Teks Laporan Hasil Observasi : Pengertian, Ciri, dan Contoh

Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), observasi adalah peninjauan secara cermat. Jadi pengertian Teks Laporan Hasil Observasi adalah teks yang berisi sebuah laporan dari hasil pengamatan terhadap suatu objek secara objektif. Dalam hal ini Objek dapat berupa sosial, fenomena alam ataupun budaya yang disusun berdasarkan fakta secara sistematis, runtut, dan logis.

Tujuan dan Fungsi Teks Laporan Hasil Observasi

Tujuan dari teks laporan hasil observasi, yaitu:

  • Mengatasi suatu permasalahan.
  • Menemukan metode atau teknik terbaru.
  • Mengambil keputusan yang efektif.
  • Melakukan pengawasan atau bahkan perbaikan.
  • Mengetahui perkembangan suatu permasalahan.

Fungsi dari teks laporan hasil observasi, yaitu:

  • Melaporkan hasil dari sebuah tugas dan kegiatan pengamatan.
  • Menjelaskan dasar dari penyusunan keputusan atau solusi dari masalah dalam observasi.
  • Sarana untuk dokumentasi.
  • Sumber informasi yang faktual.

Ciri-ciri Teks Laporan Hasil Observasi

Teks laporan hasil observasi memiliki ciri ciri khas yang membedakan dengan jenis teks lainnya, antara lain :

  • Penggunaan istilah
    penggunaan Istilah ialah penggunaan kata atau gabungan kata yang dengan cermat mengungkapkan makna konsep, proses, keadaan, atau sifat khas dalam bidang tertentu.
  • Kalimat Definisi
    Kalimat definisi adalah kalimat yang bersifat memberikan keterangan atau penjelasan atas suatu obyek secara umum.
  • Strukturnya
    Dalam hal ini teks laporan hasil observasi memiliki sebuah struktur tersendiri yang membedakan dengan jenis teks lainnya.

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Teks Laporan Hasil Observasi memiliki struktur, antara lain :

  • Definisi Umum
    Bagian definisi umum berisi informasi mengenai pengertian atau definisi umum dari objek yang dilaporkan dalam hasil observasi si penulis.
  • Deskripsi Bagian
    Deskripsi bagian berisi ciri-ciri fisik atau perilaku yang menunjukkan ciri khas dari objek yang dilaporkan oleh penulis.
  • Simpulan
    Pada bagian Simpulan dapat ditulis atau tidak karena bersifat optional (artinya boleh ada atau tidak ada). Bagian simpulan berisi ringkasan dari uraian sebelumnya.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Sampah Plastik di Laut Indonesia

sampah plastik
sampah plastik

Saat ini, isu masalah sampah plastik sedang ramai diperbincangkan. Hal ini perlu dilakukan observasi mengenai sampah plastik di indonesia, khususnya di perairan laut indonesia. Plastik adalah senyawa organik yang sangat mudah dibentuk, memiliki rantai yang sangat panjang karena dibentuk oleh polimerisasi bahan organik dan memiliki berat molekul sangat tinggi. Plastik terdiri dari karbon, hidrogen, dan atom lainnya, yang terhubung dalam rantai molekul panjang yang disebut polimer. Sementara itu, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sampah adalah barang atau benda yang dibuang karena tidak terpakai lagi. Jadi definisi sampah plastik adalah barang atau benda plastik yang tidak terpakai lagi.

Pencemaran laut di indonesia kebanyakan berasal dari lumbah sampah yang berasal dari sampah-sampah rumah tangga di perkotaan. Sampah plastik ini terbawa arus sungai dan kemudian sampai ke laut. Banyak biodata laut yang mengkonsumsi plastik sehingga mati. Senyawa kimia di dalam plastik yang dikonsumsi oleh ikan, dapat mengendap di dalam tubuh ikan. Jika ikan tersebut dimakan oleh manusia, maka kesehatan manusia juga akan terancam.

Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (KIARA) mencatat, setiap tahun sedikitnya sebanyak 1,29 juta ton sampah dibuang ke sungai dan bermuara di lautan. Dari jumlah tersebut, sebanyak 13.000 plastik mengapung di setiap kilometer persegi setiap tahunnya. Fakta tersebut menasbihkan Indonesia menjadi negara nomor dua di dunia dengan produksi sampah plastik terbanyak di lautan.

Khusus untuk sampah plastik, Indonesia hanya kalah dari Tiongkok saja dalam hal produksi tahunan dan mengungguli 18 negara dari total 20 negara di dunia yang produksi sampah plastik di laut tinggi. Ke-18 negara itu, termasuk di dalamnya adalah Filipina, Vietnam, Sri Lanka, Thailand, Mesir, Nigeria, Malaysia, dan Bangladesh.

Sampah plastik ini dapat membawa dampak negatif yang luar biasa bagi manusia dan lingkungan. Bahaya sampah plastik antara lain mengganggu rantai makanan, pencemaran air tanah, menyebabkan polusi udara, membunuh hewan, menghabiskan biaya penanggulangan yang mahal dan menurunkan kunjungan wisatawan ke lokasi wisata alam.

Setelah mengetahui sumber pencemaran laut dan bahaya sampah plastik, kita perlu berkontribusi dalam mengatasi persoalan pencemaran sampah plastik, yaitu dengan cara hidup ramah lingkungan. Berbagai cara hidup ramah lingkungan dapat kita lakukan oleh kita antara lain, memisahkan sampah plastik dari jenis sampah lainnya untuk di daur ulang, menggunakan insinerator yang terletak di luar kota, melarang atau membatasi pembuatan produksi plastik, tidak membuang sampah plastik diruangan terbuka, seperti sungai, laut, pantai, atau sumber daya alam lainnya.

Dengan melakukan tidakan yang dapat mengatasi persoalan pencemaran sampah plastik, kita menurunkan pencemaran sampah plastik, khususnya di indonesia. Jika sulit melakukan tindakan besar dalam melakukan pengurangan sampah plastik setidaknya kita tidak menjadi pelaku yang berkontribusi dalam menambah sampah plastik di bumi ini.

5/5 - (1 vote)
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.