks deskripsi yang baik memiliki struktur yang perlu diperhatikan. Berikut struktur dalam penulisan teks deskripsi:

  • Identifikasi
    Identifikasi berisi pernyataan umum dari objek yang hendak dipaparkan atau digambarkan oleh penulis.
  • Deskripsi Bagian
    Deskripsi bagian berisi pemaparan atau penggambaran secara detail dari objek. Dalam bagian ini, ciri-ciri khas dari objek terdapat didalamnya.
  • Penutup
    Penutup berupa simpulan yang berisi kesan-kesan penulis terhadap objek tertentu.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Alam

Contoh Teks Deskripsi Tentang Alam 1

Sungai

Sungai adalah aliran air alami yang mengalir secara terus menerus dari hulu (puncak gunung atau daratan tinggi) ke hilir menuju laut, danau, samudra, atau sungai lainnya. Melalui sungai, air hujan yang turun di daratan untuk mengalir ke laut atau tampungan air yang besar seperti danau. Sungai merupakan tempat mengalirnya air secara grafitasi menuju ke tempat yang lebih rendah, Sungai juga merupakan salah satu wadah tempat berkumpulnya air dari suatu kawasan.

Adapula sungai yang terletak dibawah tanah. Misalnya sungai di Gua Pindul yang terletak di Yogyakarta, di Gua Hang Soon Dong di Vietnam, dan di Gua Hang Soon Dong di Vietnam.

Sungai merupakan salah satu bagian dari siklus hidrologi. Air dalam sungai umumnya terkumpul dari presipitasi, seperti hujan, embun, mata air, limpasan bawah tanah, dan di beberapa negara tertentu juga berasal dari lelehan es/salju.

Kemanfaatan terbesar sebuah sungai adalah untuk irigasi pertanian, bahan baku air minum, sebagai saluran pembuangan air hujan dan air limbah, bahkan sebenarnya potensial untuk dijadikan objek wisata sungai.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Alam 2

Angkasa Luar

Angkasa Luar adalah wilayah yang relatif kosong di luar atmosfer suatu benda di langit. Tidak ada batas yang jelas antara atmosfer Bumi dan angkasa luar karena atmosfer terdiri dari lapisan yang semakin menipis dengan semakin besarnya ketinggian. Angkasa luar di Tata Surya disebut ruang antarplanet. Batas antara ruang antar planet dengan medium antar bintang disebut heliopause.

Ruang angkasa itu ber-ruang, tetapi tidak kosong. Angkasa luar terisi oleh beberapa molekul organik yang dilacak oleh spekstroskopi gelombang mikro, radiasi yang tersisa dari ledakan dahsyat, dan sinar kosmis. Ada pula beberapa gas, plasma, debu, dan meteor kecil. Lebih lagi, terdapat pula sampah angkasa yang dihasilkan oleh manusia, yang dapat membahayakan penerbangan ke luar angkasa.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Alam 3

Black Hole

Black Hole adalah sebuah ruang di angkasa yang memiliki gravitasi yang sangat kuat. Black Hole terdiri atas bagian yang disebut sebagai Singularity dan bagian disebut sebagai event horizon. Bagian black hole event horizon adalah wilyah yang memiliki gaya gravitasi yang sangat kuat hingga semua objek di alam semesta ini dapat tersedot karenanya, termasuk cahaya. Karena tidak ada cahaya di sekitar black hole, akibatnya black hole tidak dapat terlihat. Kita dapat mengetahuinya dengan melihat efek dari gravitasi black hole terhadap objek disekitarnya.

Jenis black hole lainnya disebut stellar. Massanya bisa mencapai 20kali lebih besar dari massa matahari. Black hole terbentuk dari bintang berukuran besar yang telah kehabisan bahan bakarnya. Saat itu terjadi menyebabkan ledakan supernova.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Alam 4

Pantai Klayar

Pantai Klayar adalah sebuah pantai dengan pasir putih dan batu karang serta tebing-tebing batu yang mengelilingi. Pantai ini terletak di Pacitan, Jawa Timur dan berbatasan dengan Wonogiri, Jawa Tengah. Tepatnya berada di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Jaraknya sekitar 40 kilometer ke arah barat dari kota Pacitan. Pantai ini masih segaris dengan Pantai Teleng Ria yang sudah dikelola sebagai tempat wisata terlebih dahulu

Perjalanan menuju ke Pantai Klayar yang melalui jalan berliku-liku, naik turun, dan dihiasi dengan deretan bukit-bukit, gua-gua kecil yang terlihat stalaktit dan stalagmitnya dari pinggir jalan. Objek wisata Pantai Klayar memiliki garis pantai berpasir putih dengan dihiasi deretan pohon kelapa, serta menjulangnya bukit-bukit di pinggir pantai yang bisa didaki oleh wistawan untuk melihat keindahan Pantai Klayar dari atas bukit.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Alam 5

Gunung Tangkuban Parahu

Gunung Tangkuban Parahu adalah salah satu gunung yang terletak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sekitar 20 km ke arah utara Kota Bandung, dengan rimbun pohon pinus dan hamparan kebun teh di sekitarnya, Gunung Tangkuban Parahu mempunyai ketinggian setinggi 2.084 meter. Bentuk gunung ini adalah Stratovulcano dengan pusat erupsi yang berpindah dari timur ke barat. Jenis batuan yang dikeluarkan melalui letusan kebanyakan adalah lava dan sulfur, mineral yang dikeluarkan adalah sulfur belerang, mineral yang dikeluarkan saat gunung tidak aktif adalah uap belerang. Daerah Gunung Tangkuban Parahu dikelola oleh Perum Perhutanan. Suhu rata-rata hariannya adalah 17oC pada siang hari dan 2 °C pada malam hari.

Gunung Tangkuban Parahu mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Asal usul Gunung Tangkuban Parahu dikaitkan dengan legenda Sangkuriang, yang dikisahkan jatuh cinta kepada ibunya, Dayang Sumbi/Rarasati. Untuk menggagalkan niat anaknya menikahinya, Dayang Sumbi mengajukan syarat supaya Sangkuriang membuat sebuah telaga dan sebuah perahu dalam semalam. Ketika usahanya gagal, Sangkuriang marah dan menendang perahu itu sehingga mendarat dalam keadaan terbalik. Perahu inilah yang kemudian membentuk Gunung Tangkuban Parahu.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.