Biologi : Pengertian, Cabang, Ciri, dan Manfaatnya

Biologi merupakan suatu cabang ilmu pengetahuan alam yang khusus mempelajari tentang makhluk hidup yang ada di bumi ini. Ilmu Biologi memiliki banyak macamnya atau cabangnya, tetapi hanya sebagian yang di jelaskan. Karena bahan atau materinya sangat luas dan tidak mungkin bisa di pelajari dalam satu cabang ilmu saja, serta banyak para ahli untuk mengadakan penelitian ilmiah. Dan sedangkan oleh para ahli itu dikelompok-kelompokkan sebagai cabang ilmu tersendiri dari cabang-cabang ilmu pengetahuan itu mempelajari secara khusus ke dalam salah satu aspek dari seluruh materi yang ada.

Cabang-Cabang Ilmu Biologi

Ilmu Biologi terbagi dalam berbagai macam cabang, antara lain :

  1. Zoologi
    Zoologi adalah suatu ilmu yang mempelajari khususnya tentang hewan.
  2. Botani
    Botani adalah suatu ilmu yang mempelajari khususnya tentang tumbuh-tumbuhan.
  3. Fisiologi
    Fisiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari khususnya tentang fungsi alat tubuh.
  4. Anatomi
    Anatomi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang bagian-bagian tubuh.
  5. Taksonomi
    Taksonomi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang pengelompokan mahkluk hidup menurut ciri-ciri yang dimilikinya.
  6. Genetika
    Genetika adalah suatu ilmu yang digunakan untuk mempelajari tentang cara-cara penurunan sifat yang dimiliki oleh mahkluk hidup.
  7. Patologi
    Patologi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang hal-ikhwal penyakit dan akibat yang akan terjadi pada kehidupan organisme.
  8. Mikrobiologi
    Mikrobiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari khususnya tentang makluk hidup yang sangat kecil dilihat oleh mata manusia.
  9. Higiene
    Higiene adalah suatu ilmu yang mempelajari khususnya cara-cara dan anjuran hidup yang sehat.
  10. Histologi
    Histologi adalah suatu ilmu yang mempelajari khususnya jaringan tubuh pada makhluk hidup.

Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Karena biologi adalah mempelajari tentang makhluk hidup, maka kita harus bisa membedakan antara makhluk hidup dengan benda mati. Untuk bisa membedakan antara makhluk hidup dengan benda mati maka harus mengetahui ciri-ciri makhluk hidup. Berikut ciri-ciri makhluk hidup :

  1. Bernafas

Setiap makhluk hidup pasti bernafas, namun dengan cara yang berbeda-beda. Untuk manusia, bernafas adalah mengambil oksigen dari udara bebas yang bermanfaat untuk tubuh kita. Oksigen berguna untuk membakar zat makanan dalam tubuh guna mendapatkan tenaga. Adapun makhluk hidup yang bernafas dengan paru-paru adalah manusia, burung dan hewan yang hidupnya didarat. Dan untuk ikan bernafas dengan insangnya dan tumbuh-tumbuhan bernafas dengan mulut daun.

  1. Bergerak

Semua makhluk hidup itu bergerak dan memiliki gerak yang berbeda. Ada yang bergerak cepat dan ada yang bergerak lambat. Tujuan makhluk hidupuntuk bergerak adalah untuk bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya untuk menuju suatu arah yang dituju. Sedangkan bergeraknya makhluk hidup itu ada yang menggunakan kaki, sayap, siri, dan lainnya.

  1. Makan

Semua makhluk hidup membutuhkan makan dan air, sedangkan fungsi dari air adalah sebagai zat pelarut di dalam tubuh. Jadi makhluk hidup tidak bisa hidup tanpa makan dan minum, karena makan dan minum merupakan kebutuhan yang saling berkaitan dan tak bisa terpisahkan. Sedangkan dengan makan dan air makhluk hidup bisa mendapatkan tenaga dan energi yang prima.

Adapun fungsi dari makan adalah :
– Untuk pertumbuhan
– Untuk mendapatkan energi
– Untuk menggantikan selsel tubuh yang rusak

  1. Bereaksi Terhadap Rangsang

Karena akibat dari sekitarnya makhluk hidup bisa bereaksi dan cara bereaksinya berbedabeda sesuai dengan jenisnya, misalnya manusia manusia dan hewan mempunyai alat indra yang digunakan untuk mengenali segala sesuatu yang berada di sekitarnya. Sedangkan tumbuhan tidak mempunyai indera seperti manusia ataupun hewan, namun tumbuhan mempunyai kemampuan untuk bereaksi terhadap yang terjadi disekitarnya, misalnya : bunga putri malu. Adapun cara makhluk hidup untuk bisa menanggapi rangsangannya itu disebut iritabilitas.

  1. Tumbuh

Sedangkan semua makhluk hidupitu mengalami pertumbuhan, dari yang kecil hingga menjadi besar. Contohnya kita manusia dimulai dari lahir bayi menjadi anak-anak, menjadi remaja dan akhirnya menjadi dewasa.

  1. Mengeluarkan Zat Sisa

Pertukaran zat dan pembakaran zat makanan oleh Oksigen di dalam tubuh makhluk hidup, selain mendapatkan energi juga menghasilkan sisa. Apabila Zat sisa itu tinggi akan berakibat fatal bagi tubuh kita. Maka dari itu zat sisa itu harus dikeluarkan dari dalam tubuh kita dan proses terjadinya pembuangan zat sisa yang disebut Eksresi.
Sedangkan alat yang digunakan oleh makhluk hidup untuk mengeluarkan zat sisa itu ada bermacam-macam bentuknya, ada yang melalui paru-paru, kulitnya, ginjal dan lainnya.

  1. Berkembang Biak

Untuk menjaga agar tidak terjadi kepunahan, maka makhluk hidup akan selalu menjaga dan melestarikannya dengan cara berkembang biak. Karena dengan berkembang biak

Untuk menjaga agar tidak terjadi kepunahan, maka makhluk hidup akan selalu menjaga dan melestarikannya dengan cara berkembang biak. Karena dengan berkembang biak makhluk hidup bisa menjaga jenisnya. Sedangkan cara

Untuk menjaga agar tidak terjadi kepunahan, maka makhluk hidup akan selalu menjaga dan melestarikannya dengan cara berkembang biak. Karena dengan berkembang biak makhluk hidup bisa menjaga jenisnya. Sedangkan cara makhluk hidup itu berkembang biak berbeda-beda, misalnya ada yang bertelur, melahirkan dan lainnya.

  1. Memerlukan Suhu Lingkungan Tertentu

Makhluk hidup juga memerlukan suhu lingkungan yang sesuai dengan keadaan atau dalam suhu berapa makhluk hidup itu bisa hidup. Sebab dengan suhu lingkungan tertentu makhluk hidup bisa hidup.

Manfaat Mempelajari Biologi

Adapun manfaat yang diperoleh dengan mempelajari Biologi adalah sebagai berikut :

  1. Bidang Pertanian

Dibidang pertanian , ilmu biologi sangat banyak manfaatnya. Misalnya dengan memanfaatkan Fisiologi, Genetika, Botani dan lainnya bisa mendapatkan bibit unggul dan buah yang berkualitas tinggi, serta tahan terhadap hama penyakit.

  1. Bidang Kedokteran

Untuk bidang kedokteran, ilmu Biologi dapat dimanfaatkan dalam cabang mikrobiologi, anatomi, fisiologi, dan semua itu membantu para dokter untuk melakukan pemeriksaan, pembedahan dan sebagainya. Jadi sangat banyak manfaatnya untuk kedokteran dan untuk menemukan hal-hal yang baru yang ada hubungannya dengan masalah kedokteran.

  1. Bidang Peternakan

Dengan memanfaatkan anatomi, fisiologi, taksonomi dan zoologi serta embriologi akan membantu para peternak untuk memperoleh bibit unggul melalui kawin silang ataupun kawin suntik. Contohnya : Sapi Hereford, ayam Australi, dan lainnya.

  1. Bidang Industri

Sedangkan dibidang industri ilmu biologi dapat dimanfaatkan di cabang fisiologi, zoologi, botani, taksonomi serta krobiologi akan membantu manusia untuk mengetahui jenis hewan ataupun tumbuhan yang bisa menghasilkan bahan bahan industri. Contohnya ulat sutra bisa menghasilkan bahan-bahan industri. Misalnya ulat sutra bisa menghasilkan benang sutra, tebu menghasilkan gula, kelapa sawit menghasilkan minyak, dan lainnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.