16 English Tenses Mudah Dipelajari

Saat ini banyak orang yang ngobrol dengan menggunakan Bahasa Inggris cas-cis-cus terlihat lancar dan mirip seperti native speaker (pembicara asli Bahasa) tapi apakah mereka menggunakan tenses dengan tepat? Jawabannya adalah tidak, mungkin beberapa orang tahu akan penggunaan tenses dalam percakapan. Namun, tak semua orang paham akan kegunaan dan pentingnya tenses dalam Bahasa Inggris. Dan juga tak semua orang mengerti kapan waktu yang teapat untuk menggunakan tenses dalam percakapan Bahasa Inggris tersebut.

Bagaimana tenses bisa mudah dipahami?

Pertama-tama, mari kita pahami dahulu apa itu tenses? Tenses adalah suatu bentuk kata kerja dalam tata bahasa yang menunjukkan waktu terjadinya suatu perbuatan atau kejadian atau peristiwa dan tahap penyelesaiannya. tenses secara sederhana dapat diartikan sebagai pola kalimat yang berubah menurut waktu merujuk pada masa lalu (PAST), masa sekarang (PRESENT) dan masa depan (FUTURE). Dengan memahami tenses Bahasa Inggris kita bisa menyusun kalimat dengan lebih baik meski tidak harus kita gunakan.

Perhatikan perbedaan kalimat-kalimat berikut:
– Sania goes to library every evening. (PRESENT)
(Sania pergi ke perpustakaan setiap sore) > (waktu sekarang)
– Sania went to library yesterday. (PAST)
(Sania pergi ke perpustakaan kemarin) > (waktu lampau)
– Sania will got to library tomorrow. (FUTURE)
(Sania akan pergi ke perpustakaan besok) > (waktu yang akan datang)

Contoh kalimat-kalimat tersebut menggambarkan perbedaan waktu kejadian antara yang dilakukan sekarang, lampau, dan yang akan datang. dalam hal-hal seperti inilah tenses memegang perananan penting untuk menentukan kapan peristiwa itu terjadi.

Kalimat dalam Bahasa Inggris terdapat 2 jenis yaitu: KALIMAT VERBAL dan KALIMAT NOMINAL. Kalimat Verbal merupakan kalimat yang menggunakan kata kerja (verb) setelah Pelaku (Subject), sedangkan Kalimat Nominal merupakan kalimat yang tidak menggunakan kata kerja (verb) melainkan kata sifat (adjective), kata benda (noun) dan kata keterangan (adverb) setelah to be (am, are, is, was, were, been).

Terdapat 16 macam tenses dalam Bahasa Inggris, yaitu:
1. Present Simple
2. Present Continuous
3. Present Perfect
4. Present Perfect Continuous
5. Past Simple
6. Past Continuous
7. Past Perfect
8. Past Perfect Continuous
9. Future Simple
10. Future Continuous
11. Future Perfect
12. Future Perfect Continuous
13. Past Future Simple
14. Past Future Continuous
15. Past Future Perfect
16. Past Future Perfect Continuous

Leave A Reply

Your email address will not be published.