Contoh Surat Izin Sakit yang Baik dan Benar

Contoh Surat Izin Sakit yang Baik dan Benar. Sakit merupakan sebuah keadaan yang tidak dikehendaki oleh siapapun. Apabila Anda sedang mengalami sakit maka pastinya semua aktivitas apapun akan terganggu. Apalagi jika Anda seorang pelajar ataupun seorang karyawan maka kondisi sakit itu sangat merugikan sekali.

Meskipun demikian, kondisi sakit memang tidak akan bisa dihindari. Ketika dalam keadaan sakit, maka tentu Anda akan sangat membutuhkan surat izin sakit baik Anda sebagai seorang pelajar, karyawan, dan lain sebagainya. Hal ini pastinya ditujukan supaya Anda tidak dikenakan sanksi di lingkup sekolah maupun di tempat Anda bekerja.

Namun memang tidak sedikit orang akan menyepelekan akan cara penulisan surat izin tersebut. Bahkan kadang ada sebagian orang yang hanya asal-asalan membuat surat izin tersebut. Kalau dari hal ini sudah sembarangan maka bisa ada kemungkinan kalau orang tidak akan percaya kalau Anda sedang sakit. Padahal, dalam hal pembuatan surat izin sakit ini terdapat beberapa susunan yang akan menjadikan surat itu terlihat resmi.

Karena sakit itu memang sebuah kendala yang tidak bisa diatur oleh manusia. Sebagai manusia, Anda mungkin hanya bisa berusaha untuk mejaga kesehatan. Kondisi tubuh yang tidak fit, akan menjadikan beberapa aktifitas akan terganggu. Sebelum Anda ke pembahasan inti mengenai contoh surat izin sakit dengan berbagai kategori, maka alangkah baiknya Anda ketahui penulisan surat izin yang benar dan juga sesuai.

Lalu bagaimana cara untuk membuat surat izin sakit yang baik dan benar? Beberapa tahapan penulisan yang bisa Anda lakukan diantaranya yaitu :

  • Tempat dan juga tanggal pada pembuatan surat
  • Tuliskan juga nama dan gelar kepada siapa surat tersebut akan ditujukan
  • Salam pembuka, pada umumnya yang biasa digunakan yaitu “Dengan hormat”
  • Pembuka, biasanya berisikan pembukaan ataupun kata sapaan kepada yang dituju. Susunan beberapa kalimat yang akan digunakan pun biasanya cukup singkat dan efektif
  • Isi surat, jelaskan sebuah alasan pasti mengapa dibuatnya surat tersebut
  • Penutup, hal ini berisikan permohonan maaf dan juga ucapan terimakasih kepada si penerima surat
  • Tanda tangan dari pihak yang akan meminta izin

Untuk lebih jelasnya, maka berikut ini contoh surat izin sakit yang bisa Anda gunakan.

Izin Sakit Tidak Masuk Sekolah

Seorang siswa SMK tentu saja sudah sangat mahir dalam hal menulis surat izin sekolah. Maka dari itu, jika sekarang ini Anda sedang sakit dan tidak bisa untuk mengikuti pelajaran di sekolah, maka Anda bisa untuk mengirimkan surat izin sakit kepada pihak sekolah. Namun Anda jangan lupa untuk membubuhkan tanda tangan dari orang tua ataupun wali Anda pada surat izin tersebut.


Bandung, 20 November 2019

Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI-A
SMKN 1 Bandung

Dengan hormat,

Bersama surat ini saya selaku orang tua/wali murid dari:
Nama     :  Andhika Wirajaya
Siswa     : Kelas XI-A SMKN 1 Bandung
Alamat  : Jl. Raya Tangkuban Perahu No. 01 Bandung

Memberitahukan bahwa anak saya tersebut tidak bisa untuk mengikuti pelajaran seperti biasanya dikarenakan sakit. Oleh karena itu, kami sangat memohon kepada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI-A agar bisa memberikan izin sampai anak saya sembuh.

Demikian yang bisa saya kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu Guru kami sangat mengucapkan terimakasih.

Hormat kami,

Orang tua/wali murid

Asep Solihin


Izin Sakit Tidak Masuk Kerja

Aturan untuk mengajukan izin tidak masuk kerja karena sakit itu memang akan berbeda dari satu perusahaan ke perusahaan yang lainnya. Ada yang harus disertai juga dengan surat dokter, tapi ada juga yang tidak asal tidak lebih dari sehari, dan lain sebagainya. Untuk contoh surat izin sakit tidak masuk kerja karena alasan sakit, maka kurang lebih seperti ini contohnya.

Bandung, 17 November 2019

Perihal : Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja

Yang terhormat,
Kepala Bagian SDM (Sumber Daya Manusia)
PT. Kimia Mitra Fama
Jalan Pekan Raya No 09, Wiradesa, Bandung

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama Lengkap   : Ibrahim Ali Gibran

Alamat                    : Jl. Permata Jaya, Komplek Cikutra Permai Bandung

Jabatan                   : Karyawan Bagian SDM

Memohon izin untuk tidak bisa masuk kerja pada tanggal 17 November 2019 sehubungan dengan kondisi badan saya yang kurang baik atau sakit. Saya bermaksud untuk memohon kebijaksanaan dari bapak/Ibu pemimpin untuk bisa berkenan memberikan saya izin tidak masuk dalam bertugas untuk hari ini.

Apabila besok kondisi badan saya ini masih belum baik, maka dari itu saya akan melampirkan surat keterangan sakit yang diberikan oleh dokter dan surat keterangan hasil pemeriksaan dari dokter. Saya sampaikan juga jika nanti ketika masuk kembali ke kantor.

Demikian permohonan izin tidak masuk kerja ini saya sampaikan, atas perhatian dan juga kebijaksananya maka saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ibrahim Ali Gibran


Izin Sakit Tidak Masuk Kerja PNS

Menjadi seorang PNS ataupun Pegawai Negeri Sipil tentunya akan memiliki aturan tersendiri, termasuk juga ketika tidak bisa masuk kerja. Lain dengan perusahaan swasta, maka biasanya izin tidak masuk kerja untuk seorang PNS yang telab bekerja baik di dunia pendidikan ataupun kedinasan lainnya akan sedikit lebih rumit. Kurang lebih isi suratnya seperti ini.

Bandung, 23 November 2019

Yang terhormat,
Kepala Dinas Kebudayaan Bandung Kota
Di Tempat

Hal                    : Permohonan Izin Untuk Tidak Masuk Kerja

Lampiran       : 1 Lembar

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama Lengkap       :  Muhammad Akbar
N I P                          :   19810307 199104 2 004
Pangkat                  :  Pembina  IV  / a
Jabatan                   : Kepala Bidang Kearsipan Dinas Kebudayaan Bandung
Alamat                    : Komplek Banua Permai, RT 15, RW 7, Karang Mekar, Dago, Bandung

Dengan ini saya mau memberitahukan bahwa pada hari Senin, 23 November 2019 sampai Rabu, 26 November 2019 saya tidak bisa masuk untuk bekerja seperti biasanya dikarenakan saya sedang sakit dan juga diharuskan beristirahat oleh dokter selama 3 (tiga) hari. Sehubungan dengan hal tersebut, maka saya bermaksud untuk bisa memohon izin untuk tidak masuk kerja pada hari yang sudah saya sebutkan di atas. Saya juga telah melampirkan surat keterangan sakit dari pihak dokter.

Demikian surat izin ini saya sampaikan dengan sebenar-benarnya. Atas perhatiannya saya  mengucapkan terima kasih banyak.

Hormat saya,

Muhammad Akbar


Baca Juga:
Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja
Contoh Surat Cuti

Inilah beberapa contoh surat izin sakit yang bisa Anda lihat. Hal ini bisa Anda jadikan salah satu referensi jika suatu hari nanti Anda sedang sakit dan mengharuskan Anda untuk membuat surat izin ini.  Anda bisa meniru cara penulisan surat seperti yang ada diatas jika sewaktu-sewaktu Anda memang berhalangan hadir dikarenakan sedang sakit. Janganlah menyepelekan surat izin seperti ini karena dari sinilah bukti kepercayaan orang bisa diandalkan untuk Anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.