(DOC) Contoh Surat Berita Acara Serah Terima Barang

surat serah terima barang

Berita Acara Serah Terima Barang merupakan salah satu dokumen formil penyerahan barang . Karena bila suatu saat terjadi sengketa / perselisihan maka Berita Acara Serah Terima Barang tersebut dapat menjadi alat bukti tertulis penyerahan barang tersebut telah dilakukan.

Dalam pembuatan Surat Berita Acara Serah Terima Barang memiliki format penulisan sendiri yang berisi antara lain :

  • Keterangan Waktu Dan Tempat : Keterangan ini menegaskan kapan dan dimana suatu perbuatan hukum dilakukan
  • Subjek Hukum Berita Acara : Yaitu para pihak yang menyerahkan dan menerima barang ( Biasanya ada PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA )
  • Perjanjian – Perjanjian : Isi dari perjanjian menyesuaikan berita acara masing masing .
  • Kolom Penanda Tanganan : Dibagian para pihak harus memberi tanda tangan diatas materai Rp 6.000. Tanpa dilakukannya penanda tanganan maka berita acara tidak mengikat para pihak secara hukum.

Surat ini sebaiknya dibuat dalam rangkap 2 dimana masing masing pihak memegang satu rangkap , sehingga masing masing pihak memiliki alat bukti hukum yang sah telah dilakukannya serah terima barang tersebut .

Baca Juga : Contoh Berita Acara Serah Terima Pekerjaan

Contoh Surat Berita Acara Serah Terima Barang

BERITA ACARA SERAH TERIMA BARANG

Berita Acara Serah Terima Barang ini dibuat pada hari ini, __________ tanggal __  ____________ _____ bertempat di ___________________ (“Berita Acara”) oleh dan diantara:

  1. Nama                                            :
    Tempat/Tanggal Lahir         :
    Alamat                                         :
    KTP                                               :
    Selanjutnya dalam Berita Acara ini disebut sebagai “ Pihak Pertama
  2. Nama                                           :
    Tempat/Tanggal Lahir        :
    Alamat                                       :
    KTP                                              :

Selanjutnya dalam Berita Acara ini disebut sebagai “ Pihak Kedua

Pihak Pertama dan Pihak Kedua secara bersama-sama selanjutnya disebut sebagai “Para Pihak”. Para Pihak dengan ini menerangkan hal-hal sebagai berikut: 

  • Bahwa Pihak Pertama dan Pihak Kedua sebelumnya telah mengadakan suatu hubungan kerja sama jual beli barang berdasarkan Perjanjian ______________ Nomor ___________ tanggal ______________, di mana dalam Perjanjian tersebut Pihak Pertama merupakan “Penjual” dan Pihak Kedua merupakan “Pembeli” (“Perjanjian”).
  • Bahwa sebagai Penjual Pihak Pertama wajib untuk menyerahkan kepada Pihak Kedua sebagai Pembeli, sebuah Barang berupa _________________ Merek _____________________ Jenis ________________ Nomor ______________ dengan jumlah __________________ unit (“Barang”).
  • Bahwa untuk melaksanakan kewajiban tersebut sebagaimana dimaksud dalam Butir (2) di atas, Pihak Pertama dengan ini menyerahkan Barang kepada Pihak Kedua sebagaimana Pihak Kedua dengan ini menerima Barang tersebut dari Pihak Pertama.
  • Bahwa, dengan telah dilakukannya serah terima Barang tersebut sebagaimana dimaksud dalam Butir (3), maka kewajiban Pihak Pertama sebagai Penjual untuk menyerahkan Barang kepada Pihak Kedua dan hak Pihak Kedua sebagai Pembeli untuk menerima Barang tersebut dari Pihak Pertama berdasarkan Perjanjian telah dilaksanakan.
  • Bahwa, Berita Acara ini merupakan bagian dari pelaksanaan Perjanjian dan sekaligus sebagai Tanda Terima Barang diantara Para Pihak, dan karenanya merupakan suatu kesatuan dan bagian yang tidak terpisahkan dari Perjanjian.

Demikain Berita Acara ini dibuat pada waktu sebagaimana telah disebutkan pada bagian awal Berita Acara ini.

Para Pihak,

Pihak Pertama,       Pihak Kedua,

Baca Juga :
( DOC ) Download Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Terbaru

Leave A Reply

Your email address will not be published.