Jenis-Jenis Simbiosis dan Contohnya

Di dunia ini makhluk hidup saling berhubungan, semua makhluk hidup saling bergantung satu sama lain. Dan tidak ada satupun di dunia ini makhluk hidup yang tidak saling berhubungan dengan makhluk hidup lainnya. Menurut National Geographic, simbiosis adalah hubunga ataupun interaksi antara dua organisme makhluk hidup yang berbeda. Ada beberapa jenis macam simbiosis, antara lain :

Jenis-Jenis Simbiosis

Simbiosis Mutualisme

Simbiosis mutualisme adalah hubungan timbal balik antara dua makhluk hidup yang saling menguntungkan. Contohnya :

  • Lebah dengan bunga, lebah mendapatkan nektar dari bunga, sedangkan lebah membantu penyerbukan pada bunga.
  • Burung jalak dengan kerbau. Burung jalak mencari kutu di tubuh kerbau, sedangkan kerbau merasa diuntungkan karena kutu yang mengganggu di tubuhnya dimakan burung jalak.
  • Rayap dengan protista. rayap membiarkan protista tinggal di dalam perutnya, sedangkan protista membantu rayap sehingga dapat mencerna kayu.
Simbiosis Mutualisme lebah dan bunga
Simbiosis Mutualisme lebah dan bunga

Simbiosis Komensalisme

Simbiosis Komensalisme adalah hubungan timbal balik antara dua makhluk hidup, yang satu diuntungkan dan yang lain tidak diuntungkan. Contohnya :

  • Ikan hiu dengan ikan remora. Ikan remora memperoleh sisa-sisa makanan dari ikan hiu, sedangkan ikan hiu tidak dirugikan dengan keberadaan ikan remora.
  • Anggrek dan pohon. anggrek mendapat sinar matahari untuk fotosintesis, sedangkan pohon yang ditempelinya tidak dirugikan maupun diuntungkan.
  • Burung dan pohon. burung mendapatkan tempat sarangnya, sedangkan pohon tidak dirugikan maupun diuntungkan dari keberadaan burung.
  • Terumbu karang dan ikan. ikan mendapatkan rumah sebagai perlindungan di dalam terumbu karang, sadangkan terumbu karang tidak mendapatkan manfaat dari ikan.
Simbiosis Komensalisme sarang burung pada pohon
Simbiosis Komensalisme sarang burung pada pohon

Simbiosis Parasitisme

Simbiosis Parasitisme adalah hubungan timbal balik antara dua makhluk hidup yang satu diuntungkan dan yang lainnya dirugikan. Contohnya :

  • Tali putri dengan tanaman inangnya. Tali putri menghisap makanan dari tanaman inangnya. jika terus menerus menghisap makanan dari tanaman inangnya, tanaman inang akan mati.
  • Nyamuk dengan manusia. Nyamuk diuntungkan memakan darah manusia, sedangkan manusia dirugikan karena rasa gatal akibat gigitan dan bisa tertular penyakit.
Simbiosis Parasitisme tali putri dengan inangnya
Simbiosis Parasitisme tali putri dengan inangnya

Simbiosis Amensalisme

Simbiosis Amensalisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup yang satu dirugikan sedangkan yang lainnya tidak dirugikan. Contohnya :

  • Pohon pinus dengan tumbuhan lainnya. Pohon pinus mengeluarkan zat aleopati yang menghambat pertumbuhan tanaman lain sehingga biasanya hutan pinus hanya terdapat pohon pinus saja.
  • Jamur Ascomycota Penicillium dan bakteri. Jamur Ascomycota Penicillium menghasilkan penisilin yang membunuh bakteri disekitarnya sedangkan jamur tidak dirugikan ataupun diuntungkan dengan keberadaan bakteri.
pohon pinus
pohon pinus

Simbiosis Netralisme

Simbiosis Netralisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup yang tidak saling menguntungkan ataupun merugikan. Keduanya dapat hidup dalam satu lingkungan tanpa saling mempengaruhi. Contoh :

  • Ayam dan sapi yang hidup dalam satu lingkungan namun tidak saling mempengaruhi.
  • Katak dan ikan yang hidup diperairan yang sama namun tidak saling merugikan atau menguntungkan.

Simbiosis Kompetisi

Simbiosis kompetisi adalah hubungan antar dua makhluk hidup yang saling bersaing dan merebutkan makanan. Contoh :

  • Singa dan Hyena bersaing mendapatkan mangsa.
simbiosis kompetisi singa dan hyena
simbiosis kompetisi singa dan hyena
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.