7 Rekomendasi Earphone Terbaik

ads stream

Mendengarkan musik atau bermain game menggunakan earphone dibanding dengan speaker langsung tentunya memberikan experience yang berbeda. Banyak merek teknologi yang membuat earphone dengan nama perusahaan mereka sendiri yang tentunya menguntungkan para konsumen seperti kamu untuk memiliki banyak pilihan membeli Earphone yang berkualitas dan murah.

Banyak merek earphone yang sering digunakan oleh kebanyakan orang pada umumnya seperti dBe, Sony, JBL, Anker, Razer, SteelSeries, Logitech, HyperX, Corsair, Rexus, Sades, dan lainnya. Merek merek tersebut menawarkan berbagai jenis fitur dan keunggulan masing-masing. Nah, sebelum kamu melihat daftar rekomendasi earphone terbaik, kamu harus memahami terlebih dahulu perbedaan headphone, headset, earphone, dan earbud. Selain itu kamu harus mempertimbangkan untuk memilih earphone mana yang cocok dengan kamu.

Perbedaan Headphone, Headset, dan Earphone

Headphone

headphone
headphone

Istilah paling dasar dari semua yang lain adalah headphone. Istilah headphone adalah perangkat keras sebagai alat bantu dengar yang dipasangkan di kepala yang menutupi kedua daun telinga sehingga suara yang dihasilkan dapat terlihat jelas. Headphone pada umumnya hanya digunakan untuk mendengar saja tanpa menggunakan headset. Nah, jika kamu pernah melihat penyanyi menggunakan alat pendengar saat bernyanyi melakukan rekaman lagu dan menggunakan mikrofon sendiri, maka penyanyi itu menggunakan headphone.

Headset

headset
headset

Jika sudah memahami definisi headphone dengan jelas, maka akan lebih mudah menjelaskan apa itu headset! Headset adalah perangkat keras audio seperti headphone yang menutupi kedua daun telinga, namun memiliki mikrofon yang didekatkan kearah mulut. Jadi perangkat ini dominan digunakan untuk komunikasi dua arah misalnya saat kamu ngobrol dengan temanmu di game, atau melakukan panggilan zoom dengan teman kantor.

Earphone

earphone
earphone

Earphone memiliki desain yang lebih kecil daripada headphone maupun headset, khususnya untuk ukuran speakernya. Jika headphone dan headset menutupi seluruh daun telinga, maka earphone hanya menutupi lubang telinga. Untuk earphone sendiri memiliki cabang sendiri menjadi Earbuds dan TWS (True Wireless Stereo).

Cara Memilih Earphone

Konektivitas Earphone

Earphone wired, sesuai namanya yaitu earphone kabel yang dapat diandalkan dengan perangkat ponsel kamu. Earphone jenis ini memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri. Kelebihan dari earphone wired yaitu konektivitas stabil & bebas lag. Kekurangannya yaitu penganan kabel yang bermasalah karena mudah kusut.

Sedangkan earphone wireless juga memiliki kekurangan dan kelebihannya. biasanya earphone wireless lebih menggunakan bluetooth sebagai konektivitasnya ke sumber musik. Kelebihan earphone wireless yaitu portabel bebas tanpa kabel, sedangkan kekurangannya yaitu latensi jeda jika bermain game tentu mempengaruhi ke permainan dan juga baterai juga menjadi perhatian utama. Untuk earphone wireless lebih mudah dikenal dengan nama TWS. Lebih lengkapnya untuk rekomendasi TWS bisa dibaca dilink bawah ini.

Baca Juga :
9 Rekomendasi Earbud TWS Terbaik dan Murah
9 Rekomendasi Earbud TWS Dibawah 200 Ribu
9 Rekomendasi Earbud TWS Dibawah 300 Ribu
7 Rekomendasi Earbud TWS Dibawah 400 Ribu

Spesifikasi Earphone untuk Dipertimbangkan

  • Driver : Driver di earphone mengubah sinyal listrik menjadi tekanan suara. Dengan kata sederhana, driver yang lebih besar, maka kualitas suara keseluruhan yang menjadi baik.
  • Peringkat IPX : Pilih earphone dengan IPX yang lebih tinggi. Peringkat IPX menunjukan tingkat perlindungan terhadap debu, air, keringat, dll. Peringkat IPX lebih tinggi artinya perlindungan lebih baik.
  • Respon Frekuensi : Respon frekuensi berarti rentang frekuensi yang dapat dicakup oleh earphone kamu. Frekuensi yang lebih besar sama dengan frekuensi yang lebih baik. Perbedaan yang lebih besar antara nilai minimum dan maksimum menunjukkan cakupan jangkauan lebih besar. Kisaran normal adalah antara 20Hz hingga 20.000Hz.
  • Impendance : impendance merupakan resistansi sirkuit earphone terhadap sinyal listrik. Pada umumnya lebih baik memilih impendance yang lebih kecil. harus kurang dari 25Ohms.
  • Sinsitifitas : sinsitifitas atau sensitivity merupakan banyak suara yang dapat dihasilkan earphone untuk satu miliwatt sinyal listrik. Sinsitivitas lebih tinggi sama dengan suara lebih tinggi yang akan kamu dapatkan.
  • Noice Cancellation : Ini adalah salah satu fitur paling menonjol yang harus anda cari saat memilih earphone. Jika kamu sering berpergian di tempat keramaian yang bising, maka Noice cancellation akan dapat berguna karena dapat meredam bahkan suara kecil seperti AC, pesawat, drone, dan lainnya.

7 Rekomendasi Earphone Terbaik

1. SONY MDR-XB55AP Extra Bass Earphone

SONY MDR-XB55AP Earphone
SONY MDR-XB55AP Earphone

Sony In-Ear Headphone Extra Bass dengan Rancangan khusus driver 12mm menggabungkan desain ringan hemat ruang dengan sensitivitas tinggi 112dB/mW, untuk menghasilkan suara bertenaga tanpa distorsi pada volume tinggi. Teknologi Powered Bass Duct++ memberikan dentuman bass responsif dan sub-bass bertenaga, membuatnya sempurna untuk gaya musik yang berfokus pada suara low-end. Melakukan panggilan bebas genggam dan mengganti lagu tanpa harus menyentuh smartphone Anda, berkat remote inline dan mikrofon.

KoneksiWired
Impedance16 ohm
Frekuensi4Hz-24.000Hz
Sensitivitas112dB/mW

2. dbE PR280 Over Ear Hifi / Gaming Earphone

dbE PR280 Over Ear Hifi / Gaming Earphone
dbE PR280 Over Ear Hifi / Gaming Earphone

dbE PR280 adalah Over Ear Hifi Earphone yang dapat digunakan untuk bermain game, mendengarkan musik dan meeting online. Desain Over Ear membuat earphone ini sangat nyaman digunakan untuk waktu lama.

Penggunaan single dynamic driver membuat suara yang dihasilkan koheren dan natural. Earphone ini memiliki karakter suara yang detail tetapi tetap memiliki bass yang punchy dan powerfull, apalagi ketika dipasangkan dengan eartips dbE Comfit. Untuk digunakan bermain game, stagingnya yang luas namun akurat dapat membuat step lawan terdengar dengan jelas arahnya.

KoneksiWired
Impedance16 Ohm +- 5%
Frekuensi20 Hz – 20 kHz
Sensitivitas

3. JBL Endurance Run

JBL Endurance Run
JBL Endurance Run

Hasil menentukan, dan jika Anda memiliki headphone yang sempurna, tidak ada yang menghalangi antara Anda dan latihan Anda. Dengan desain FlipHook™ mereka, headphone beradaptasi di telinga atau di belakang telinga yang sesuai untuk menambah kenyamanan. Kombinasi yang nyaman dari penyumbat telinga FlexSoft™ dan teknologi TwistLock™ berarti penyumbat telinga ini dijamin anti cedera dan anti jatuh. Dan jika menurut Anda sedikit keringat atau hujan akan merusak latihan Anda, pikirkan lagi. Berkat IPX5 tahan keringat, headphone JBL Endurance RUN mengikuti setiap langkah Anda, sementara kontrol jarak jauh dan mikrofon in-line memastikan Anda tidak pernah mencapai saku untuk menjawab panggilan.

KoneksiWired
Impedance
Frekuensi20 Hz – 20 kHz
Sensitivitas

4. Anker SoundBuds Slim – A3410 Earphone

Anker SoundBuds Slim - A3410
Anker SoundBuds Slim – A3410

Anker SoundBuds Slim – A3410 Earphone menggunakan Earbud Ringan yang Menangkal Keringat dan Hujan. Driver 6mm menghadirkan musik yang renyah dan jernih ke telinga Anda melalui koneksi yang mulus dan bebas lompatan.

SoundBuds Slim dirancang untuk menjadi ramping dan ringan (15g), sekaligus menawarkan kinerja yang serius. Tempelkan secara magnetis saat tidak digunakan, atau dimasukkan ke dalam travel pouch. EarTips multi-ukuran dan InEar-Hooks memberikan pegangan yang kokoh dan nyaman. Ukuran kabel 55cm untuk kesesuaian universal dan tidak ada kekusutan yang mengganggu. Sesuaikan panjang kabel Anda dengan FitClip, atau tempelkan pada pakaian Anda untuk keamanan ekstra melalui Shirt Clip.

Mainkan hingga 10 jam *; lebih lama dari kebanyakan earphone di pasaran. Bluetooth 5 memastikan jangkauan koneksi hingga 33 kaki, kompatibel dengan iPhone 7 atau perangkat Bluetooth apa pun.

KoneksiWireless Bluetooth
Impedance
Frekuensi20 Hz – 20 kHz
Sensitivitas

5. Logitech G333 In-Ear Earphone

Logitech G333 In-Ear Earphone
Logitech G333 In-Ear Earphone

G333 menghadirkan high fidelity audio dan komunikasi yang jelas pada banyak perangkat, seperti PC, mobile, Xbox™, PlayStation® , Nintendo® dan masih banyak lagi dengan menggunakan konektor 3,5 mm dan adaptor USB-C yang disertakan.

G333 didesain khusus untuk pengalaman gaming yang optimal. Dual dedicated audio driver, satu untuk nada tinggi/sedang dan satu untuk bass, menghadirkan audio yang mantap sehingga menciptakan kembali dunia game dengan akurat.

Mikrofon in-line yang berkualitas menghadirkan komunikasi dan chat yang jelas, sementara kontrol terintegrasi memungkinkanmu untuk memutar, menjeda, dan mengontrol volume dengan mulus. Mikrofon ini juga memungkinkanmu untuk berkomunikasi dalam game, serta menjawab telepon ketika kamu bermain menggunakan ponselmu.

KoneksiWired
Impedance24 Ohm ±20%
Frekuensi20 Hz – 20 kHz
Sensitivitas101,6±3 DB

6. Razer Hammerhead Pro V2

Razer Hammerhead Pro V2
Razer Hammerhead Pro V2

Razer Hammerhead telah dirancang ulang dari bawah ke atas dengan desain bodi yang serba baru dan kabel bergaya datar untuk semakin melengkapi diri Anda sebagai gamer seluler. Rasakan kejernihan akustik yang superior dan kinerja bass yang ditingkatkan melalui driver dinamis 10 mm ekstra besar yang ditingkatkan, lebih dari 20% lebih besar dari Razer Hammerhead asli, menampilkan ruang akustik bagian dalam yang dioptimalkan. Razer Hammerhead melengkapi setiap gaya dengan tetap mempertahankan faktor daya tahan khasnya. Dirancang dengan bodi berkualitas tinggi untuk mengaktifkan akustik yang lebih baik, kabel gaya datar yang baru juga memfasilitasi mobilitas yang bebas repot dan penyimpanan yang mudah saat Anda bepergian.

KoneksiWired
Impedance32 Ohm ±15%
Frekuensi20 Hz – 20 kHz
Sensitivitas102 ±3 DB

7. Rexus Earphone S500i

Rexus Earphone S500i
Rexus Earphone S500i

In Ear Headset S500i akan memberikan pengalaman baru mendengarkan musik scra komplit, kapanpun dan dimanapun.Dengan ukuran yg relatif kecil. Tiga pilihan earbud berfungsi sebagai passive noise cancelation utk mereduksi gangguan suara dr luar sehingga suara audio yg dihasilkan makin terdengar sempurna.

KoneksiWired
Impedance16 Ohm
Frekuensi20 Hz – 20 kHz
Sensitivitas97dB3dB
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.