Cara Mendapatkan Uang Dari Menjadi Blogger di 2021

Di jaman sekarang banyak cara untuk menjadi sukses melalui internet, salah satunya iyalah menjadi blogger. Blogger merupakan orang yang membuat blog, membagikan pandangan mereka serta perspektif mereka dalam sebuah konten atau postingan artikel di dalam website. Sedangkan Blog adalah website atau jurnal online yang memuat beragam informasi dalam bentuk konten atau postingan artikel. Konten atau artikel selalu diperbaharui secara berkala dan biasanha dikelola oleh satu atau beberapa orang.

Apapun bisa kamu tulis dalam sebuah artikel blog, entah itu opini, panduan, fakta, hasil riset dan lainnya. Contohnya seperti kamu pecinta game, maka kamu bisa membuat artikel informasi tentang game yang kamu mainkan. Atau kamu mempunyai hobi masak, maka kamu bisa membuat artikel berisikan resep dan panduan masakan. Kamu bisa memulai membuat website bisa melalui penyedia layanan gratis seperti blogger.com atau berbayar seperti wordpress.org .

Terus apakah menjadi blogger bisa menghasilkan uang? Tentu, kamu bisa mendapatkan uang dari menjadi seorang blogger dengan berbagai cara. Berikut kami akan menjelaskan bagaimana dan darimana seorang blogger bisa mendapatkan uang.

Cara Mendapatkan Uang dari Blog

1. Advertising Network

Para blogger pada umumnya memiliki sumber penghasilan dari iklan yang dipasang di blog mereka. iklan tersebut kebanyakan berasal dari layanan Advertising Network atau Jaringan Periklanan.

adsense

Advertising Network merupakan program periklanan yang menghubungkan antara pengiklan (advertiser) dengan para pemilik blog (publisher). Untuk mengikuti program periklanan ini, pemilik blog (publisher) harus mendaftarkan website blog nya ke program periklanan tersebut. Jika pendaftaran anda memenuhi kriteria dan diterima, maka iklan siap dipasang di website kamu dan mendapatkan uang.

Ada beberapa jenis iklan yang bisa menghasilkan uang antara lain : BPK ( bayar per klik ) yang artinya setiap iklan di klik maka kamu mendapatkan uang, dan BPS ( bayar per seribu ) yang artinya setiap iklan tertampil seribu kali kamu akan mendapatkan uang.

Selain Adsense dari Google, adapaun advertising Networks lainnya yang bisa digunakan yaitu, Amazon publisher, MGID, Popads, Adcash, Adsterra, SmartyAds dan lain-lain.

Namun tetap Google Adsense lah yang paling diminati oleh banyak blogger sebagai program periklanan mereka. Namun sayangnya harga iklan di indonesia sendiri masih rendah dibandingkan dengan negara lain karena para pengiklan masih banyak yang menggunakan media konvensional. Tapi tak menutup kemungkinan kamu bisa mendapatkan pendapatan dari jutaan, puluhan juta, hingga ratusan juta rupiah dalam sebulan.

2. Direct Advertising

Direct Advertising atau iklan langsung merupakan metode iklan dengan cara publisher menawarkan langsung kepada advertiser untuk pemasangan iklan ataupun sebaliknya advertiser menawarkan langsung untuk memasang iklan di website publisher.

Direct Advertising tentunya akan memiliki penghasilan lebih besar karena pengiklan langsung menawarkan iklannya ke pihak blogger tanpa pihak ketiga seperti advertising network tadi sehingga tidak ada pemotongan biaya dan pajak.

Kendati penghasilan lebih besar dibandingkan dengan advertising network, namun hal ini jarang terjadi karena harus melalui perundingan antara kedua belah pihak dan tidak menemukan kesepakatan atau bisa jadi karena publisher tidak memberikan kontak untuk menghubunginya.

Untuk mendapatkan tawaran iklan langsung ini kamu harus membuat halaman khusus untuk promosikan website kamu dan memberikan informasi detail dari ukuran iklan, durasi, jumlah impresi penonton dan lainnya. Dan juga website kamu harus memiliki citra yang baik seperti tidak memberikan informasi konten ilegal atau menyesatkan.

3. Paid Review

Paid review adalah membuat sebuah konten yang berisikan review produk atau jasa pihak lain. Pad review hampir sama dengan Direct Advertising, perbedaanya Paid Review yaitu memreview produk atau jasa dalam bentuk postingan artikel, sedangkan Direct Adveritising iklan yang berbentuk banner.

 Paid Review
Paid Review

Seperti contoh gambar diatas, Perusahaan GOJEK menawarkan kerja sama berupa penulisan review artikel mengenai fitur barunya. Pihak pengiklan tersebut bisa meminta backlink atau menitipkan link website nya di dalam artikel agar bisa meningkatkan kunjungan ke website mereka atau pengunjung mengetahui fitur baru dari perusahaan yang beriklan tersebut.

Biasanya harga sekali penulisan review ini sekitar antara Rp.150.000 hingga jutaan rupiah, tergantung dari jumlah pengunjung di website blog kita.

4. Affiliate Program

Affiliate program adalah suatu metode pemasaran/bisnis di mana seseorang akan mendapatkan sejumlah komisi karena berhasil mempromosikan produk yang telah di pasang di website kita.

lazada affiliate
lazada affiliate

Apabila ada pembaca membeli produk melalui banner yang ada di website kita, maka kita akan mendapatkan komisi beberapa persen dari harga jual produk tersebut. Contoh affiliate program yang ada sekarang adalah Blibli.com, lazada dan lainnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.