Cara SEO Video Youtube Terbaru 2019

seo youtube

Menghasilkan uang dari video yang di upload di youtube tentu tidaklah mudah karena harus memiliki konten yang benar benar dicari dan disukai penonton dan juga harus bersaing dengan youtuber lainnya. Yang sudah kita ketahui Youtube adalah bagian dari google yang pertama kali dirilis pada 2005. Bagi pengguna youtube sendiri mengupload video di youtube mereka memiliki kepentingan yang berbeda beda . Selain untuk media informasi tapi banyak juga yang hanya berfokus untuk memonetize saja.

Agar mendapatkan monetize itu sendiri youtuber haruslah bisa mendapatkan view dan klik iklan senatural mungkin. Namun kebanyakan youtuber hanya melakukan upload video tanpa melakukan riset yang mengakibatkan video tersebut tidak ada yang menonton. Lalu bagaimana cara agar video yang anda buat dan diupload ke youtube mendapatkan view dan berada pada halaman pertama pencarian ? Jawabannya iyalah SEO Youtube .

Apa itu SEO Youtube ? SEO Youtube adalah “search engine optimization” (pengoptimalan mesin telusur) yang dapat meningkatkan peringkat pencarian konten anda di youtube . SEO Youtube sendiri tak jauh beda dengan SEO Google karena pada dasarnya sama satu perusahaan .

Lalu bagaimana cara mengoptimalkan SEO Youtube agar konten video anda dapat mudah ditemukan oleh pengunjung? Berikut mengoptimalkan SEO Youtube terbaru 2019 :

Cara Optimasi SEO Youtube Terbaru

1. Riset Keyword

Pada dasarnya saat kita mencari video di youtube kita akan memasukan kata kunci atau keyword agar muncul video yang sesuai dengan keyword yang telah dimasukan tersebut. Pada SEO Youtube sendiri juga sangat mementingkan keyword . Dengan keyword yang tepat akan mendatangkan traffic untuk video anda. Penggunaan Keyword utama , keyword turunan maupun sinonim ( persamaan kata ) pada keyword untuk judul konten video sangatlah penting.

Untuk memaksimakan keyword tentukan terlebih dulu Niche ( fokus konten ) pada channel youtube anda . semisal review game , review mobil , tutorial , dan lainnya . dengan memfokuskan niche terlebih dahulu keyword yang kita tanam pada judul akan maksimal dan bisa bersaing dengan channel channel youtube pengikut besar.

Untuk menganalisis keyword terbaru atau sesautu yang sedang trending kamu bisa melakukan riset keyword di Google Trend .

Google trend Youtube
Google trend Youtube

Dengan menggunakan Google Trend anda bisa meriset keyword yang sedang booming ataupun penurunan pencarian . Anda juga bisa mencari keyword kueri terkait yang sama persis dengan keyword utama. Semisal keyword ” Mobile Legend ” maka anda akan diperlihatkan pada rentan waktu yang sudah di atur tersebut muncul kueri terkait seperti ” Hero Ling Mobile Legend ” . Dengan mengetahui keyword yang sedang naik tajam tersebut bisa anda manfaatkan untuk membuat konten video terbaru anda.

kueri google trend
kueri google trend

Atau anda juga bisa menggunakan layanan pihak ketiga yang memberikan informasi keyword dengan jumlah pencarian terbesar ataupun jumlah earning yang bisa didapat. Contoh layanan tersebut iyalah Keywordtool .

keywordtool
keywordtool

2. Membuat Konten Terbaik

Untuk membuat konten video terbaik banyak hal yang harus di perhatikan semisal durasi waktu video, originalitas video, kualitas editing video, Optimasi Diskripsi Metadata, Penentuan Judul, Penggunaan thumbail yang tepat.

2.1. Penentuan Judul Konten

Jika sudah mempelajari keyword pada tahap pertama tadi pastinya akan sangat mudah menentukan judul pada konten video anda agar bisa menargetkan view yang banyak . Sebisa mungkin keyoword utama ditaruh dibagian awal judul agar terlihat oleh calon penonton dan juga maksimalkan jumlah karakter judul yaitu 60 karakter.

2.2. Durasi Video

Untuk durasi video , umumnya untuk di monetize perlu memiliki konten video berdurasi minimal 5 menit atau normalnya durasi video 10 hingga 15 menit.

2.3. Diskripsi Video

Jangan biarkan diskripsi pada konten video dengan maksimal 1000 kata ini kosong . Masukanlah diskripsi video sedetail mungkin . Atau bisa juga berikan link untuk mengajak menonton video lainnya .

Usahakan pada Paragraf pertama berikan kata kunci ( keyword ) utama . Dan juga minimal usahakan minimal disikripsi 300 karakter.

2.4 Penggunaan Tag yang tepat

Penggunaan keyword bukan hanya pada diskripsi dan judul konten video saja , tapi juga untuk kolom tag agar youtube dengan mudah memfilter konten anda dengan keyword pada kolom

tag youtube
tag youtube

2.5. Memberikan Hastag

Selain tag , hastag juga diperlukan untuk mempermudah pencarian . Youtube akan menampilkan dengan hastag serupa pada hasil pencarian via hastag.

2.6. Menggunakan Thumbnail untuk Cover

Buatlah Thumbnail atau cover depan video agar calon penonton tertarik melihat konten anda . Google sendiri sekarang bisa menseleksi sesuai gambar maka thumbnail sangat diperlukan untuk meningkatkan SEO youtube.

3. Penanaman Backlink ke Website

Untuk menarik minat view diluar youtube anda bisa menggunakan jasa backlink untuk video youtube anda agar terpampang dalam halaman website yang sesuai dengan niche video anda . backlink akan memberikan view juga meningkatkan rangking video anda.

4. Promosikan di Media Sosial

Setelah melakukan semua hal diatas anda bisa mulai membagikan link video anda ke media sosial manapun asal sesuai konteks video . jika video tentang android atau game anda bisa share kedalam grup android atau game yang tentunya bisa mendatangkan pengunjung secara langsung.

Jika anda sudah mengoptimasi video anda dengan serius . Maka traffic view akan meningkat dengan sendirinya walaupun dalam niche persaingan yang berat sekalipun . Dan itulah panduan singkat dari nekopencil untuk anda ,semoga video kamu bisa trending di youtube .

Tanya Jawab

Apa itu SEO Youtube ?

SEO Youtube adalah “search engine optimization” (pengoptimalan mesin telusur) yang dapat meningkatkan peringkat pencarian konten anda di youtube .

Apa itu keyword ?

Keyword adalah kata atau rangkaian kata untuk menjadi rujukan kata kunci di mesin pencari.

Apa itu Backlink ?

Backlink adalah link yang masuk kedalam halaman website.

Leave A Reply

Your email address will not be published.