Teks Pidato Persuasif : Pengertian, Ciri, Struktur dan Contoh

Pengertian Teks Pidato Persuasif

Pernahkah kamu saat upacara bendera di sekolah memperhatikan Kepala Sekolah berpidato? Biasanya dalam sebuah pidato tersebut ada sebuah ajakan untuk semua murid. Ajakan tersebut bersifat persuasif. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Persuasif bersifat membujuk secara halus (supaya menjadi yakin). Jadi Teks Pidato Persuasif adalah pidato yang bersifat membujuk atau mengajak pendengar untuk melakukan hal yang disampaikan oleh orator.

Ciri-Ciri Teks Pidato Persuasif

Teks Pidato Persuasif memiliki ciri-ciri, antara lain :

  1. Isi pidato bersifat membangun.
  2. Isi pidato bersifat perintah, ajakan, atau rekomendasi mengenai suatu hal.
  3. Menjelaskan topik permasalahan yang dibahas.

Struktur Teks Persuasif

Adapun struktur teks pidato persuasif sama saja dengan struktur pidato lainnya antara lain :

  1. Pembukaan
    Pada bagian pembukaan berisi salam dan hormat kepada audiensi dan mengenalkan topik yang hendak disampaikan dengan menarik.
  2. Isi
    Pada bagian isi berisi ide pokok yang disertai argumen yang meyakinkan. Gunakan data dan fakta dalam bagian ini untuk menyakinkan audien.
  3. Penutup
    Pada bagian penutup berisi kalimat-kalimat penutup, hormat, dan salam yang disampaikan kepada audien.

Contoh Teks Pidato Persuasif

Asalamualaikum wr.wb.

Pertama-tama marilah kita semua panjatkan bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT. Atas berkat serta karuniaNya kita semua pada hari ini telah diberikan nikmat sehat wal’afiat. Tak lupa juga kita haturkan shalawat dan salam kepada junjungan Nabiyullah Muhammad SAW. Kepada keluarganya, dan para sahabatnya serta kita semua sebagai umatnya.

Ditengah merebaknya virus pandemi corona atau covid-19 di seluruh dunia yang sudah masuk kewilayah negara indonesia. Saya sebagai bagian dari pemerintahan daerah menghimbau seluruh warga kecamatan kenjeran untuk melakukan langkah-langkah pencegahan penyebaran penyakit pandemi ini.

Jika memiliki gejala seperti demam diatas 37 derajat, batuk atau sesak nafas, segera ke puskesmas atau rumah sakit rujukan untuk meminta melakukan tes kesehatan.

Sesuai anjuran pemerintah kita diwajibkan melakukan beberapa hal antara lain seperti menggunakan saat keluar rumah, sering melakukan cuci tangan dengan sabun, batuk atau bersin dengan menggunakan etika, melakukan jaga jarak sekitar 1 meter, keluar rumah saat keperluan penting saja dan jaga kebersihan lingkungan.

Demikian saja yang dapat disampaikan untuk saat ini. Semoga kita dan orang-orang tercinta terhindarkan dari penyakit pandemi ini. Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan ini dan memohon maaf apabila ada kesalahan.

Wassalamuaalaikum Wr Wb.

4.7/5 - (3 votes)
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.