Tips Dan Contoh membuat Proposal 2019

Tips dan Contoh Proposal

Tips dan Contoh Proposal. Apa Itu Proposal? Proposal merupakan sebuah dokumen yang ditulis oleh ketika seseorang perlu meminta izin untuk melakukan sesuatu atau rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja. Umumnya proposal digunakan saat meminta izin melakukan pembelian ataupun mengerjakan proyek. Proposal juga bisa diartikan sebagai sebuah cara yang bersifat formal untuk mengajukan ide dan meminta izin untuk menjalankan ide tersebut. Ketika menulis sebuah proposal, Anda harus mempertimbangkan siapa yang akan membaca proposal tersebut. Pastikan Anda menjelaskan secara detail terkait ide atau gagasan yang akan diajukan, sehingga orang yang membaca proposal akan memahaminya. Berikut contoh dan tips membuat proposal :

 Tips dan Contoh Proposal
Tips dan Contoh Proposal

Tips Membuat Proposal Agar Hasilnya Maksimal

Penggunaan Bahasa Yang Benar

Menjadi kesalahan fatal jika Anda tidak dapat menggunakan bahasa yang baik dalam pembuatan proposal. Pastikan bahasa yang digunakan sesuai dengan aturan yang berlaku. Hindari juga kesalahan penulisan kata, untuk itu lakukan cek berkala baik saat proses membuat proposal atau ketika selesai. Sehingga pembaca proposal akan lebih mudah dalam memahami isi demi isinya.

Materi Harus Berkaitan Dengan Tujuan

Ketika membuat sebuah proposal, Anda harus memperhatikan konten yang ditulis. Tak ada gunanya jika Materi yang ada pada proposal tidak berkaitan dengan tujuan Anda. Jadi pahami dahulu masalah apa yang akan diselesaikan dengan gagasan Anda yang tertuang dalam proposal.

Sebutkan Nilai Jual Unik Anda

Proposal yang baik harus menyebutkan solusi dari sebuah masalah yang dapat diselesaikan oleh layanan yang Anda berikan. Anda dapat menyebutkan kelebihan dari layanan yang akan ditawarkan untuk menarik perhatian. Ini jelas akan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan tanggapan positif karena proposal Anda dianggap bermanfaat.

Menulis Di Tempat Nyaman

Anda akan semakin sulit membuat sebuah proposal jika merasa tidak nyaman. Ketidaknyamanan ini dapat berdampak buruk terhadap proposal yang dihasilkan. Jangan sampai ide atau gagasan yang akan diajukan justru ditolak karena banyak terdapat kesalahan. Untuk itu, lebih baik untuk membuat proposal di tempat yang sekiranya nyaman. Anda dapat mengerjakan tugas ini di café, ruang kerja pribadi atau dimanapun, yang terpending Anda merasa nyaman. Jika Anda tidak mampu untuk menghasilkan proposal yang berkualitas, Anda bisa membayar orang yang ahli dibidang ini.

Baca Juga:
Contoh & Cara Membuat Company Profile / Profil Perusahaan
Contoh Proposal Maulid Nabi Muhammad SAW

Luangkan waktu untuk merencanakan proposal Anda

Jika ingin proposal Anda dapat diterima dan disetujui, cobalah untuk meluangkan waktu lebih untuk merencanakan materi pada proposal. Anda dapat menuliskan berbagai elemen penting untuk menguatkan isi dari proposal. Biasanya akan ada pesaing yang menargetkan hal yang sama dengan Anda. Oleh karena itu, buatlah proposal dengan materi sedetail mungkin hingga dapat memikat pembaca proposal.

Contoh Contoh Proposal

Contoh Proposal 1


Proposal Kegiatan Kebersihan Lingkungan RT 1 RW 5 Desa Karangsalam.

I. PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Salah satu aspek yang harus selalu diperhatikan adalah soal kebersihan. Kita semua tau bahwa kebersihan merupakan sebagian dari iman. Oleh karena itu, kita harus senantiasa menjaga kebersihan lingkungan agar kesehatan masyarakat bisa terjaga. Tanpa disadari, rusaknya lingkungan sekitar merupakan hasil perbuatan kita sendiri. Perilaku membuang sampah sembarangan, malas untuk menyapu sampah di dekat rumah menjadi perilaku buruk yang sering dilakukan oleh masyarakat.

Kegiatan kebersihan yang kedepannya akan rutin dilakukan semata-mata untuk kenyamanan kita bersama. Jadi peran masyarakat semuanya sangat diharapkan. Perilaku buruk yang berkaitan dengan kotornya lingkungan kita harus dihilangkan. Dan mari kita jaga kebersihan lingkungan sehinga kita semua akan aman dari bahaya sampah

B. Tujuan
Adapun tujuan dari kegiatan kebersihan ini adalah untuk menyadarkan kita semua agar memiliki kepedulian terhadap lingkungan. Dengan begitu, perilaku yang berakibat rusaknya lingkungan akan dihindari.

II. ISI PROPOSAL

 A. Tema

Untuk memberikan semangat menjaga kebersihan, kegiatan ini mengambil tema “Kebersihan Untuk Kesehatan Kita”. Tema tersebut diambil dengan tujuan agar semua sadar bahwa kebersihan akan berdampak baik terhadap kesehatan.

 B. Peserta

Kegiatan kebersihan ini akan diikuti oleh seluruh masyarakat RT 1 RW 5 Desa Karangsalam. Jadi diharapkan untuk ikut berkonstribusi jika tidak memiliki kegiatan yang tidak bisa ditunda lain.

C. Alat-Alat Yang Diperlukan :

Masayrakat diharapkan membawa alat-alat kebersihan sendiri seperti :

  • Sapu Lidi
  • Cangkul
  • Sabit
  • Ember dan lain sebagainya

D. Waktu dan Tempat Kegiatan Kebersihan Lingkungan:

Hari                        : Minggu
Tanggal                 : 12 Januari 2020
Tempat                 : Seluruh Area RT 1 RW 5 Desa Karangsalam

III. Susunan Acara

A. Susunan Kepanitian susunan kepanitiian

Ketua                         : Bapak Dedi Irawan selaku Ketua RW
Bendahara                : Ibu Marsinah
Bagian Konsumsi     : Ibu Aminah
Penanggung Jawab : Bapak Susilo Andi

 B. Anggaran

Dana kegiatan akan dialokasikan dari uang kas RW yang saat ini berjumlah Rp. 21.350.000. Kegiatan ini akan menggunakan dana sebesar Rp. 5.250.000. Dana ini digunakan untuk konsumsi, pembelian cat, dan membeli alat kebersihan untuk RW.

IV. PENUTUP

Demikianlah proposal kegiatan ini kami buat. Kami mengharapkan partisipasi aktif dari semua pihak untuk kelancaran acara ini ke depannya. Atas perhatian dari bapak dan Ibu, kami sampaikan terima kasih.

Demikian mengenai proposal kegiatan kebersihan lingkungan RT 1 RW 5 Desa Karangsalam. Kehadiran suadara-saudara semua sangat diharapkan untuk turut berkontribusi dalam kegiatan ini. Terimakasih atas perhatiannya.


Contoh proposal 2


Proposal Usaha Budidaya Jamur Tiram Kualitas Ekspor

A. Latar Belakang

Meski dulu sering disepelekan, jamur tiram rupanya sudah banyak diminati oleh masyarakat. Bahkan permintaan jamur tiram dari luar negri semakin meningkat. Rasanya yang khas membuat makanan ini menjadi salah sati favorit. Saat ini jamur tiram memang masih sulit untuk ditemukan, mengingat pelaku budidayanya masih sedikit. Maka tidak heran harga semakin melambung tinggi. Namun hal itu sama sekali tidak mengurangi minat dari penikmat makanan ini.

B. Profil Usaha

Budidaya jamur tidam yang kami lakukan berada di bawah naungan CV. Lestari Jamur Tiram. Usaha ini sudah berjalan sejak tahun 2008 sehingga sudah memilik banyak pengalaman di bidang ini. Kami sudah memiliki pelanggan sendiri baik di dalam maupun di luar negri. Dengan begitu, tidak akan menemui kesulitan dalam hal pemasaran.

C. Jenis Usaha

Jenis usaha yang kami jalani ialah budidaya jamur tiram. Kami selalu mengutamakan kualitas sehingga mampu menembus pasar global.

D. Struktur Usaha

Di bawah ini adalah jajaran pengurus dari CV. Lestari Jamur Tiram :

Pemilik Usaha                                 : Ahmad Wahyudi
Bagian Manajemen Keuangan  : Agung Wijaya
Bagian Manajemen SDM            : Diana Nur Fahma
Bagian Pengurus Lapangan        : Hendrawan

E. Modal Usaha

Usaha yang kami jalankan ini tergolong sudah cukup besar. Kami memiliki 3 tempat yang digunakan untuk menjalankan budidaya jamur tiram ini. Dalam satu bulan, kami membutuhkan biaya sebesar Rp. 25.000.000. Biaya tersebut digunakan untuk keperluan gaji karyawan, pengalokasian bahan budidaya, pemasaran dan lainnya. Namun kami masih membutuhkan dana tambahan guna memantapkan usaha ini untuk menembus pasar global secara penuh.

F. Penutup

Demikian mengenai proposal ini, kami berharap Bapak/Ibu berkenan untuk mendukung usaha ini dengan menjadi investor. Atas segala perhatiannya, kami ucapkan terimakasih.


Leave A Reply

Your email address will not be published.