Kutipan Langsung dan Tidak Langsung : Pengertian, Jenis, dan Contoh

Kutipan adalah salinan kalimat, paragraf, atau pendapat dari seorang pengarang, ucapan orang terkenal, ahli, pejabat pemerintah, toko agama, baik yang terdapat dalam buku, jurnal maupun media tulis atau lisan. Kutipan memiliki tujuan untuk menegaskan uraian, memperkuat pembuktian, dan kejujuran penulis menggunakan sumber penulisan.

Jenis Kutipan

Kutipan Langsung

Kutipan langsung adalah salinan yang sama persis dengan sumbernya, atau kutipan yang dipindahkan langsung dari sumbernya.

Hal yang perlu diperhatikan ketika mengutip langsung.

  1. Tidak boleh mengadakan perubahan terhadap teks asli yang dikutip.
  2. Harus menggunakan tanda [sic!] jika ada kesalahan dalam teks asli.
  3. Menggunakan tiga titik berspasi […] jika ada bagian dari kutipan yang dihilangkan.
  4. Mencantumkan sumber kutipan dengan sistem MLA, APA, atau sistem yang berlaku di selingkung bidang.

Dan hal yang perlu diperhatikan lagi, pengutipan atau perujukan dilakukan dengan menggunakan nama akhir dan tahun di antara tanda kurung. Jika ada dua penulis, perujukan dilakukan dengan cara menyebut nama akhir kedua penulis tersebut. Jika penulisnya lebih dari dua, penulisan rujukan dilakukan dengan cara menulis nama pertama dari penulis tersebut dan diikuti dengan dkk. Jika nama penulis tidak disebutkan, yang menerbitkan, nama dokumen yang diterbitkan, atau nama koran. Untuk karya terjemahan, perujukan dilakukan dengan cara menyebut nama penulis aslinya. Rujukan dari dua sumber atau lebih yang ditulis oleh penulis yang berbeda dicantumkan dalam satu tanda kurung dengan titik koma sebagai tanda pemisahnya.

Kutipan langsung pendek atau kurang dari 4 baris atau ada yang mengatakan kurang dari 40 kata dilakukan dengan cara :

  1. diintegrasikan dengan teks;
  2. diapit oleh tanda petik;
  3. diberi jarak antar baris yang sama dengan teks;
  4. sumber kutipan.

Contoh :

Vandra (2020: 11) mengatakan, “Backlink pada website tidak menentukan peringkat artikel di pencarian Google”.

“Backlink pada website tidak menentukan peringkat artikel di pencarian Google”(Vandra,2020: 11)

Kutipan langsung panjang (lebih dari 4 baris atau 40 kata) dilakukan dengan cara :

  1. Ditulis tanpa tanda kutip;
  2. Terpisah dari teks dengan spasi (jarak antarbaris) lebih dari teks;
  3. Seluruh kutipan masuk 3-5 ketik dari margin kiri dan kanan;
  4. Kutipan menggunakan spasi rapat;
  5. Sumber kutipan;
  6. Sumber kutipan boleh bervariasi.

Contoh :

Istilah dan cakupan etnografi komunikasi dikemukakan oleh Hymes (yang dikutip oleh Sumarsono dan Patana, 2004: 311) berikut MI.
Istilah etnografi komunikasi itu sendiri menunjukkan cakupan kajiannya, yaitu etnografis landasannya dan komunikatif rentangannya dan jenis kerumitannya yang terkait. Dalam cakupan kajian, orang tidak dapat hanya secara terpisah mengambil hasil kajian dari linguistik psikologi, sosiologi, etnologi, dan menghubung-hubungkannya.

Jika kita ingin mengutip sebagian pernyataan dari suatu teks atau ada sebagian kutipan yang dihilangkan, maka kata-kata yang dibuang itu dapat diganti dengan tiga titik.

Contoh :

“Bagi instrumen yang belum ada persediaan di Lembaga Pengukuran dan Penilaian, peneliti harus menyusun sendiri, mulai dari merencanakan, … mencoba, merevisi, bahkan mengevaluasi instrumen tersebut. Instrumen tersebut selanjutnya diujicobakan dahulu sebelum dilakukan pengambilan data yang sesungguhnya, supaya mendapatkan hasil yang valid” (Arikunto,2009: 134)

Apabila ada kalimat yang dibuang, kalimat tersebut dapat diganti dengan empat titik.

Contoh :

“Dengan terjadinya perjanjian, maka timbul perikatan atau hubungan hukum yang menimbulkan hak dan kewajiban dari pihak-pihak yang mengadakan perjanjian …. Perjanjian yang mereka buat berlaku sama seperti Undang-Undang bagi pihak-pihak yang mengadakan perjanjian, dan mengikat sebagai Undang-Undang bagi para pihak yang membuatnya” (Rini, 2009: 9)

Kutipan Tidak Langsung

Kutipan tidak langsung adalah kutipan yang dikemukakan dengan menggunakan kata-kata sendiri. Untuk itu, pengutip harus memahami inti sari dari bagian yang dikutip secara tidak langsung.

Kutipan tidak langsung dapat dibuat secara pendek dengan cara :

  1. diintegrasikan dengan teks;
  2. diberi jarak antarbaris yang sama dengan teks;
  3. tanpa diapit tanda petik;
  4. dicantumkan sumber rujukan dengan sistem MLA atau APA.

Rini (2009: 15) Perjanjian dibuat dengan tujuan untuk segala kepentingan para pihak terwadahi, sehingga terjamin atas kepastian hak dan hukum.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.