Teks Ulasan : Pengertian, Struktur, Ciri dan Contoh

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Ulasan adalah kupasan, tafsiran, dan komentar. Jadi pengertian teks ulasan adalah suatu teks yang berisi ulasan, review dan penilaian mengenai sebuah buku, film ataupun drama lebih ditekankan pada penilaian ilmiah dengan mengemukakan argumentasi yang cendikia.

Ciri-ciri Teks Ulasan

Teks Ulasan memiliki ciri-ciri yang membedakan dengan teks lainnya, antara lain :

  1. Teks ulasan memiliki struktur yang terdiri dari orientasi, tafsiran, evaluasi dan rangkuman.
  2. Berisi informasi yang diambil berdasarkan pendapat dan opini penulis mengenai suatu karya.
  3. Berisi opini yang bersifat fakta.
  4. Disebut juga sebagai resensi.

Struktur Teks Ulasan

Teks ulasan memiliki struktur sebagai berikut ini :

  1. Identitas Karya
    Identitas karya berisi informasi mengenai karya yang diulas, seperti judul, pengarang, penerbit, tahun terbit, dan tebal halaman.
  2. Orientasi
    Orientasi menjelaskan gambaran umum mengenai karya yang diulas. Biasanya orientasi menjelaskan kedudukan karya yang diulas agar mendapat perhatian yang cukup besar dari banyak kalangan.
  3. Sinopsis
    Sinopsis berupa rungkasan yang menggambarkan pemahaman penulis terhadap isi karya yang diulas.
  4. Analisis
    Analisis berupa paparan tentang unsur-unsur cerita, seperti tema, tokoh, pertokohan dan alur.
  5. Evaluasi
    Evaluasi memaparkan kelebihan dan kekurangan dari karya yang diulas.

Contoh Teks Ulasan


Judul : Dilan “Dia adalah Dilanku 1990”
Penulis : Pidi Baiq
Penerbit : Pastel Book
Kota tempat terbit : Bandung
Tahun terbit : cetakan XII, Juli 2015
Tebal halaman : 332 halaman

Novel ini merupakan karya dair penulis asal Bandung yang bernama Pidi Baiq. Novel ini digemari banyak orang khususnya kawula muda. Tak hanya itu, novel ini telah dibuat dalam sebuah film yang dapat ditonton di bioskop.

Novel ini berkisah tentang seorang gadis bernama Milea Adnan Hussain. Dia adalah putri seorang prajurit Angkatan Darat. Pada tahun 1990, Milea dan keluarganya pindah dari Jakarta ke Bandung karena ayahnya dipindahtugaskan.

Di Bandung, Milea melanjutkan pendidikan di SMA Negeri. Di sekolah inilah Milea bertemu dengan Dilan. Dilan dikenal sebagai anak nakal, sering dipanggil oleh guru BP dan juga anggota geng motor. Perhatian yang di berikan Dilan terus menerus membuat Milea jatuh hati kepada Dilan.

Walaupun seorang anggota geng motor, Dilan bersikap ramah dan sopan terhadapt teman-teman dan para guru. Dilan juga tidak menykai perilaku kasar seperti yang dilakukan oleh Pak Suripto. Bahkan, Dilan pernah bertengkar dengan Pak Suripto.

Noviel ini mengangkat cerita kehidupan seorang pelajar SMA sehingga cocok untuk pembaca kalangan remaja. Novel ini unik, lucu, sekaligus romantis sehingga dapat membuat pembaca tertawa. Bahasa yang digunakan juga sederhana sehingga mudah dimengerti.

Namun, ada beberapa kata umpatan dalam buku ini. Buku ini juga menampilkan geng motor dengan perilaku sering bolos. Dikhawatirkan para remaja meniru tindakan para tokoh tanpa disarng bahwa menjadi anggota geng motor sangatlah keren. Bagaimana tidak? Di dalam novel ini, tokoh Dilan yang menjadi anggota geng motor digambarkan keren, tampan, baik, ramah, dan pintar walau sering bolos sekolah.


Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.