Apa itu Saham? Definisi Saham dan Penjelasannya

Saham adalah investasi. Saat anda membeli saham sebuah perusahaan, maka artinya anda membeli sebagian kecil dari perusahaan itu yang disebut Saham.

Investor akan membeli saham di perusahaan yang menurutnya akan naik nilainya. Jika itu terjadi, nilai saham perusahaan juga meningkat. Saham yang sudah dibeli tersebut kemudian dapat dijual dan investor akan mendapat keuntungan.

Apa itu Saham?

Saham adalah surat berharga yang mewakili sebagian kepemilikan dalam suatu perusahaan. Bagi perusahaan, menerbitkan saham adalah cara untuk mengumpulkan uang untuk tumbuh dan berinvestasi dalam bisnis mereka. Dan bagi investor, saham adalah cara menumbuhkan uang mereka dan melampaui inflasi dari waktu ke waktu.

Ketika anda memiliki saham di sebuah perusahaan, anda disebut pemegang saham karena anda berbagi keuntungan perusahaan. Perusahaan publik yang menjual saham mereka melalui bursa pasar saham, seperti Bursa Efek Indonesia (BEI) atau Indonesia Stock Exchange. Investor kemudian dapat membeli dan menjual saham ini di antara mereka sendiri melalui sekuritas (seperti BCA Sekuritas). Bursa saham melacak penawaran dan permintaan saham masing-masing perusahaan, yang secara langsung mempengaruhi harga saham.

Harga saham sendiri berfluktuasi sepanjang hari, tetapi investor yang memiliki saham berharap bahwa seiring waktu nilai saham akan meningkat. Namun tidak setiap perusahaan atau saham melakukannya, karena perusahaan dapat kehilangan nilai atau gulung tikar sepenuhnya. Ketika itu terjadi, investor saham dapat kehilangan semua atau sebagian dari investasi mereka. Itulah mengapa penting bagi investor untuk menyebarkan uang mereka membeli saham di banyak perusahaan yang berbeda daripada berfokus hanya pada satu perusahaan dan tentunya mengetahui fundamental perusahaan tersebut sebelum membeli.

Jika anda melakukan investasi di reksadana, anda mungkin tidak menyadari bahwa sudah memiliki saham. Karena sebagian besar reksadana berinvestasi di pasar saham.

Cara Mendapatkan Uang di Saham

Saham membawa banyak resiko daripada beberapa investasi lain, tetapi juga memiliki potensi untuk mendapatkan hasil yang lebih tinggi. Investor saham bisa mendapatkan keuntungan dengan dua cara, yaitu :

  1. Jika anda membeli saham dan nilai harga saham naik, anda dapat menjualnya dan mendapatkan keuntungan dari selisih nilai antara saat membeli dan menjualnya. Misalnya anda membeli saham Unilver (UNVR) dengan nilai harga 4200, seminggu kemudian nilai harga saham tersebut naik menjadi 4700 dan anda menjual saham UNVR tersebut maka keuntungan anda nilai selisih tersebut yaitu 500.
  2. Melalui Dividen. Dividen adalah pembayaran kepada pemegang saham dari hasil keuntungan perusahaan tersebut. Namun tidak semua perusahaan membayar dividen.

Anda dapat membeli saham individu melalui broker online yang bisa dibaca di artikel berikut : Review BCA Sekuritas, Cara Daftar, Penggunaan dan Fee Transaksi LENGKAP. Komisi yang dibebankan oleh sekuritas untuk perdagangan saham bervariasi.

daftar perusahaan sekuritas
daftar perusahaan sekuritas

Perusahaan Sekuritas yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia antara lain :

  1. Ajaib Sekuritas
  2. Bahana Sekuritas
  3. BCA Sekuritas
  4. BNI Sekuritas
  5. CGS-CIMB Sekuritas Indonesia
  6. Danareksa Sekuritas
  7. Dhanawibawa Sekuritas
  8. Erdikha Sekuritas
  9. FAC Sekuritas
  10. Henan Putihrai Sekuritas
  11. IndoPremier Sekuritas
  12. Indosurya Bersinar Sekuritas
  13. Inti Teladan Sekuritas
  14. Jasa Utama Capital Sekuritas
  15. Kiwoom Sekuritas Indonesia
  16. Kresna Sekuritas
  17. Mandiri Sekuritas
  18. Maybank Kim Eng Sekuritas
  19. Mega Capital Sekuritas
  20. Minna Padi Investama Sekuritas
  21. Mirae Asset Sekuritas
  22. MNC Sekuritas
  23. NH Korindo Sekuritas
  24. NISP Sekuritas
  25. OCBC Sekuritas
  26. OSO Sekuritas
  27. Pacific 2000 Sekuritas
  28. Panin Sekuritas
  29. Paramitra Alfa Sekuritas
  30. Phillip Sekuritas
  31. Phintraco Sekuritas
  32. Profindo Sekuritas
  33. Reliance Sekuritas
  34. RHB Sekuritas
  35. Samuel Sekuritas
  36. Sinarmas Sekuritas
  37. Sucor Sekuritas
  38. Trimegah Sekuritas
  39. Universal Broker Indonesia Sekuritas
  40. UOB Kay Hian Sekuritas
  41. Valbury Sekuritas
  42. Victoria Sekuritas
  43. Wanteg Sekuritas
  44. Yuanta Sekuritas
Apa itu Saham?

Saham adalah surat berharga yang mewakili sebagian kepemilikan dalam suatu perusahaan.

Apa itu Pemegang Saham?

Pemegang saham adalah setiap orang, perusahaan, atau lembaga yang memiliki setidaknya satu saham di suatu perusahaan.

Apa itu Pemegang Saham Biasa?

Pemegang saham biasa memiliki bagian dari perusahaan melalui kepemilikan saham dan memiliki hak suara dan hak untuk menerima dividen umum yang diumumkan.

Apa itu Saham Preferen?

Saham preferen mengacu pada kelas kepemilikian yang memiliki klai lebih tinggi atas aset dan pendapatan daripada yang dimiliki saham biasa.

Apa itu Sekuritas?

Sekuritas merupakan perusahaan yang sudah mengantongi ijin usaha dari OJK untuk bisa melakukan kegiatan usaha sebagai pihak perantara pedagang efek, pihak penjamin emisi efek, atau kegiatan lainnya yang sesuai dengan ketentuan dan peraturan pengawas pasar modal.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.