Contoh Surat Cuti Mudah Untuk Dibuat

Contoh Surat Cuti Mudah Untuk Dibuat. Seseorang yang bekerja sebagai seorang karyawan pada sebuah perusahaan atau instansi tertentu, ada kalanya membutuhkan beberapa hari untuk mengambil cuti atau libur. Beberapa sebab yang biasanya mendasari seorang karyawan untuk mengambil cuti antara lain karena sakit, mempunyai kewajiban atau kegiatan di luar kota, sedang dalam periode kehamilan (atau melahirkan), atau mungkin memang sekadar ingin melakukan liburan guna me-refresh kembali isi pikiran dan tubuh. Pada kondisi seperti itulah dibutuhkan sebuah surat untuk mengajukan cuti bagi karyawan.

Surat cuti karyawan merupakan surat yang diajukan oleh seorang karyawan kepada pihak perusahaan atau instansi tempatnya bekerja. Biasanya berisi permohonan izin tidak bekerja untuk sementara waktu. Permohonan izin tersebut harus disertai dengan alasan yang jelas agar pihak perusahaan atau instansi berkenan mengeluarkan izinnya.

Tak berbeda dengan surat lain pada umumnya, beberapa hal tetap harus dicantumkan ketika menyusun contoh surat cuti. Seperti pihak yang dituju, identitas pengirim, isi surat, kemudian penutup, dan ucapan terima kasih. Selain itu, ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan ketika menyusun surat cuti karyawan, antara lain :

  1. Menuliskan identitas diri dan jabatan Anda secara jelas. Hal ini dibuat agar ketika Anda cuti, pekerjaan Anda dapat dialihkan kepada asisten, bawahan, atau pun rekan kerja.
  2. Menuliskan alasan yang jelas mengapa Anda tidak dapat masuk kerja. Alasan tersebut harus benar–benar sesuai fakta yang ada, logis, dan tidak boleh dibuat–buat.
  3. Sertakanlah surat keterangan dokter atau rumah sakit tempat Anda dirawat jika alasab Anda tidak masuk kerja adalah karena sakit.
  4. Tuliskan juga berapa lama kira-kira Anda izin tidak masuk kerja. Agar Anda dapat bersiap-siap ketika masa izin cuti telah berakhir.

Jenis-jenis Cuti

Secara umum, terdapat dua jenis cuti yang diakui oleh perusahaan, yaitu :

1. Cuti Bersama

Cuti bersama diberikan kepada semua karyawan di seluruh perusahaan sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan pemerintah. Perhitungan dari cuti bersama biasanya diambil dari bagian cuti tahunan, sehingga bisa mengurangi jatah cuti tahunan jika Anda mau mengambil cuti bersama.

2. Cuti Berbayar

Cuti berbayar merupakan izin di mana perusahaan memiliki tanggung jawab untuk tetap membayar gaji atau upah kepada karyawan, walaupun karyawan tersebut mengambil cuti.

Beberapa cuti yang termasuk dalam cuti berbayar yaitu cuti sakit, cuti penting, cuti melahirkan, dan cuti ketika karyawan harus melakukan kewajiban mereka terhadap negara, ibadah, atau cuti karena tugas dari perusahaan itu sendiri.

Jika Anda mengajukan izin cuti sakit, perusahaan biasanya akan membayarkan gaji atau upah karyawan selama empat bulan pertama secara penuh. Namun, jika izin cuti lebih dari 4 bulan, maka gaji karyawan biasanya hanya dibayar sebesar 75%.

Jika karyawan masih belum sembuh juga setelah 4 bulan tersebutlt, , maka perusahaan hanya akan membayarkan 50% gaji atau upah karyawan tersebut setelah delapan bulan. Lalu 25% untuk bulan-bulan selanjutnya hingga pemutusan hubungan kerja (PHK) jika melebihi batas waktu yang diberikan.

Contoh Surat Izin (Cuti) Bekerja

Sebelum mengajukan izin kerja, ada beberapa contoh surat izin karyawan yang wajib Anda ketahui. Untuk lebih jelasnya, kami akan memberikan contoh surat cuti agar Anda dapat memahami penulisan surat cuti dengan lebih baik.

1. Surat izin cuti bagi karyawan buruh pabrik

Jakarta, 19 November 2019

Yang terhormat,
Kepala Bagian Personalia
PT. Delicious Noodle
Jalan Jendral Sudirman, Jakarta

Hal    : Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama          : Ali Zainal
Alamat        : Jalan Kelinci, Tomang, Grogol Petamburan, Jakarta Barat
Jabatan        : Staff Produksi (Line Produksi)

Melalui surat ini saya memberitahukan kapada Bapak/Ibu Manager Produksi, bahwa pada hari Selasa, 19 November 2019 saya tidak dapat hadir untuk bekerja seperti biasa, dikarenakan ada kepentingan di luar kota yang tidak dapat ditinggalkan. Atas sebab hal tersebut, saya bermaksud memohon izin untuk tidak masuk kerja pada tanggal tersebut.

Demikian permohonan izin cuti ini saya sampaikan. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ali Zainal


Surat di atas adalah contoh surat cuti bagi karyawan buruh pabrik. Selain contoh di atas, kami akan memberikan contoh surat izin lainnya untuk Anda.

2. Surat izin cuti karena sakit

Di bawah ini akan kami tuliskan contoh surat izin karena sakit.

Yang terhormat,

Kepala Bagian Personalia
PT. Indotama
di tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama          : …….
Alamat        : …….
Jabatan        : Staf Kepegawaian PT. Indotama

Dengan surat ini saya bermaksud untuk memohon izin tidak dapat masuk kerja selama 3 hari, terhitung sejak hari ini dikarenakan sakit. Bersamaan dengan surat ini pula saya sertakan surat keterangan hasil pemeriksaan kesehatan dari dokter Rumah Sakit Tali Kasih.

Demikian surat permohonan izin ini saya sampaikan. Saya ucapkan terima kasih atas perhatian serta kebijaksanaannya.

Jakarta, 19 November 2019

Hormat saya,

(nama lengkap)


Contoh surat cuti semacam ini biasanya disertai dengan surat keterangan dari dokter atau rumah sakit apabila diperlukan. Jika kondisi karyawan memang tidak memungkinkan untuk bekerja, cuti semacam ini memang perlu untuk diajukan.

Terdapat peraturan yang menyebutkan bahwa karyawan perempuan berhak mendapat cuti pada hari pertama dan kedua masa menstruasi jika merasakan sakit.

Izin sakit diberikan karena kondisi kesehatan karyawan yang kurang prima. Hal tersebut tentu akan membuat kinerjanya menjadi kurang maksimal. Jatah cuti yang diberikan diharapkan karyawan punya cukup waktu untuk memulihkan kondisi kesehatannya.Sehingga bisa bekerja kembali dengan baik.

3. Surat permohonan cuti kerja

Surabaya, 19 November 2019

Bapak/Ibu Pimpinan

PT. ……
Ditempat

Perihal : Permohonan Cuti

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan dibawah ihuni :

Nama                : …………………………………….

Alamat              : …………………………………….

No. HP             : …………………………………….

Jabatan              : …………………………………….

Dengan surat ini,  saya bermaksud untuk mengajukan izin cuti kerja selama 3 (tiga) hari kerja, terhitung tanggal 23 November 2019 dikarenakan adanya keperluan keluarga yang tidak bisa ditinggalkan.

Demikian surat izin cuti ini saya sampaikan, ataus kebijakannya saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

Samsul Bahri

4. Form cuti karyawan

PERMOHONAN PENGAMBILAN CUTI

Nama                                 :

Bagian                               :

Jabatan                              :

NIK                                      :

Pengambilan Cuti              :

Tanggal Masuk Kembali   :

Keperluan Cuti                  :

Mengetahui,

Kepala Bagian                               Supervisor                               Pemohon

(                             )                       (                       )                       (                       )

Diisi Personalia

Hak Cuti untuk tahun       :           …………………   Hari

Cuti yang sudah diambil   :           …………………   Hari

Cuti yang belum diambil   :           …………………   Har

Cuti yang akan diambil     :           …………………   Hari

Sisa cuti tahun                   :           …………………   Hari

Jakarta,  18 November 209

Mengetahui,

Kepala Cabang                                Adm. Dept Head                              Personalia


Di atas adalah beberapa contoh surat cuti bagi karyawan yang ingin izin tidak masuk kerja berdasarkan sebab. Dengan adanya contoh surat tersebut, diharapkan bisa Anda jadikan referensi untuk membuat surat.

Baca Juga :
Contoh Surat Dinas

Leave A Reply

Your email address will not be published.