Pengertian Karangan dan Jenis-Jenis Karangan

Karangan adalah kegiatan dalam bentuk tulisan yang berisi mengungkapkan sesuatu atas kehendak penulis. Karangan terdapat 5 jenis antara lain narasi, eksposisi, deskripsi, argumentasi, dan persuasi.

Jenis-Jenis Karangan

1. Narasi

Narasi adalah karangan yang berisi rangkaian peristiwa yang susul menyusul sehingga membentuk alur cerita.

Narasi dapat dibedakan menjadi 2 macam, yaitu :

  1. Narasi fiksi (fiktif)
    Narasi fiksi (fiktif) adalah karangan yang berdasarkan khayalan atau angan-angan penulis.
    Contoh : cerpen, novel, roman.

  1. Narasi non fiksi
    Narasi non fiksi adalah karangan yang sesungguhnya.

2. Deskripsi

Deskripsi adalah karanga Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Deskripsi adalah pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci. Jadi, pengertian deskripsi adalah karangan berisi pemaparan atau penggambaran yang detail seolah-olah pembaca dapat membayangkan objek atau tempat yang digambarkan dalam teks tersebut.

Langkah-langkah membuat deskripsi :

  1. Tentukan objek atau tema yang akan dideskripsikan.
  2. Tentukan tujuan.
  3. Tentukan aspek yang akan dideskripsikan dengan melakukan atau berdasarkan pengamatan/pengalaman.
  4. Susunlah aspek tersebut ke dalam urutan yang baik.
  5. Kembangkan aspek atau kerangka tersebut menjadi deskripsi.

Contoh Teks Deskripsi Pantai Klayar

Pantai Klayar

Pantai Klayar adalah sebuah pantai dengan pasir putih dan batu karang serta tebing-tebing batu yang mengelilingi. Pantai ini terletak di Pacitan, Jawa Timur dan berbatasan dengan Wonogiri, Jawa Tengah. Tepatnya berada di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Jaraknya sekitar 40 kilometer ke arah barat dari kota Pacitan. Pantai ini masih segaris dengan Pantai Teleng Ria yang sudah dikelola sebagai tempat wisata terlebih dahulu

Perjalanan menuju ke Pantai Klayar yang melalui jalan berliku-liku, naik turun, dan dihiasi dengan deretan bukit-bukit, gua-gua kecil yang terlihat stalaktit dan stalagmitnya dari pinggir jalan. Objek wisata Pantai Klayar memiliki garis pantai berpasir putih dengan dihiasi deretan pohon kelapa, serta menjulangnya bukit-bukit di pinggir pantai yang bisa didaki oleh wistawan untuk melihat keindahan Pantai Klayar dari atas bukit.

3. Eksposisi (Paparan)

Eksposisi / Paparan berisi uraian atau penjelasan tentang suatu topik dengan tujuan memberi informasi atau pengetahuan tambahan kepada pendengar atau pembaca.

Contoh topik eksposisi:

  • Peranan Majalah Dinding Sekolah
  • Sekolah Kejuruan sebagai Penghasil Tenaga Terampil
  • Manfaat Koperasi Sekolah

Tidak jarang eksposisi berisi uraian tentang langkah, cara, proses kerja. Eksposisi tersebut biasa disebut paparan proses.

Contoh Eksposisi / Paparan Proses :

Mencangkok bukanlah pekerjaan yang sukar. Satu menit saja kita belajar, kita sudah dapat mempraktekan dan hasilnya kita tunggu satu atau dua bulan kemudian.
Caranya sebagai berikut :
1. Siapkan pisau, tali rafia, tanah yang subur sekepal tangan, dan sabut pembungkus.
2. Pilihlah ranting yang tegak, kekar, sehat, dengan diameter kira-kira 1,5 – 2cm.
3. Kuliti ranting yang akan dicangkok dikerat dan dikelupas sampai bersih kira-kira sepanjang 10 cm.
4. Tutuplah keratan bagian atas dengan tanah dan bungkuslah dengan sabut yang telah disiapkan.

4. Argumentasi

Argumentasi adalah karangan yang bertujuan untuk membuktikan kebenaran suatu pendapat/kesimpulan dengan data, fakta, konsep sebagai alasan dan bukti.

Contoh Argumentasi :

Pada tahun ini musim kemarau mengalami perubahan dengan cukup lama. Dan juga banyaknya pabrik industri yang membuang limbahnya ke saluran irigasi melewati persawahan. Ditambah harga pupuk mengalami kenaikan harga, sehingga menyebabkan petani di desa ini sering mengalami gagal panen.

5. Persuasi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Persuasi adalah ajakan kepada seseorang dengan cara memberikan alasan dan prospek baik yang meyakinkannya ( bujukan halus). Jadi pengertian Teks Persuasi adalah teks yang berisi untuk tujuan mengajak, menyuruh, atau membujuk pembacanya melakukan sesuatu yang sesuai dengan apa yang disampaikan oleh penulis.

Contoh Teks Persuasi :

Selamatkan Bumi Kita dari Sampah Plastik

Sekarang ini, sampah plastik menjadi pembicaraan yang hangat. Dikarenakan indonesia sebagai penyumbang sampah plastik nomor dua se dunia setelah Tiongkok. Sampah plastik bermacam-macam bentuknya, dari kantong plastik, mainan anak-anak, perabotan rumah, botol minuman dan lainnya.

Pada tahun 2016, di indonesia penggunaan plastik mengalami peningkatan. Seakan terbuai dengan keunggulan plastik, masyarakat indonesia mengesampingkan akibat fatal yang ditimbulkan oleh plastik. Plastik membutuhkan waktu yang relatif lama untuk diuraikan. Terlebih indonesia belum mempunyai keahlian dalam mengelola limbah sampah plastik yang semakin menumpuk.

Akibat menumpuknya sampah, akan menyumbat aliran sungai yang akan menjadi salah satu pemicu terjadinya banjir. Tidak hanya banjir, pemandangan tidak sedap dan pemanasan global merupakan dampak negatif dari sampah plastik.

Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (KIARA) mencatat setiap tahun 1,29 juta ton meter sampah dibuang ke sungai dan bermuara di lautan. Dari jumlah itu, 13.000 plastik mengapung di setiap kilometer persegi setiap tahunnya. Jumlah 13.000 plastik tersebut menobatkan indonesia sebagai penyumbang sampah plastik kedua setelah Tiongkok. Sekretaris KIARA, Susan Herawati mengatakan bahwa makin banyak sampah plastik di lautan yang mengancam kelestarian ekosistem di lautan indonesia. Pada akhirnya, hal ini akan berdampak bagi rakyat Indonesia.

Maraknya pembuangan sampah sembarangan khususnya sampah plastik membuat para pencinta lingkungan dan masyarakat yang peduli lingkungan yang terbentuk dalam komunikasi Teach For Indonesia mengadakan aksi berupa kampanye menghimbau masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya. Gerakan tersebut hadir karena melihat realita bahwa kurangnya kesadaran masyarakat indonesia membuang sampah pada tempatnya.

Selain itu, perlu adanya peraturan dan penerapan kantong plastik berbayar seperti di minimarket. Dengan demikian, penggunaan kantong plastik akan berkurang. Masyarakat juga harus dihimba untuk menggunakan kantong belanja dari bahan kain untuk mengganti kantong plastik untuk membawa barang belanjaannya. Memang, kantong belanja kain lebih mahal dibandingkan dengan kantong plastik. Namun, kantong belanja kain lebih aman digunakan daripada kantong plastik dan tentunya bisa digunakan berulang kali.

Ayo, selamatkan bumi tercinta kita dengan mengurangi penggunaan plastik dalam keseharian kita. Dengan begitu jumlah plastik akan mengalami penurunan. Jika bukan kita yang menyelamatkan bumi, lalu siapa lagi?

Rate this post
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.