Organ Gerak Hewan Dan Manusia Beserta Penjelasan Lengkap

Bergerak adalah salah satu ciri makhluk hidup. Untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain hewan dan manusia memiliki alat gerak berupa kaki, sayap, sirip dan otot perut. Selain untuk bergerak alat gerak juga digunakan untuk melompat,memegang, berenang dan memanjat.

Macam-macam Alat Gerak

Ada dua macam alat gerak yang dimiliki hewan dan manusia, yaitu alat gerak aktif dan alat gerak pasif. Alat gerak aktif berupa otot sedangkan alat gerak pasif berupa tulang. Otot dikatakan sebagai alat gerak aktif karena otot dapat berkontraksi sehingga menimbulkan gerakan pada rangka. Sedangkan tulang dikatakan alat gerak pasif karena tulang dapat bergerak dengan bantuan otot, jika tidak ada otot, tulang tidak dapat bergerak. Maka dari itu otot dan tulang bekerja sama ketika hewan dan manusia melakukan gerakan pada tubuhnya.

0rgan Gerak Hewan

Alat Gerak Hewan Dan Fungsinya

Setiap hewan memiliki alat gerak yang disesuaikan dengan aktivitas dan tempat hidupnya. Seperti halnya hewan-hewan berikut:

  1. Ikan memiliki alat gerak sirip dan ekor yang berfungsi untuk berenang dan menjaga keseimbangan.
  2. Reptilia memiliki alat gerak kaki seperti halnya buaya, otot perut seperti halnya ular dan juga kaki dayung seperti halnya penyu yang berfungsi untuk berjalan, merayap, memanjat dan berenang.
  3. Amfibi memiliki alat gerak kaki seperti halnya katak yang berfungsi untuk berjalan, melompat dan berenang.
  4. Burung memiliki alat gerak kaki dan sayap yang berfungsi untuk berjalan, berlari, terbang dan berenang.
  5. Mamalia memiliki alat gerak kaki (misalnya pada sapi, anjing, kucing) dan sirip (misalnya pada lumba-lumba dan juga paus) yang berfungsi untuk berjalan, berlari, melompat dan berenang.

Alat Gerak Pada Hewan Vertebrata Dan Invertebrata

Hewan biasanya dibagi menjadi dua kelompok besar, yaitu vertebrata dan invertebrata. Hewan vertebrata adalah hewan yang memiliki tulang belakang pada tubuhnya, sedangkan hewan invertebrata adalah hewan yang tidak memiliki tulang belakang pada tubuhnya.

Contoh, cara dan alat geraknya:

Hewan vertebrata

  1. Ikan bergerak berenang dengan sirip
  2. Katak bergerak melompat dengan kaki
  3. Buaya bergerak berjalan dengan kaki
  4. Penyu bergerak berjalan dan berenang dengan kaki dan perut
  5. Ayam bergerak berjalan dan berlari dengan kaki
  6. Burung bergerak terbang dan berjalan dengan sayap dan kaki
  7. Singa bergerak berjalan dan berlari dengan kaki
  8. Kanguru bergerak berjalan dan melompat dengan kaki

 Hewan invertebrate

  1. Laba-laba bergerak berjalan dengan kaki
  2. Udang bergerak berenang dengan kaki
  3. Ubur-ubur bergerak berenang dengan tentakel
  4. Kupu-kupu bergerak terbang dengan sayap
  5. Cacing bergerak berjalan dengan otot perut
  6. Bintang laut bergerak berjalan dan berenang dengan kaki-kaki tabung
  7. Lintah bergerak berjalan dengan otot perut
  8. Semut bergerak berjalan dengan kaki

Umumnya, hewan vertebrata dan invertebrata memiliki alat gerak yang serupa. Tetapi mereka juga memiliki beberpa perbedaan. Berikut perbedaan hewan vertebrata dan invertebrata.

  • Hewan vertebrata

 Umumnya hewan vertebrata adalah hewan yang memiliki tulang belakang dan juga memiliki struktur tubuh yang sempurna didalam tubuhnya. Memiliki organ pernafasan yang kompleks dan sempurna, seperti paru-paru dan insang. Memiliki bentuk tubuh yang simetri bilateral, jika tubuh hewan dibelah akan menunjukkan dua sisi simetris yang sama. Peredaran darah tertutup, seperti halnya pembulu darah untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Mereka juga memiliki alat pencernaan yang memanjang mulai dari mulut sampai alat pembuangan. Vertebrata juga di kelompokkan menjadi beberapa spesies, diantaranya; reptip, mamalia, burung, ikan dan amfibi.

  • Hewan invertebrata

Jika hewan vertebrata memiliki tulang belakang pada tubuhnya, sebaliknya hewan invertebrata tidak memiliki tulang belakang pada tubuhnya. Dan kebanyakan hewan invertebrata hanya memiliki anatomi tubuh yang sederhana atau bisa dikatakan tidak memiliki struktur tulang di dalam tubuhnya. Mereka menggunakan kulit, trakea atau insang sebagai alat pernafasan. Memiliki bentuk tubuh simetri bilateral atau simetri radial, bagian tubuh dalam susunan melingkar di sekitar poros tengah. Peredaran darah invertebrata masuk dalam peredaran darah tebuka, darah akan di distribusi langsung tanpa menggunakan pembulu darah. Alat pencernaanya pun termasuk dalam kategori sederhana. Hewan yang termasuk dalam kelompok invertebrata antara lain cacing, serangga dan binatang lunak.

Perhatikan beberapa contoh hewan vertebrata dan hewan invertebrata di bawah ini!

vertebrata dan invertebrata
vertebrata dan invertebrata

Manusia dan Lingkungan

Aktivitas-Aktivitas untuk Menjaga Kesehatan Alat Gerak

Manusia memiliki beberapa aktivitas dalam kehidupan sehari-harinya untuk memanfaatkan anggota tubuhnya. Seperti halnya saat melakukan aktivitas menulis, melempar bola, makan, berjalan, menendang bola dan mengayun sepeda.

Karena adanya otot dan tulang anggota tubuh dapat bergerak saat melakukan aktivitas.maka untuk menjaga otot dan tulang tetap kuat, sebaiknya kita harus mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat serta harus tetap menjaga pola makan yang teratur. Beberapa makanan yang sehat untuk pertumbuhan otot dan tulang antara lain susu, sayuran, daging dan telur.

Tulang sebagai Alat Gerak Manusia

Saat kamu mempelajari bahwa tulang melupakan alat gerak pasif yang di miliki makhluk hidup, termasuk manusia. Selain untuk alat gerak, tulang juga berfungsi sebagai penopang tubuh, memberi bentuk tubuh dan tempat untuk melekatnya otot-otot.

Berdasarkan bentuknya, tulang biasanya dibedakan menjadi dua kelompok, antara lain; tulang pipih (misalnya tulang telapak tangan dan tulang rusuk) dan tulang pipa (misalnya tulang paha dan tulang lengan).

Berdasarkan zat penyusunnya, tulang juga dibedakan menjadi dua, antar lain; tulang rawan (misalnya tulang telinga) dan tulang keras (misalnya tulang tengkorak).

Lengan dan kaki adalah alat gerak manusia yang tersusun dari tulang-tulang. Lengan termasuk alat gerak atas, sedangkan kaki termasuk alat gerak bawah.

Perhatikan gambar berikut!

Jenis-jenis Otot Manusia dan Fungsinya

Seperti yang sudah diketahui otot merupakan alat gerak aktif bagi manusia. Otot juga terdapat di hampir seluruh tubuh manusia, termasuk tangan dan kaki. Ketika bekerja, otot akan melakukan kontraksi dengan cara memanjang dan memendek untuk dapat menggerakan tulangnya.

Umumnya otot terdiri dari tiga jenis, yaitu:

  1. Otot polos, otot yang mampu menggerakkan organ tubuh tanpa kita kendalikan. Misalnya, lambung bergerak menghancurkan makanan.
  2. Otot jantung, otot yang hanya menggerakkan jantung. Otot ini juga membentuk dinding jantung dan menciptakan denyut jantung yang teratur dan berirama.
  3. Otot lurik, otot yang menggerakkan anggota tubuh sesuai yang kita inginkan. Misalnya, saat kita inggin menggerakkan tangan dan kaki.

Perhatikan gambar jenis otot di bawah ini!

Macam-Macam Sendi pada Tulang dan Macam-Macam Gerak Otot

Kita telah mengetahui bahwa tulang adalah alat gerak pasif sedangkan otot adalah alat gerak aktif yang bekerja secara bersamaan. Tetapi tulang satu dengan tulang lainnya juga dihubungkan dengan sendi-sendi.

Dalam rangka manusia terdapat beberapa macam sendi,antara lain;

  • Sendi putar
    Kenapa disebut sendi putar karena sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan memutar antar tulang, dimana ujung tulang yang satu berupa tonjolan yang masuk ke dalam lubang tulang yang lainnya. Misalnya pertemuan tulang leher dan tulang tengkorak yang menjadikan gerakan memutar.
  • Sendi engsel
    Adanya hubungan antara ujung tulang yang menghasilkan gerakan seperti engsel pintu. Seperti halnya hubungan antara tulang paha dengan tulang kering pada lutut, atau tulang lengan dengan tulang hasta pada sikut, dan juga ruas-ruas ibu jari yang termasuk dalam sendi engsel.
  • Sendi peluru
    Merupakan persendian yang memungkinkan gerakan di seluruh arah, biasanya berporos tiga dan juga tempat pertemuan tulang berbentuk bola dan tulang berbentuk mangkok, seperti halnya antara tulang panggul dan tulang paha.
  • Sendi pelana
    Sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan dua arah. Sendi pelana ini biasanya terdapat di antara tulang telapak tangan dengan tulang ibu jari.
  • Sendi gulung
    Sendi yang ada di antara tulang telapak tangan dengan tulang pengumpil.
  • Sendi geser
    Sendi ini biasanya hanya memiliki gerakan terbatas, yaitu hanya dapat menggeser. Seperti halnya terdapat di antara tulang-tulang pergelangan kaki.

Perhatikan contoh gambar sendi di bawah ini!

Selain tulang yang memiliki macam-macam sendi, otot juga memiliki macam-macam gerak pada manusian. Inilah macam-macam gerak pada otot, antara lain;

  • Gerak menekuk atau meluruskan
    Gerakan menekuk dan meluruskan biasanya dilakukan pada sendi engsel dan pelana. Seperti halnya gerakan lutut, siku dan ruas-ruas ibu jari tangan adalah contoh gerakan menekuk dan meluruskan.
  • Gerak menaikkan
    Gerakan pada saat membuka mulut kemudian menutup adalah contoh gerakan menaikkan bagian tubuh. Hal ini dapat terjadi karena adanya gerakan naiknya tulang rahang bawah yang semula berada di bawah kembali ke arah atas. Contoh lainnya yaitu gerakan jalan dan gerakan berlari.
  • Gerakan menurun atau menekan ke bawah
    Gerakan mengentakkan kaki, menekan benda menggunakan tangan dan juga gerakan membuka dan menutup mulut yang di sebabkan tulang rahang bawah bergerak ke arah atas adalah contoh gerakan menurukan atau menekan ke arah bawah menggunakan bagian tubuh.
  • Gerakan memutar
    Gerakan memutar biasanya dilakukan pada sendi putar dan peluru. Seperti halnya gerakan kepala menengok kanan dan kiri, serta berputarnya lengan.
  • Gerakan menjauh dan mendekatkan tubuh
    Gerakan merentangkan tangan dan menggerakkan kaki ke arah samping termasuk contoh gerakan menjauhkan dan mendekatkan yang dilakukan tubuh pada manusia.

Perhatikan gambar contoh gerakan di bawah ini!

macam gerak pada otot manusia
macam gerak pada otot manusia

Cara Memelihara Kesehatan Alat Gerak Manusia

Dalam kehidupan sehari-hari kita di anjurkan berjalan kaki sekitar 10.000 langkah untuk membuat tubuh kita menjadi sehat. Tetapi berjalan juga dapat mengakibatkan gangguan kesehatan jika dilakukan dengan tidak benar, seperti berjalan dengan melangkahkan kaki terlalu lebar atau sambil menunduk. Maka dari itu kita harus memperhatikan lebar langkah dan posisi tubuh kita saat berjalan agar tubuh kita tetap sehat.

Bukan hanya berjalan, tetapi berlari , menulis dan juga duduk adalah aktivitas yang selalu kita lakukan setiap harinya. Dan sudah kita ketahui bahwa berlajan, menulis, berlari dan juga duduk pun kita menggunakan tulang dan otot sebagai alat gerak kita. Jika kita tidak memelihanya dengan baik maka aktivitas kita sehari-hari pasti akan terganggu.

Bagaimana cara kita memelihara kesehatan tulang dan otot dengan baik dan benar? Cara memelihara kesehatan tulang dan otot sebagai alat gerak yaitu dengan cara makan makanan yang bergizi dan seimbang, posisi tubuh tegak saat kita berdiri, dan juga berolahraga secara teratur.

Penyakit atau Kelainan pada Alat Gerak Manusia

Saat kamu sudah mengetahui cara memelihara kesehatan alat gerak manusia termasuk tulang, tetapi kamu lalai memeliharanya maka tulang dapat mengalami penyakit atau kelainan.

Beberapa contoh penyakit atau kelainan pada tulang manusia, antara lain:

  1. Retak dan patah tulang
    Ketika kita mengalami kecelakaan atau jatuh, tubuh kita biasanya terbentur benda keras yang mengakibatkan retak dan patah tulang sehingga menyebabkan kelainan pada tulang.
    Retak tulang biasanya di kenal dengan sebutan fisura, sedangkan patah tulang biasanya di kenal dengan sebutan fraktura.
  2. Skoliosis, lordosis dan kifosis
    Skoliosis, lordosis dan kifosis merupakan sebutan kelainan tulang pada punggung. Skoliosis adalah kelainan tulang punggung membengkok ke arah samping tubuh. Lordosis adalah kelainan tulang punggung membengkok ke arah depan tubuh, sehingga tubuh tampak membusungkan badan. Sedangkan kifosis adalah kelainan tulang membengkok ke arah belakang tubuh, sehungga tubuh tampak membungkuk.
Skoliosis, lordosis dan kifosis
  1. Rakitis
    Rakitis merupakan penyakit pada tulang yang disebabkan oleh kekurangan gizi, seperti fosfor, kalsium dan vitamin D. hal ini mengakibatkan tulang tidak tumbuh normal yang menyebabkan bentuk tulang kaki menjadi bengkok, seperti huruf O atau X.
Rakitis
  1. Osteoporosis
    Osteoporosis merupakan penyakit pada tulang yang disebabkan oleh menurunnya kepadatan tulang karena tulang kekurangan fosfor dan kalsium. Osteoporosisi mengakibatkan tulang terasa nyeri  dan juga mudah patah saat jatuh. Biasanya osteoporosis lebih sering diderita oleh seseorang di usia tua.
Osteoporosis

Kelaianan Otot pada Manusia

Bukankah kita sudah mengetahui bahwa otot merupakan alat gerak aktif pada manusia dan juga merupakan organ penting manusia dalam menggerakkan tubuh manusia. Tanpa otot, manusia tidak dapat bergerak dan beraktivitas. Agar terhindar dari cedera pada organ gerak kita, tulang dan otot, maka kita harus berhati-hati dalam setiap gerakan dan kegiatan yang kita lakukan. Jangan sampai kita membebani kerja organ gerak kita dengan gerakan-gerakan dan beban-beban di luar batas kemampuan organ gerak kita.

Jika terjadi cedera dan gangguan pada organ gerak kita, kita akan merasakan sakit dan tidak bisa melakukan gerakan dan kegiatan seperti biasanya. Berikut beberapa contoh penyakit atau kelainan yang terjadi pada otot manusia.

  • Hipertrofi

Hipertrofi adalah kelainan otot yang menyebabkan pembesaran otot dan menjadi lebih kuat akibat sel otot diberikan kegiatan atau aktivitas yang terus-menerus secara berlebihan.

  • Atrofi

Atrofi adalah kelainan pada otot yang berupa otot yang mengecil, melemah dan menurunnya fungsi otot. Kelainan ini dapat disebabkan  oleh makanan yang buruk, sirkulasi udara yang buruk dan otot tidak digunakan atau karena adanya penyakit polimielitis yang mengakibatkan rusaknya sel saraf pada otot.

  • Stiff atau kaku leher

Kelainan otot karena sakit pada otot leher yang diakibatkan cidera otot, infeksi meningitis, adanya peradangan otot trapesius leher atau kelainan anatomi tulang belakang akibat gerakan yang menghentak secara tiba-tiba atau karena salah gerak.

  • Tetanus

Tetanus adalah kelainan otot yang mengakibatkan adanya kejang atau kaku otot yang disebabkan adanya infeksi  bakteri Clostridium tetani. Penderita tetanus akan mengalami kejang yang berupa kekakuan otot yang menyebabkan rahang penderita mengatup rapat dan tidak bisa dibuka.

Perhatikan gambar di bawah ini!

Kelaianan Otot pada Manusia

Penyebab Gangguan Kesehatan Alat Gerak

Kita sudah mengetahui dan mempelajari beberapa contoh penyakit atau kelainan yang terjadi pada otot manusia. Umumnya, penyakit atau kelainan pada otot  tersebut terjadi karena bawaan sejak lahir, infeksi bakteri atau virus. Selain itu, ada juga penyebab gangguan kesehatan otot dan tulang yang juga sering terjadi akibat kebiasaan yang salah, contohnya:

  • Posisi duduk yang salah,
  • Membaca buku dengan posisi tidur,
  • Sering membawa atau memikul beban yang terlalu berat,
  • Kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D dan kalsium,
  • Tidur dengan posisi yang tidak benar,
  • Usia juga dapat mempengaruhi karena semakin tua maka fungsi organ gerak akan semakin melemah,
  • Berjalan dengan tubuh yang bungkuk,
  • Menulis dengan tubuh miring ke samping atau ke depan,
  • Kecelakaan yang menyebabkan patah tulang juga berpotensi menyebabkan kelainan system gerak jika tidak ditangani dengan baik, dan
  • Kurangnya olahraga.

Maka dari itu, kita harus menjaga kesehatan otot dan tulang dengan cara berolahraga secara teratur, berjalan atau duduk dengan tegap, mengkonsumsi sayuran dan susu yang berkalsium, serta menjaga kebersihan makanan dan lingkungan sekitar. Supaya kita terhindar dari adanya gangguan kesehatan alat gerak kita.

Leave A Reply

Your email address will not be published.