(DOC) Contoh Surat Perjanjian Sewa Menyewa Mobil Resmi


Pengertian Perjanjian

Menurut pasal 1313 KUHP ( Kitab Undang-Undang Hukum Pidana ), perjanjian adalah perbuatan dengan mana satu orang atau lebih mengikatkan dirinya terhadap satu orang lain atau lebih. Menurut R Subekti dalam bukunya Hukum Perjanjian, mendefinisikan perjanjian sebagai suatu peristiwa di mana seseorang berjanji kepada orang lain atau di mana dua orang itu saling berjanji untuk melaksanakan suatu hal. Surat Perjanjian sendiri mencakup banyak hal salah satunya adalah tentang Perjanjian Sewa Menyewa Kendaraan Mobil.

Surat Perjanjian Sewa Menyewa Kendaraan Mobil tidak boleh dibuat sembarangan / asal-asalan, karena surat tersebut akan menjadi bukti antara kedua belah pihak agar tidak ada penyalahgunaan wewenang dalam perjanjian berlangsung. Sebelum membuat surat perjanjian Sewa Menyewa Kendaraan Mobil, ada komponen yang harus diperhatikan dalam membuat atau mesepakati Perjanjian Sewa Menyewa Kendaraan Mobil tersebut yang dimasukan dalam pasal-pasal yang dicantumkan kedalam surat antara lain :

  1. Status Sewa
  2. Jangka Waktu
  3. Penyerahan Kendaraan
  4. Hak dan Kewajiban
  5. Biaya Dan Cara Pembayaran
  6. Biaya Tambahan diluar Biaya Sewa
  7. Penyelesaian Sengketa

Contoh Surat Perjanjian Sewa Menyewa Kendaraan Mobil

PERJANJIAN SEWA MENYEWA MOBIL

Pada hari ini (hari, tanggal, bulan tahun) telah terjadi Perjanjian Sewa Menyewa Mobil antara:

  1. Nama :
    Pekerjaan :
    No KTP :
    Alamat :
    Dalam hal ini bertindak atas nama sendiri yang selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA.
  2. Nama :
    Pekerjaan :
    No KTP :
    Alamat :
    Dalam hal ini bertindak atas nama sendiri yang selanjutnya disebut PIHAK KEDUA.

Para pihak menerangkan terlebih dahulu sebagai berikut :

Bahwa PIHAK PERTAMA sebagai Pihak yang menyewakan kendaraan dan PIHAK KEDUA adalah pihak yang menerima dan menyewa kendaraan yang berupa:

  1. Jenis Kendaraan :
  2. Merek/Tipe :
  3. Nomor Polisi :
  4. Nomor Rangka/Tahun :
  5. Nomor Mesin :
  6. Warna :
  7. Nomor BPKB :

Para pihak di atas masing-masing telah sepakat untuk melakukan Perjanjian Sewa Menyewa Kendaraan yang diatur dalam pasal-pasal berikut ini:

Pasal 1
STATUS SEWA

  1. PIHAK PERTAMA menyerahkan dan menyewakan kendaraan beserta perlengkapannya kepada PIHAK KEDUA yang menerima dan menyewa kendaraan dalam keadaan baik dan siap pakai.
  2. Status Sewa adalah supir pribadi.

Pasal 2
JANGKA WAKTU

  1. PIHAK PERTAMA sepakat menyerahkan kendaraan kepada PIHAK KEDUA mulai tanggal ____ bulan _____ tahun _____ jam____ sampai dengan tanggal ____ bulan _____ tahun _____ jam____.
  2. Setelah jangka waktu tersebut berakhir, maka sewa menyewa ini dapat di perpanjang untuk jangka waktu ______ .

Pasal 3
PENYERAHAN KENDARAAN

PIHAK PERTAMA menyerahkan kendaraan kepada PIHAK KEDUA setelah Perjanjian ini ditandatangani berikut Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dari kendaraan yang dimaksud.

Pasal 4
HAK DAN KEWAJIBAN

  1. PIHAK PERTAMA berkewajiban menyerahkan kepada PIHAK KEDUA, yang menerima kendaraan dan untuk itu tidak dapat dialihkan pada pihak lain tanpa sepengatahuan dan izin dari PIHAK PERTAMA untuk dipergunakan kepada hal-hal yang tidak melanggar hukum, sehingga untuk itu PIHAK PERTAMA tidak menanggung akibatnya.
  2. PIHAK PERTAMA sewaktu-waktu berhak menarik kendaraan dengan tanpa syarat apa pun dari PIHAK KEDUA, apabila terjadi ketidakjelasan baik mengenai keberadaan dan atau masa sewa kendaraan tersebut.
  3. PIHAK KEDUA pada saat berakhirnya masa sewa wajib menyerahkan kembali kendaraan sewa tersebut dengan kondisi sesuai pada saat diterimanya kendaraan tersebut kepada PIHAK PERTAMA.

Pasal 5
BIAYA DAN CARA PEMBAYARAN

  1. PIHAK PERTAMA membebankan biaya sewa kepada PIHAK KEDUA untuk seluruh jangka waktu sewa berjumlah ______ yang keseluruhannya akan dibayarkan PIHAK KEDUA secara sekaligus bersamaan dengan penandatanganan Perjanjian ini.
  2. Perjanjian ini berlaku sebagai tanda bukti yang sah dari sejumlah uang sewa kendaraan termaksud.

Pasal 6
BIAYA TAMBAHAN DI LUAR BIAYA SEWA

PIHAK KEDUA sanggup untuk membiayai dan membayar ongkos tambahan di luar biaya sewa, untuk:

  1. Biaya bahan bakar kendaraan dan oli mesin pemakaian kendaraan sesuai kualifikasi teknisnya.
  2. Biaya perbaikan apabila terjadi kerusakan selama kendaraan berada pada PIHAK KEDUA serta biaya sewa selama perbaikan.
  3. Biaya penggantian terhadap kehilangan kendaraan dan atau peralatan/perlengkapan oleh pihak lain.
  4. Biaya transportasi apabila terjadi kesepakatan dalam pengantaran ataupun pengambilan kendaraan di luar wilayah ______ yang besarnya dipertimbangkan sesuai jarak dari ______ .

Pasal 7
PENYELESAIAN SENGKETA

  1. Apabila terjadi perselisihan akan diselesaikan secara kekeluargaan atau musyawarah.
  2. Apabila tidak terjadi kesepakatan antara kedua belah pihak dalam musyawarah, maka kedua belah pihak sepakat untuk menyelesaikan dan memilih tempat kediaman yang sah dan tidak berubah di Kantor Pengadilan Negeri _________.

Demikianlah Perjanjian ini dibuat dan ditandatangani sebagai bukti yang sah pada tanggal yang sudah disebutkan dalam awal Perjanjian ini.

PIHAK PERTAMA              PIHAK KEDUA

_____________                      ________________

Download Contoh Surat Perjanjian Sewa Menyewa Kendaraan Mobil ( Doc Word )

Berikut file document ( microsoft word ) Contoh Surat Perjanjian Sewa Menyewa Kendaraan Mobil yang sudah kami susun rapi siap untuk anda download dan bisa digunakan :

Loader Loading…
EAD Logo Taking too long?

Reload Reload document
| Open Open in new tab

Download [18.10 KB]

Leave A Reply

Your email address will not be published.