(Doc) Contoh Proposal Kegiatan beserta Struktur dan Download

Proposal adalah sebuah dokumen yang ditulis oleh ketika seseorang perlu meminta izin untuk melakukan sesuatu atau rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja. Atau lebih sederhananya adalah rencana yang dituliskan ke dalam sebuah rancangan kerja. Umumnya proposal digunakan saat meminta izin melakukan pembelian ataupun mengerjakan proyek. Proposal juga bisa diartikan sebagai sebuah cara yang bersifat formal untuk mengajukan ide dan meminta izin untuk menjalankan ide tersebut.

Struktur Proposal

Dalam menyusun proposal, pentingnya kita untuk mengikuti struktur proposal dengan benar. Dengan memberikan susunan yang benar, maka pihak yang menerima proposal dengan mudah memahami isi keseluruhan proposal tersebut. Berikut struktur proposal pada umumnya :

  1. Judul Proposal
    Tulis judul dengan nama kegiatan yang akan direncanakan dengan singat, padat, dan jelas.
  2. Pendahuluan
    Pada pendahuluan terdiri dari latar belakang dan tujuan kegiatan. Latar belakang menggambarkan keadaan yang dicita-citakan, atau diharapkan terjadi. Dan tujuan kegiatan memberi gambaran apa yang akan dihasilkan setelah kegiatan berlangsung maupun setelah selesai.
  3. Isi Proposal
    Pada Isi Proposal terdiri dari rincian kegiatan yang dilaksanakannya. Biasanya mencantumkan informasi antara lain : Tema, Peserta, Waktu, dan informasi tambahan lainnya sesuai kebutuhan isi proposal.
  4. Susunan Kepanitiaan
    Pada susunan kepanitiaan, akan disebutkan siapa saja panitia yang tergabung dalam kegiatan tersebut.
  5. Anggaran Dana
    Pada anggaran dana memberikan detail rincian penggunaan dana yang diperlukan yang dibutuhkan untuk melangsungkan kegiatan tersebut. Bila perlu anggaran dana dibuat sedetail mungkin.
  6. Penutup Proposal
    Pada Penutupan berisi harapan-harapan yang dibutuhkan dari proposal tersebut bisa didapatkan, entah itu izin, ataupun permintaan sumbangan dana.

Jika sudah mengetahui Struktur Dasar proposal, kamu bisa membuat proposal dengan struktur tersebut.

Contoh Proposal Kegiatan

Proposal Kegiatan Kebersihan Lingkungan
RT 07 RW 01 Desa Batokan

I. PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Salah satu aspek yang harus selalu diperhatikan adalah soal kebersihan. Kita semua tau bahwa kebersihan merupakan sebagian dari iman. Oleh karena itu, kita harus senantiasa menjaga kebersihan lingkungan agar kesehatan masyarakat bisa terjaga. Tanpa disadari, rusaknya lingkungan sekitar merupakan hasil perbuatan kita sendiri. Perilaku membuang sampah sembarangan, malas untuk menyapu sampah di dekat rumah menjadi perilaku buruk yang sering dilakukan oleh masyarakat.

Kegiatan kebersihan yang kedepannya akan rutin dilakukan semata-mata untuk kenyamanan kita bersama. Jadi peran masyarakat semuanya sangat diharapkan. Perilaku buruk yang berkaitan dengan kotornya lingkungan kita harus dihilangkan. Dan mari kita jaga kebersihan lingkungan sehinga kita semua akan aman dari bahaya sampah

B. Tujuan
Adapun tujuan dari kegiatan kebersihan ini adalah untuk menyadarkan kita semua agar memiliki kepedulian terhadap lingkungan. Dengan begitu, perilaku yang berakibat rusaknya lingkungan akan dihindari.

II. ISI PROPOSAL

A. Tema
Untuk memberikan semangat menjaga kebersihan, kegiatan ini mengambil tema “Lingkungan Sehat Berawal dari Kebersihan”. Tema tersebut diambil dengan tujuan agar semua sadar bahwa kebersihan akan berdampak baik terhadap kesehatan.

B. Peserta
Kegiatan kebersihan ini akan diikuti oleh seluruh masyarakat RT 1 RW 5 Desa Batokan. Jadi diharapkan untuk ikut berkonstribusi jika tidak memiliki kegiatan yang tidak bisa ditunda lain.

C. Alat-Alat Yang Diperlukan :
Masyarakat diharapkan membawa alat-alat kebersihan sendiri seperti :

  • Sapu Lidi
  • Cangkul
  • Sabit
  • Ember dan lain sebagainya

D. Waktu dan Tempat Kegiatan Kebersihan Lingkungan:
Hari                        : Selasa
Tanggal                 : 12 Januari 2021
Tempat                 : Seluruh Area RT 07 RW 01 Desa Batokan

III. Susunan Acara

A. Susunan Kepanitiaan
Ketua                         : Bapak Sutekso selaku Ketua RW
Bendahara                : Ibu Yuni
Bagian Konsumsi     : Ibu Tiyan
Penanggung Jawab : Bapak Ferik

 B. Anggaran
Dana kegiatan akan dialokasikan dari uang kas RW yang saat ini berjumlah Rp. 14.350.000. Kegiatan ini akan menggunakan dana sebesar Rp. 2.350.000. Dana ini digunakan untuk konsumsi, pembelian cat, dan membeli alat kebersihan untuk RW.

IV. PENUTUP

Demikianlah proposal kegiatan ini kami buat. Kami mengharapkan partisipasi aktif dari semua pihak untuk kelancaran acara ini ke depannya. Atas perhatian dari bapak dan Ibu, kami sampaikan terima kasih.

Demikian mengenai proposal kegiatan kebersihan lingkungan RT 07 RW 01 Desa Batokan. Kehadiran suadara-saudara semua sangat diharapkan untuk turut berkontribusi dalam kegiatan ini. Terimakasih atas perhatiannya.

Download Contoh Proposal Kegiatan

Loader Loading…
EAD Logo Taking too long?

Reload Reload document
| Open Open in new tab

Download [16.79 KB]

5/5 - (2 votes)
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.