Contoh Pidato : Pengertian, Isi, Jenis, Fungsi dan Tujuan

Pengertian Pidato

Pidato adalah suatu kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi agar dapat menyatakan pendapatnya atau memberi suatu gambaran yang berisi informasi tentang suatu hal yang disampaikan kepada banyak orang.

Pernahkah kamu menjadi ketua kelompok dalam diskusi di sekolah maupun di dalam organisasi apapun? Ketua dalam sebuah kelompok harus memiliki jiwa pemimpin. Salah satu keahlian yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin adalah kemampuan dalam berpidato, karena biasanya pidato umumnya dipakai oleh seorang pemimpin untuk berorasi dan memimpin di depan banyak anak buahnya atau di depan banyak orang. Saat berpidato, diperlukan adanya orator dan audiensi. Orator merupakan orang yang berpidato, sedangkan audiensi merupakan orang yang mendengarkan orator berpidato.

Pidato juga merupakan suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Teks pidato biasanya berisi tema-tema tertentu, misalnya teks pidato  tentang menyambut hari besar, pidato pembangkitan semangat, pidato tentang peringatan hari gerakan satu juta pohon, dan teks pidato lainnya.

Isi Teks Pidato

Seseorang yang sudah menguasai teks pidato dengan baik tentu akan terlihat dari cara seseorang itu menyampaikan pidato di depan audiensi. Sehingga audiensi memahami informasi yang disapaikan dari orator atau seseorang yang berpidato.

Sebelum berpidato, orator harus memahami isi teks pidato. Teks pidato yang baik memiliki bagian-bagian di dalamnya, yaitu salam pembuka, kalimat sapaan, kalimat pembuka, isi, kalimat penutup, dan salam penutup.

Berikut penjelasan bagian-bagian dari teks pidato!

  1. Salam Pembukaan
    Salam pembuka biasanya terletak di bagian teks pidato pada bagian awal yang menjadi pembukaan pidato. Contohnya, selamat pagi, salam sejahtera, atau Assalamu’alaikum Wr.Wb.
  2. Kalimat Pembuka
    Kalimat pembuka merupakan bagiaan dari teks pidato berisi kalimat sapaan terhadap audiensi. Contohnya, Bapak Kepala Sekolah yang saya hormati.
  3. Isi
    Isi pidato merupakan bagian teks pidato yang berisi inti dari informasi yang akan disampaikan dan dibicarakan dalam pidato.
  4. Kalimat Penutup
    Kalimat penutup pidato merupakan bagian dari teks pidato yang berisi kesimpulan, harapan, dan permintaan maaf kepada audiensi jika ada kesalahan dalam berkata dan juga penyampaian pidato yang mungkin dapat menyinggung.
  5. Salam Penutup
    Salam penutup merupakan bagian dari teks pidato yang menjadi penutup pidato. Contohnya, selamat pagi, terimakasih, dan Wasalamu’alaikum Wr.Wb.

Mengidentifikasi Teks Pidato

Seorang pemimpin sangat membutuhkan kemampuan dalam berpidato, karena pidato bertujuan untuk mempengaruhi orang lain agar berfikir dan bertindak sesuai himbauan yang disampaikan, serta memberikan pemahaman atau informasi melalui pidato yang disampaikan .

Langkah-langkah dalam menulis teks pidato, antara lain:

  1. Tentukan topik atau tema pidato
    Topik atau tema sebaiknya disesuaikan dengan momen tertentu, sehingga mempunyai arti dan kegunaan bagi pendengar.
  2. Kumpulan referensi bacaan
    Referensi pidato biasanya dapat diperoleh dari hasil pengalaman, hasil penelitian, hasil imajinasi, hasil ensiklopedia, atau hasil internet.
  3. Buatlah rancangan teks pidato
    Rancangan teks pidato biasanya disusun sesuai struktur pidato berupa salam pembuka, kalimat pembuka, isi, kalimat penutup, dan salam penutup.
  4. Rangkaian pidato
    Rancangan teks pidato yang telah dibuat, sebaiknya dirangkaikan menjadi teks pidato yang utuh. Perhatikan kalimat efektif dan gunakan kata-kata baku saat menyusun teks pidato.
  5. Latihan membacakan pidato
    Berlatihlah membacakan teks pidato yang telah dibuat. Saat berlatih, perhatikan pelafalan dan intonasinya.

Tujuan dan Fungsi Dalam Pidato

Tujuan

Pidato biasanya bertujuan melakukan satu atau beberapa hal, seperti halnya:

  1. Memberikan suatu informasi atau pemahaman bagi orang lain.
  2. Mempengaruhi orang lain supaya mau mengikuti kemauan kita tanpa adanya keterpaksaan atau dengan suka rela.
  3. Membuat orang lain senang dengan pidato yang menghibur, sehingga orang lain pun senang dan merasa puas dengan ucapan yang kita sampaian untuk mereka.

Fungsi

Pidato biasanya memiliki beberapa fungsi, sepeti halnya:

  1. Dapat memudahkan komunikasi antara atasan dan bawahan.
  2. Dapat memudahkan komunikasi antara sesama anggota organisasi.
  3. Dapat membuat suatu kondisi yang kondusf dimana hanya memerlukan satu orang saja yang melakukan pidato atau orasi tersebut.

Kemampuan dalam berpidato atau berbicara juga dapat memudahkan kita dalam mencapai jenjang karier yang baik. Maka dari itu dalam melakukan pidato, gaya bahasa, penampilan, serta ekspresi kita harus diperhatikan dan kita harus selalu percaya diri dalam menyampaikan isi pidato kita, sehingga orang yang mendengar dan melihat pidato kita merasa tertarik serta bisa terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.

Jenis-jenis atau Metode dalam Pidato

Pidato biasanya memiliki beberapa jenis atau metode, tergantung ada tidaknya waktu persiapan kita dalam berpidato dan ada tidaknya teks pidato yang kita gunakan. Berikut jenis-jenis atau metode dalam pidato, antara lain:

Pidato Impromptu

Pidato impromptu biasanya dilakukan secra spontan, karena yang menyampaikan pidato dipanggil secara tiba-tiba sehingga tidak ada kesiapan untuk merancang pidato yang akan di sampaikan. Bagi yang belum memiliki pengalam dalam berpidato, sebaiknya pidato impromptu dihindari.

 Pidato impromptu juga memiliki keuntungan dan kerugian, seperti halnya:

Keuntungan dalam menggunakan pidato impromptu:

  • Pidato impromptu lebih dapat mengungkapkan perasaan pembawa pidato yang sesungguhnya, karena berpidato dengan berbicara tidak memikirkanlebih dulu pendapat yang akan disampaikannya.
  • Informasi atau gagasan dan pendapatnya dating secara spontan, sehingga tampak segar dan hidup.

Kerugian dalam menggunakan pidato impromptu:

  • Membuat pembawa pidato terus berpikir, sehingga membuat gugup bagi yang belum berpengalaman.
  • Pidato impromptu juga dapat menimbulkan kesimpulan yang mentah, karena dasar pengetahuan yang belum memadai.
  • Pidato impromptu juga mengakibatkan penyampaian yang tersendat-sendat dan tidak lancar.
  • Informasi atau gagasan yang disampaikan bisa tidak teratur dan juga ngawur.
  • Pidato impromptu bisa juga mengakibatkan demam panggung bagi pembawa pidato yang belum memiliki pengalaman dan kesiapan.

Pidato Manuskrip

Pidato manuskrip biasanya menggunakan naskah, sehingga pembawa pidato disebut membacakan pidato bukan menyampaikan pidato, karena pembawa pidato membacakan naskah pidato dari awal sampai akhir. Pidato manuskrip perlu dilakukan jika isi pidato yang disampaikan tidak boleh ada satu kesalahan apapun.

Pidato manuskrip juga memiliki keuntungan dan kekurangan dalam berpidato, antara lain:

Keuntungan dalam menggunakan pidato manuskrip:

  • Kata-kata yang dipakai dalam berpidato dapat dipilih dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat menyampaiakan informasi dan tujuan yang tepat dan juga pernyataan yang gamblang.
  • Dapat berbicara dengan fasih karena kata-kata sudah disiapkan berupa naskah.
  • Pidato manuskrip dapat menghemat pernyataan, karena manuskrip dapat disusun kembali.
  • Manuskrip juga dapat diterbitkan atau diperbanyak.
  • Dapat menghindari hal-hal yang menyimpang dan ngawur.

Kerugian dalam menggunakan pidato manuskrip:

  • Komunikasi antara pembaca pidato dan pendengar pidato akan berkurang, Karena pembicara pidato tidak berbicara langsung dengan mereka.
  • Pendengar pidato biasanya tidak dapat melihat pembicara pidato dengan baik, karena pembicara pidato lebih berkonsentrasi dengan teks pidatonya sehingga akan kehilanagna gerak dan bersifat kaku.
  • Umpan balik dari pendengar tidak dapat mengubah, memperpendek atau memperpanjang pesan pidato.
  • Pembuatan teks pidato lebih lama.

Pidato Memoriter

Pidato memoriter biasanya ditulis dalam bentuk naskah tetapi pembicara harus menghafalkan kata demi kata. Pidato jenis ini menuntut pembicara untuk mempunyai kemampuan menghafal teks pidato dan mengingat kata-kata yang ada di dalam naskah dengan baik.

Pidato memoriter juga memiliki keuntungan dan kekurangan dalam berpidato, antar lain:

Keuntungan dalam menggunakan pidato memoriter:

  • Kata-kata yang dipakai dalam pidato dapat dipilih dengan baik karena memiliki persiapan yang baik dan matang.
  • Jika pembicara memiliki kemampuan menghafal yang baik maka pembicara akan berpidato dengan lancar.
  • Gerak dan isyarat yang dapat di intregrasinkan dengan uraian.

Kerugian dalam menggunakan pidato memoriter:

  • Pidato yang akan ditampilkan tampak datar dan monoton, sehingga pembicara tidak mamp menarik perhatian pendengar.
  • Komunikasi antara pembicara dan pendegar akan berkurang karena pembicara focus untuk mengingat kata-kata pidato dalam teks naskah, jika pembicara tidak memiliki kemampuan penghafalan yang baik.
  • Pidato memoriter memerlukan banyak waktu dalam proses.

Pidato Ekstemporer

Pidato yang sering digunakan pada pembicara pidato yang berpengalaman dan mahir karena pidato jenis ekstemporellah yang paling baik. Dalam penyampaian pidato jenis ekstemporer ini, pembicara pidato biasanya hanya menyiapkan garis-garis besar “out line” dan pokok-pokok bahasa penunjang “supporting points” saja.

Pembicara pidato pun tidak dituntut untuk menghafalkan atau mengingat kata-kata dalam naskah. Out line atau garis-garis besar biasanya merupakan pedoman untuk mengatur gagasan yang ada dalam pikiran kita.pidato jenis ekstemporer ini memerlukan latihan yang intensif dan banyaknya pengalaman dalam berpidato bagi pembicara pidato.

Seperti halnya dengan jenis pidato lainnya, jenis pidato ekstemporer juga memiliki keuntungan dan kerugian dalam berpidato, antara lain:

Keuntungan dalam menggunakan pidato ekstemporer:

  • Komunikasi antara pembicara dan pendengar lebih baik karena pembicara pidato berbicara langsung kepada pendengar.
  • Pesan atau informasi yang disampaikan dapat menjadi fleksibel untuk diubah sesuai dengan kebutuhan dan penyapaiannya pun lebih spontan.

Kerugian dalam menggunakan pidato ekstemporer:

  • Pembicara pidato memerlukan latihan yang intensif dan banyaknya pengalaman dalam berpidato bagi pembicara pidato.
  • Adanya kemungkinan menympang dari garis besar sangat banyak.
  • Pembicara pidato juga dapat terhambat karena kesulitan memilih kata-kata.

Tujuan Teks Pidato

Dalam beberapa jenis atau metode di atas bisa kita simpulkan bahwa teks pidato sangatlah penting bagi orator atau pembicara dalam berpidato, apalagi pembicara yang belum memiliki banyak pengalaman dalam berpidato.

Ada beberapa tujuan, kenapa teks pidato menjadi salah satu hal yang sangat penting bagi seseorang yang akan berpidato. Tujuan dari dibuatnya teks pidato, antara lain:

  1. Memudahkan seseorang yang akan berpidato untuk menyampaikan gagasan, informasi atau ide kepada khalayak umum secara langsung.
  2. Dapat memberikan inspirasi bagi seseorang yang akan beridato untuk melakukan improvisasi yang disesuaikan dengan para pendengar dan juga kebutuhan dari pendengar pidato.
  3. Membatasi dalam menyampaikan informasi agar bisa lebih padat dan bisa lebih focus sehingga bisa menghindari penjelasan atau informasi yangbrumit dan bertele-tele saat berlangsungnya pidato.
  4. Dapat mengantisipasi terjadinya lst speech yang sering terjadi karena seseorang yang akan berpidato lupa apa yang akan disampaikan. Hal itu biasanya terjadi karena orang yang berpidato mengalami demam panggung atau gugup saat berpidato.

Contoh Pidato

Perhatikan beberapa contoh pidato di bawah ini!

Contoh Pidato Tentang Narkoba

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Kepala Sekolah , Bapak/Ibu Guru dan Staf Tata Usaha

Serta siswa-siswi yang saya cintai

Di siang hari ini, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWt yang telah melimpahkan rahmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul disini dengan keadaan sehat jasmani maupun rohani.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Negara kita telah menemukan fakta baru yakni jumlah pengguna narkoba yang begitu besar. Karena lemahnya penegakan hokum di Indonesia para pengedar internasional dapat bekerja sama dengan warga Negara Indonesia secara leluasa untuk menyebarkan obat-obatan terlarang ini di Negara kita. Penyalahgunaan narkoba dan zat aditif sejenis ini tentunya membawa dampak yang luas dan kompleks bagi kita semua. Salah satu contoh dampaknya antara lain, perubahan perilaku, gangguan kesehtan, menurunnya produktivitas kerja secara drastis, kriminalitas dan tindak kekerasan lainnya.

Namun, Bapak/Ibu serta siswa-siswi sekalian, sebenarnya penyalahgunaan narkoba ini dapat sama-sama kita cegah melalui program-program yang telah banyak diadakan oleh pemerintah maupun lembaga social dan kelompok-kelompok social. Program ini seperti mengikuti kegiatan-kegiatan social, tidak bergaul dengan pengguna atau pengedar narkoba.karena remaja lebih mudah dan rentan untuk mencoba-coba suatu hal yang baru, pengguna narkoba di Negara kita pun didominasi oleh para remaja dan anak sekolah.

Selain kegiatan-kegiatan sebelumnya yang sudah saya sebutkan, sebenarnya pihak sekolah juga telah sering memberikan penyuluhan kepada para siswa-siswi tentang bahaya dan akibat dari penyalahgunaan narkoba melalui Guru BP, kemudian melalui diskusi yang melibatkan para siswa-siswi dalam perencanaan untuk intervensi serta seminar-seminar pencegahan penyalahgunaan narkoba di sekolah.program lain yang cukup penting adalah program waspada Narkotika dengan cara mengenali cirri-ciri siswa-siswi yang menggunakan narkoba, mewaspadai adanya tamu yang tak dikenal atau pengedar, melalui razia dadakan.

Biasanya pengedar maupun pemakai di sekolah telah paham betul dengan program-program di sekolah untuk pencegahan pengguna atau pemakai di sekolah.mereka tentu saja mengantisipasinya dengan sebaik yang mereka bisa. Sepintar apapun kiat mereka, ibarat sepandai-pandai tupai melompat, akhirnya jath juga. Jurus-jurus jitu menghindari deteksi sekolah memang mereka kuasai, tapi mengingat sifat narkoba yang adiktif dan menuntut dosis yang lebih tinggi maka disiplin cara aman akan terkuak juga.

Untuk itu mari kita hindari dan jauhi seta ikut meberantas pengguna narkoba. Sekian pidato yang dapat saya sampaikan pada siang hari ii, apabila ada kesalahan dalam bertutur kata, saya mohon maaf. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Loader Loading…
EAD Logo Taking too long?

Reload Reload document
| Open Open in new tab

Download [15.27 KB]

Contoh Pidato Peringatan Hari Gerakan Satu Juta Pohon

Selamat pagi

Yang terhormat Bapak/Ibu guru dan teman-temanku semua.

Salam sehat untuk kita semua.

Pertama-tama saya ucapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah memberikan karunia kesehatan dan kebersaaman kepada kita untuk memperingati Hari Gerakan Satu Juta Pohon ini, hari ini tanggal 10 Januari.

Hadirin yang saya hormati,

Peringatan Hari Gerakan Satu Juta Pohon ini mengingatkan kembali kepada kita betapa pentingnya melestarikan hutan. Hutan sebagai salah satu sumber daya alam berfungsi untuk menyerap dan menyimpan air, mencegah banjir dan tanah longsor,serta berperan sebagai paru-paru dunua. Namun, kini banyak hutan yang mengalami kerusakan. Hal ini tentu akan menggangu kenyamanan manusia, hilangnya habitat hewan, dan dampak besarnya adalah pemanasan global. Oleh karena itu, ayo kita melakukan gerakan menanam pohon.

Hadirin yang saya muliakan,

Semoga pidato yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua. Semoga kita semua dapat melaksanakan tanggung jawab kita dalam melestarikan hutan agar manfaatnya dapat terus kita nikmati. Sekian pidato dari saya. Apabila ada kekurangan, saya moho maaf. Atas perhatian Bapak/Ibu guru dan teman-teman, saya ucapkan terima kasih.

Selamat pagi.

Loader Loading…
EAD Logo Taking too long?

Reload Reload document
| Open Open in new tab

Download [14.13 KB]

Contoh Pidato Kebersihan Lingkungan Sekolah

Selamat pagi,

Bapak dan ibu guru yang saya hormati
Serta teman-teman yang saya cintai

Pertama-tama mari kita panjatkan puji dan syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkah dan karunia-Nya, sehingga kita bisa berkumpul pada acara siang ini di aula sekolah kita tercinta.

Bapak dan ibu guru beserta teman-teman yang saya cintai, seperti yang kita ketahui bahwa lingkungan di sekitar kita merupakan cerminan budaya sekolah kita. Apakah bijak jika lingkungan di sekitar kita terlihat tidak enak di pandang dan tidak nyaman lagi? Apalagi kita sudah menganggap sekolah kita sebagai rumah ke dua kita yang setiap hari kita singgahi guna menuntut ilmu.

Kita sudah mengetahui bahwa sekolah memang sudah memiliki pegawai kebersihan. Tetapi alangkah baiknya bapak dan ibu guru beserta teman-teman juga ikut bertanggung jawab atas kebersihan lingkungan sekolah kita. Saya sebagai bagian dari keluarga di sekolah ini sangat menginginkan supaya kita bisa tetap menjaga kebersihan di lingkungan sekolah kita. Seperti membuang sampah pada tempatnya, membersihkan kelas sesuai jadwal yang sudah di terapkan di kelas masing-masing, dan masih banyak hal-hal kecil yang dapat kita bantu dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah kita.

Jika lingkunagn kita bersih maka kita juga akan merasakan manfaatnya, seperti hidup sehat dan terhindar dari kuman yang membuat kita mudah sakit.

Saya berharap teman-teman peduli dan sadar tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan kita, dan saya juga berharap tema-teman dapat melakukan tindakan-tindakan kecil yang dapat menjaga kebersihan lingkungan sekolah kita ini. Karena kebersihan adalah sebagian dari iman.

Akhir kata, terima kasih atas kesempatan diberikannya waktu untuk menyampaikan pidato singkat ini. Jika ada salah-salah kata yang dapat menyinggung bapak dan ibu guru beserta teman-teman semoga bisa dimaafkan.

Terimakasih atas perhatiannya,

Selamat pagi.

Loader Loading…
EAD Logo Taking too long?

Reload Reload document
| Open Open in new tab

Download [13.24 KB]

Contoh Pidato Kejujuran dalam Ujian Sekolah

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Bapak /ibu guru yang saya hormati,
Beserta siswa-siswi yang saya cintai

Pertama-tama marilah kita pnjatkan puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini. Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan pidato yang bertema “pentingnya Kejujuran dalam Ujian”

Kejujuran adalah sebuah kata yang sederhana dan gampang kita ucapkan. Namun kata yang sederhana dan gampang ini tidaklah mudah kita wujudkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Dalam kehidupan sehari-hari, kejujuran sangatlah penting untuk menciptakan kentetraman dalam kehidupan di masyarakat maupun di sekolah. Kejujuran sebaiknya di terapkan sejak dini agar meresap di dalam hati kita. Dengan adanya kejujuran, kita juga dapat melakukan apapun dengan niatan baik dan tulus.

Hadirin yang berbahagia, dalam kehidupan di sekolah kita, siswa sangatlah penting menerapkan kejujuran, terutama saat ujian sekolah berlangsung, agar terhindar tindakan yang curang seperti mencontek kepada teman. Jika siswa sering mencontek maka siswa tidak akan pernah tahu kemampuannya dalam pelajaran tersebut. Meskipun mendapatkan nilai yang baik, tindakan tersebut tidaklah menguntungkan melainkan merusak moral kita.

Dalam berbagai ujian sekolah, kita juga sering kali melihat para siswa menggunakan cara dan kode saat mencontek teman-temannya. Dengan demikian para pengawas ujian haruslah memperhatikan peserta ujian dengan seksama agar tidak ada siswa yang dapat melakukan kecurangan. Peraturan di sekolah juga berperan penting dalam mengurangi tindak kecurangan saat pelaksanaan ujian.

Maka dari itu, marilah kita bersikap jujur , terapkanlah kejujuran dalam diri kita masing-masing supaya terhindar dari kecurangan saat melaksanakan ujian sekolah yang ngakhibatkan moral kita rusak. Karena itu merugikan kita sendiri untuk menjalankan kehidupan kedepannya.

Demikian pidato saya ini, semoga apa yang saya sampaikan tadi bermanfaat bagi kita semua, jika ada kata-kata saya yang salah mohon dimaafkan. Terima kasih atas perhatian bapak/ibu guru beserta siswa-siswi.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Loader Loading…
EAD Logo Taking too long?

Reload Reload document
| Open Open in new tab

Download [13.54 KB]

Leave A Reply

Your email address will not be published.